Penyelenggara Berencana untuk Menyempurnaan Regulasi ETCC Indonesia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | 15 November 2017

Penyempurnaan Regulasi Kejuaraan Nasional ETCC

SPORTKU.COM

Bicara mengenai regulasi yang diterapkan dalam sebuah kejuaraan memang harus selalu dimatangkan. ETCC Indonesia pun siap melakukan penyempurnaan regulasi.

Demi tercapainya nilai kompetisi yang baik dalam setiap balapan, setiap tahun, penyelenggara ETCC Indonesia, selalu berbenah diri dalam melakukan penyempurnaan regulasi yang diterapkan. Hal ini tentunya menjadi sebuah tolak ukur nilai prestisius yang dilihat oleh pebalap sebelum masuk dan berkarir di dalamnya. Tahun ini, salah satu pendiri ETCC Indonesia, Andre Dumais, mengatakan memang masih ada beberapa regulasi yang bersifat abu-abu, untuk itu di tahun depan penyelenggara akan melakukan penyempurnaan regulasi.

"Salah satunya adalah Carbon roof, sebelumnya itu dibolehkan. Sebenarnya itu masih abu-abu, lebih ke arah belum diatur. Suraj, sebelumnya sudah menggunakan carbon roof, setelah itu jadi ramai, dalam artian banyak yang menggunakan juga. Setelah banyak yang pakai tapi waktu saat di scrut, itu ditolak semua. Scrut dari sirkuit Sentul tidak memperbolehkan karena dianggap berbahaya dari sisi safety," beber Andre Dumais.

Atas kejadian itu, sebagai penyelenggara, Andre Dumais menjalankan komunikasi dengan Dewan Komisi Teknik ETCC Indonesia untuk mengambil langkah selanjutnya. "Tapi akhirnya kita tidak perbolehkan, akhirnya saat itu saya putuskan bersama Loki sebagai Dewan Komisi Teknik untuk kita tutup. Karena pertama dianggap materinya tidak diatur, harus materi seperti apa. Pabrikasinya harus jelas juga. Tapi ini kemungkinan akan kita buka lagi, tapi dalam sebuah aturan dan SOP-nya akan seperti apa agar tidak sembarangan," papar Dume.

Bukan hanya dari segi material yang digunakan dan pabrikasinya harus jelas, selain itu, nantinya ETCC Indonesia juga berencana untuk mengatur workshop mana yang harus melakukan pemasangan. Hal ini tentunya untuk menjaga nilai keamanan dan keselamatan dalam balapan. "Mungkin juga bengkel yang boleh masang kita akan tentukan, kita akan panggil dahulu yang benar-benar mampu. Sekarang ini yang dianggap Loki mampu salah satunya adalah JS Garage," pungkasnya.

Dengan adanya penyempurnaan regulasi, tentunya ini juga sebagai langkah kemajuan yang diberikan oleh penyelenggara. Tujuannya adalah untuk menambah nilai kompetisi yang semakin baik dan keamanan tetap terjaga dengan baik.

  • facebook share

RELATED NEWS

Debut Manis Thed Bjork

Debut Manis Thed Bjork

WTCC
Performa Puncak Ahmad Fadillah Alam

Performa Puncak Ahmad Fadillah Alam

TOURING
Rangkuman Hasil Akhir WTCC Qatar

Rangkuman Hasil Akhir WTCC Qatar

WTCC
Aksi TTI di Toyota Gazoo

Aksi TTI di Toyota Gazoo

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company