Rafael Nadal Tutup Akhir Tahun dengan Trofi ATP World Tour No. 1

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 13 November 2017

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

SPORTKU.COM

Rafael Nadal dianugerahi penghargaan trofi ATP World Tour No. 1 sebagai penutup akhir tahun, Minggu (12/11).

Penghargaan yang diberikan oleh dari Ketua Eksekutif ATP & Presiden Chris Kermode merupakan pencapaian Rafael Nadal untuk keempat kalinya sebagai pemangku ranking nomor satu.

"Ini adalah musim yang fantastis, sangat emosional setelah semua hal yang saya alami selama beberapa tahun terakhir," kata Nadal saat seremoni di lapangan. "Tak bisa saya pikirkan pada satu tahun yang lalu, jadi ini sangat berarti bagi saya. Semua ini tidak mungkin terjadi tanpa keluarga saya dan tim saya. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka." ujar Nadal.

Semua prestasi ini memang dilalui Nadal dengan beragam perjuangan. Ia juga mengaku bahwa saat-saat ia mengalami kepelikan, semangat dan keyakinannya tak surut karena dukungan dan kepercayaan pecinta tenis yang mendukungnya.

Nadal juga berbagi penghargaan untuk semua turnamen yang sudah dilaluinya, penggemar dan sponsor. "Tanpa Anda, tidak akan tercapai, jadi terimakasih untuk semua yang mendukung olahraga kami," katanya.

Petenis Spanyol itu meraih gelar akhir tahun sebagai No.1 untuk yang keempat kalinya dengan kemenangannya atas Hyeon Chung, pada 1 November di Rolex Paris Masters.

Baca Juga:
Gelar ke-10 Nadal Prancis Terbuka

Nadal telah menikmati kesuksesannya sebagai bintang tenis, merebut enam gelar - termasuk dua Grand Slam dan dua ATP World Tour Masters 1000s dari 10 final tingkat tur. Musim semi lalu, ia menjadi pemain pertama di Era Open yang memenangkan 10 gelar di turnamen yang sama. Yang lebih mengesankan lagi, dia menyelesaikan 'La Decima' bukan hanya sekali, tapi tiga kali dengan kemenangannya di Barcelona, Monte-Carlo dan Roland Garros.

Pada usianya yang kini 31 tahun, Nadal adalah pemain tertua yang finis di akhir tahun sebagai No. 1 (sejak 1973). Setelah sebelumnya selesai di puncak pada tahun 2008, 2010 dan 2013, Nadal menjadi pemain pertama yang memegang, kalah dan mendapatkan kembali pada akhir tahun sebagai No.1 di tiga kesempatan. Dia juga pemain ketujuh yang menyelesaikan tahun ini di kelas puncak tenis profesional pria pada empat atau lebih pertandingan.

Dia juga merupakan pemain pertama yang menyelesaikan sebagai No 1 empat kali dalam tahun-tahun non berturut-turut, yang berusia lebih dari 30 tahun dan yang pertama finis di posisi teratas empat tahun sejak dia terakhir meraih prestasi (2013). Kesenjangan sembilan tahun antara musim pertamanya di nomor 1 Musim Pertama (2008) dan yang terakhir (2017) juga merupakan rekor.

Kini Nadal ingin mengakhiri musim comeback-nya yang luar biasa dengan kemenangan di final musim pertamanya. Dia akan membuka laga pada Senin malam melawan petenis Belgia David Goffin.

Rafael Nadal untuk keempat kalinya sebagai nomor satu duniaatp-finals-2017-706140350e30b0b.jpg

 

Baca Juga:
Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka
Roger Federer Membuka Apik ATP Finals

 

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

ATP Finals Cetak Sejarah Baru

ATP Finals Cetak Sejarah Baru

TENNIS
Kalah, Federer Tetap Bahagia

Kalah, Federer Tetap Bahagia

TENNIS
Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company