Poin Penting dalam Membuat Soal Drifting

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 15 November 2017

SPORTKU.COM

Meski terlihat mudah dalam membuat lintasan drifting, namun ada beberapa poin yang menjadi pertimbangan dalam membuatnya.

Desain soal lintasan drifting sering kali terlihat mudah dan sederhana, namun siapa sangka bahwa dalam membuatnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuatnya. Denny Pribadi, sebagai salah satu pebalap yang juga memiliki kuasa untuk mendesain soal drifting, membagi pengetahuan bagaimana caranya membuat soal drifting dan hal apa saja yang menjadi penentu dalam membuatnya.

"Pertama yang pasti kita lihat medannya berapa kali berapa, terus soalnya mau dibuat apa, mau banyak speed atau enggak. Salah satu hal yang diperhatikan adalah kemampuan drifting, karena kalau membuat soal itu terserah kepada kita panitia. Selain itu, poin yang diperhatikan adalah penempatan tribun untuk penonton agar meminimalisir kalau terjadi kecelakaan," ungkap Denny.

Sejatinya, dalam membuat soal, Denny Pribadi, membaginya menjadi dua karakter, yakni medium speed dan high speed. Dalam hal ini, medium speed diartikan sebagai kemampuan akselerasi mobil yang tidak terlalu penuh dengan lintasan lurus yang lebih panjang. Sedangkan untuk karakter high speed, biasanya Denny Pribadi membuat lay out dengan lintasan yang panjangnya lebih banyak.

Di samping itu, mengukur lebar lintasan pun menjadi salah satu poin yang dilakukan oleh Denny Pribadi. "Jadi setelah melihat medannya seperti apa, kita juga akan mengukur lebarnya berapa, dan panjangnya berapa. Minimal itu seratus meter kali seratus meter, ini adalah untuk karakter medium speed," tambah Denny Pribadi. Adapun jarak antar kun yang dibuat adalah sepanjang sembilan meter, ini mengambil dasar saat drifter melakukan tandem. Sedangkan untuk keindahan dalam melakukan slide, jarak yang dibuat adalah 13 meter.

Sementara untuk patokan berapa kali tikungan yang dibuat, menurut penggagas Drift Camp ini tidak ada ketentuan. Karena itu tergantung juri yang menentukan inginnya seperti apa dan berapa banyak clipping poinnya.

  • facebook share

RELATED NEWS

Aksi Nekat Sebastien Buemi

Aksi Nekat Sebastien Buemi

FORMULA 1
Aston Martin Podium di Amerika

Aston Martin Podium di Amerika

CIRCUIT
Toro Rosso Absen Abu Dhabi

Toro Rosso Absen Abu Dhabi

FORMULA 1
Williams Membuka Diri untuk Kubica

Williams Membuka Diri untuk Kubica

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company