Menanti Debut Spasojevic di Timnas Indonesia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Bhayangkara Fc,spaso Official Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 12 November 2017

Menanti Debut Spaso di Timnas

SPORTKU.COM

Nama Ilija Spasojevic masuk dalam daftar 33 nama yang dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas.

November ini nampaknya menjadi bulan keberuntungan bagi pesepak bola bernama Ilija Spasojevic. Pasalnya, ada dua hal besar penting yang ia dapatkan di awal bulan ini. Pertama, pemain yang kini sudah menginjak usia 30 tahun tersebut sukses memenangkan gelar Liga 1 bersama klub yang ia bela, Bhayangkara FC.

Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan. Sebab, sejak Spaso—panggilan akrab Ilija Spasojevic—yang mulai berkarir di Indonesia pada tahun 2011 inilah gelar liga pertama yang ia raih. Hebatnya, pemain yang bertinggi badan 187 cm itu berhasil mencetak hattrick ke gawang Madura United sehingga membawa Bhayangkara menang 3-1 sekaligus mengantarkan klub tersebut juara meski masih menyisahkan satu laga lagi.

Kedua, Spaso akhirnya mendapatkan panggilan dari pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Luis Milla Aspas. Namanya tercantum dalam 33 nama yang akan tampil di laga persahabatan internasional melawan Suriah U-23 dan Guyana.

Spaso sendiri sebelumnya pada akhir bulan Oktober lalu resmi menjadi WNI. Pria yang mengawali karir profesional di kesebelasan Vojvodina yang bermain di Liga Serbia itu dinaturalisasi atas kemauannya sendiri lantaran sudah memenuhi syarat untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Spaso memiliki istri orang Indonesia dan dua orang anaknya lahir di Indonesia. Ia juga telah tinggal di Indonesia lebih dari lima tahun. Dapat dikatakan jalan hidup pemain andalan Bhayangkara ini serupa dengan Cristian Gonzales, orang Uruguay yang memilh membela Timnas Indonesia.

Persamaan lain antara Spaso dan Gonzales adalah keduanya merupakan pemain yang dikenal tajam. Mereka pun pernah tercatat sebagai top skor. Bedanya, Spaso melalukan itu di Liga Malaysia, sementara Gonzales melakukannya di Indonesia.

Baca juga
Marquez Tercepat, Dovizioso Tercecer

Kiprah Spaso di Liga 1 musim ini juga dapat dikatakan luar biasa. Meski baru didatangkan di bursa transfer pertengahan musim. Pemain yang pernah memperkuat Persib Bandung itu sudah mengoleksi 11 gol dari 15 pertandingan yang dijalani.

Dengan catatan tersebut, Spaso otomatis keluar menjadi top skor sementara Bhayangkara FC dan melebihi torehan 9 gol yang dicetak Paulo Sergio yang notabene merupakan marquee player milik The Guardian yang bahkan sudah main sejak awal musim.

Dapat dikatakan dirinya merupakan pembelian terbaik yang dibeli oleh klub kontestan liga 1 pada bursa transfer pertengahan musim lantaran keluar sebagai jawaban atas gelontoran gol demi gol bagi Bhayangkara sejauh ini.

Potensi Spaso Cetak Sejarah

Ilija Spasojevic WNI (spaso official)

ilija-spasojevic-bhayangkara-fc-47207de28f34b36.jpg

Bila nantinya Spaso diizinkan oleh Milla untuk debut, maka dirinya akan memecahkan rekor FIFA sebagai satu-satunya pemain di dunia yang bisa tampil membela empat negara berbeda.

Spaso sebelumnya telah membela tiga negara berbeda. Yang pertama, pada tahun 2002 ia terpilih menjadi pemain Timnas Yugoslavia U-17. Kemudian ketika negara itu bubar, pemain yang pernah memperkuat Mitra Kukar itu membela Serbia-Montenegro U-19 pada tahun 2042006.

Kemudian ketika Montenegro memilih berpisah dari Serbia, Spaso pun memilih membela Montenegro U-21. Spaso sendiri sebenarnya pernah mengaku bahwa ia sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Montenegro senior dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu. Namun ia menolak dan memilih cari peluang untuk bisa membela Indonesia.

Tentunya, catatan Spaso bisa menjadi lebih sempurna apabila di laga debutnya itu, ia bisa mencetak gol. Hal ini dapat dikatakan gampang-gampang susah. Gampang karena di Timnas Indonesia banyak rekan setimnya seperti Evan Dimas Ilham Udin Armayn, I Putu Gede Juni Antara, dan Awan Setho Raharjo.

Sulitnya adalah proses adaptasi Spaso di Timnas Indonesia yang tentunya butuh waktu. Namun bila mencetak gol, maka dirinya akan menyamai rekor Gonzales yang mencetak gol di laga debut. Tentu menjadi menarik menantikan kiprahnya bersama tim berjuluk Merah-Putih ini.





Baca juga
Laga Pamungkas IXOR 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK
Diskriminasi Meningkat di Sepakbola Inggris

Diskriminasi Meningkat di Sepakbola Inggris

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company