Lima Momen Ikonik Andrea Pirlo

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : NY Sports Day | Editor: Andi Wahyudi | 23 November 2017

SPORTKU.COM

Andrea Pirlo telah menyatakan diri untuk pensiun sebagai pesepak bola profesional. Inilah lima momen ikonik dirinya saat berkarir.

Andrea Pirlo resmi mengumumkan dirinya gantung sepatu alias pensiun sebagai pesepak bola profesional. Laga antara New York City FC melawan Colombus Crew menjadi laga terakhir pesepakbola berusia 38 tahun itu bermain. Sayang, ia gagal membawa New York City FC, klub yang ia bela menang lantaran kalah 0-2 di babak playoff Major League Soccer (MLS) 2017 di Yankee Stadium.

"Petualangan saya di New York mencapai babak akhir, tapi juga perjalanan saya sebagai pemain sepak bola ikut berakhir," kata Pirlo dalam laman resmi New York City FC.

Pirlo tercatat sukses tampil sebanyak 872 pertandingan di laga resmi, baik di liga domestik, kejuaraan Eropa, sampai caps bersama Timnas Italia. Ia pun menjadi pemain yang sukses memenangkan semua gelar. Mulai dari gelar liga, Liga Champions, sampai Piala Dunia.

Berikut lima momen ikonik Pirlo selama berkarir sebagai pesepak bola:

Umpan Akurat ke Arah Grosso di Semifinal Piala Dunia 2006

Italia dan Jerman bertemu di babak semifinal Piala Dunia 2006. Sebagai tuan rumah, Jerman tentu diunggulkan,namun sampai 2x45 pertandingan normal berlangsung, belum ada gol tercipta. Alhasil pertandingan pun dilanjutkan di babak perpanjangan waktu.

Pirlo hadir menjadi jawaban. Berkat kelihaiannya dalam membongkar pertahanan Jerman, ia sukses memberikan umpan manis kepada Fabio Grosso yang berbuah gol—kemudian Italia lolos ke Final dan menjadi Juara.

Assist di Final Liga Champions 2007

Dalam pertandingan ini, Pirlo sebenarnya nyaris mencetak gol kalau saja tendangan bebasnya tidak mengenai bahu Filippo Inzaghi. Namun, meski demikian, bola yang mengenai bahu Inzaghi membuat Milan unggul 1-0 atas Liverpool di babak pertama.

Milan sendiri sukses menang di laga ini dengan skor 2-1. Inzaghi keluar sebagai pahlawan lantaran ia sukses mencetak dua gol di laga ini. Gol kedua merupakan hasil umpan dari Ricardo Kaka.

Baca juga
Williams Membuka Diri untuk Kubica

Mencetak Gol Spektakuler melawan Parma di Tahun 2010

Pirlo sukses menjadi pemecah kebuntuan bagi Milan usia mencetak gol tunggal kemenangan Rossoneri ke gawang Parma. Uniknya, skema gol ini dapat dikatakan luar biasa ketika dirinya yang biasanya menjadi pengumpan, justru mencetak gol.

Bila menilik dari video, Pirlo kesulitan memberikan umpan lantaran semua pemain Parma menempel semua pemain Milan, hanya Pirlo yang berdiri bebas. Tak ada pilihan lain, ia pun menendang bola dari jarak jauh dan sukses menjadi gol.

Gol Panenka ke Gawang Inggris di Piala Eropa 2012

Babak quarter-final mempertemukan Italia dengan Inggris yang harus berakhri hingga babak adu pinalti setelah bermain imbang tanpa gol di babak normal dan perpanjangan waktu memaksa kedua klub beradu keberuntungan lewat adu tendangan 12 pas.

Inggris sebelumnya unggul 2-1 dari italia setelah penendang pinalti Gli Azzuri, Riccardo Montolivo gagal mengeksekusi pinalti. Namun Pirlo mengubah ritme permainan lantaran tendangan pinalti ala panenka sukses menjatuhkan mental Inggris, terbukti ketika Ashley Yong dan Ashley Cole gagal menendang pinalti dan membuat Italia menang 4-2 di akhir laga.

Gol Freekick di Stadion Maracana pada Piala Konfederasi 2013

Saat kecil, Pirlo bermimpi bisa bermain di Stadion Maracana. Tak ada yang menyangka saat ia dewasa, keinginan itu terwujud. Uniknya, Pirlo mewujudkan dalam laga ke-100 bersama Timnas Italia dan melengkapi capaian itu dengan gol.

Adapun gol yang dicetak oleh Pirlo dalam pertandingan itu adalah gol melalui freekick yang sering kali menjadi andalan bagi dirinya dalam memecah kebuntuan.

Baca juga
Astra Otoparts Masih di Moto2

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company