Pebalap Australia Matthew Glaetzer Pecahkan Rekor di Piala Dunia Track

Text : Adi Supriyatna | Media Source: Cyclingnews | 14 November 2017

Pebalap Australia Pecahkan Rekor

SPORTKU.COM

Matthew Glaetzer (Australia) menjadi orang pertama mencetak rekor time trial kilometer di ketinggian yang sama dengan permukaan laut.

Rekor tersebut diciptakan Glaeter pada  putaran putaran Piala Dunia Track, di Inggris, Minggu (12/10) lalu. Glaetzer mencatat waktu 59,970detik pada kualifikasi di kilometer putra, dan kemudian memenangkan medali emas, dengan mencatat waktu 1:00.081 di babak final.

Baca juga:
USUNG FORMAT BARU, TOUR DE LINGGARJATI INGIN MUNCULKAN ATLET

Rekor di bawah satu menit sebelumnya dicapai di ketinggian oleh Arnaud Tournant saat melakukan perjalanan khusus ke La Paz di Bolivia pada bulan Oktober 2001 lalu. Dengan memanfaatkan udara yang lebih tipis, di ketinggaian 3.600 meter di atas permukaan laut, pebalap Prancis tersebut mencatat rekor dalam waktu 58,875detik.

Rekor dunia untuk kilometer saat ini adalah 56,303detik yang dicetak François Pervis di ketinggian 1.880meter pada Piala Dunia Track di Aguascalientes, Meksiko pada bulan Desember 2013.

Glaetzer mengaku terkejut saat mencetak rekor tersebut. Ia menambahkan bahwa itu adalah tujuan jangka panjang.

"Perjalanan itu terasa luar biasa. Itu adalah sesuatu yang ingin saya capai dalam waktu sekitar satu tahun sehingga mendapatkannya hari ini sangat menakjubkan," kata Glaetzer dalam sebuah pernyataan yang dirilis Cycling Australia.

"Memiliki rider seperti Sir Chris Hoy dan Shane Kelly yang menulis sejarah untuk “Kilo”, saya sangat senang bisa memasukkan “sidik jari” saya di event ini," tambahnya.

Rekor tercepat di kilometer pria di permukaan laut sebelumnya adalah 1:00.042 yang dicatat oleh Joachim Eilers di London tahun lalu.

Glaetzer, yang berusia 25 tahun, sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2020. Dia berharap dapat memperbaiki kesalahannya di Rio Games tahun lalu. Waktu itu dia menempati posisi keempat dalam sprint individu dan tim, serta di posisi 10 di nomor Keirin.

Glaetzer meraih perunggu di sprint individu di Piala Dunia Manchester pada hari Sabtu, dan berada di temat kedua kilometer dan Keirin pada hari Minggu. Tak lama setelah mengamankan emas di kilometer, ia menempati posisi keempat di final Keirin.

"Melakukan Kilo kedua kalinya sangat sulit dengan dua Keirin. Tapi Anda hanya perlu bangkit di jalur dan melakukannya, terlepas dari apa yang Anda rasakan," kata Glaetzer.

"Saya merasa cukup baik melalui balapan ini mengingat, saya terjebak dalam rencana balapan saya dan bertahan untuk berlomba. Babak final jauh lebih berat daripada kualifikasi meskipun, saya berada di “dunia” yang berat tepat sebelum final Keirin.

Meski kilometer tidak lagi ada di jadwal Olimpiade, Glaetzer juga akan menargetkan medali emas di ajang Track World Championships 2018 di Apeldoorn dan Commonwealth Games, yang berlangsung di Gold Coast pada bulan April mendatang.

 

Baca juga:
IRC SABET JUARA NASIONAL DI KEJURNAS MOTOPRIX KALIMANTAN 2017


Matthew Glaetzer (Australia)

pebalap-australia-pecahkan-rekor-766152fda20a4c6.jpg

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Ewan Targetkan Juara di Kandang Sendiri

Ewan Targetkan Juara di Kandang

RIDER
Kasus Peter Sagan VS UCI

Kasus Peter Sagan VS UCI

RIDER
Rumor Doping Mekanis Cancellara

Rumor Doping Mekanis Cancellara

RIDER
Greipel Kembali ke TDU

Greipel Kembali ke TDU

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company