Kasus Peter Sagan vs UCI Siap Disidangkan Desember

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Bora-Hansgrohe | Media Source: Cyclingnews | 16 November 2017

Kasus Peter Sagan VS UCI

SPORTKU.COM

Kasus Peter Sagan melawan UCI terkait didiskualifikasinya Peter Sagan dari Tour de France, berlanjut ke arbitrase olahraga internasional (CAS).

Menurut jadwal yang mereka dirilis di situs resmi CAS, kasus tersebut akan disidangkan oleh pada 5 Desember mendatang.

Terdaftar sebagai “Peter Sagan & Denk Pro Cycling GmbH & Co. KG v. Union Cycliste Internationale (UCI)” kasus itu bermula setelah Peter Sagan dikeluarkan dari TDF setelah dianggap menyebabkan crash (kecelakaan) yang melibatkan pebalap tim Dimension Data Mark Cavendish.

Terkait dengan telah terjadwalnya kasus Sagan di CAS, manajer tim Ralf Denk dan petugas pers. belum berkomentar.

Baca juga:
10 TRIK KEREN DARI CRANKWORX 2017
http://sportku.com/read/25003/10-trik-keren-di-crankworx

Untuk diketahui, insiden tersebut terjadi pada sprint terakhir etape 4. Akibat insiden tersebut, Cavendish mengalami patah di bagian bahu dan tak bisa melanjutkan lomba. Sagan kemudian dikenakan hukuman waktu 30detik dan 80 poin dalam persaingan sprinter (Jersey Hijau). Selanjutnya UCI menetapkan Arnaud Demare (FDJ) sebagai juara pada etape tersebut.

“Kami memutuskan untuk mendiskualifikasi Peter Sagan dari TDF 2017 setelah sprint yang berbahaya di Vettel. Dia membahayakan beberapa rider lain, Mark Cavendish dan rider lain yang terkena impilikasi dari crash tersebut pada sprint beberapa meter terakhir,” demikian pengumuman resmi juri saat itu.

“Kami menerapkan pasal 12.104, (tentang) sprint tidak sesuai aturan, dalam hal ini para komisaris lomba diizinkan untuk mendiskualifikasi rider dan mengenakan denda," tambah pernyataan juri.

Pagi hari setelah didiskualifikasi, Sagan mengatakan dalam sebuah pertemuan dengan jurnalis bahwa dia keberatan dengan keputusan tersebut. "Apa yang bisa saya lakukan? Saya hanya bisa menerima keputusan dewan juri. Tapi pasti, saya tidak setuju dengan mereka karena saya pikir, saya tidak melakukan kesalahan dalam sprint," kata Sagan.

Dua hari setelah insiden tersebut, tim Bora-Hansgrohe mengumumkan bahwa mereka, bersama Sagan, telah mengajukan permohonan banding kepada CAS, untuk membatalkan keputusan tersebut agar dapat melihat sprinter mereka bisa kembali dalam lomba. Tapi upaya tersebut tampaknya tidak berhasil.

Peninjauan ulang memang tidak pernah terjadi. Tapi kasus itu terus berlanjut.

 

Baca juga:
PIALA DUNIA 2018 GUNAKAN BOLA TELSTAR 18

 

Peter Sagan
sagan-dan-majka-pimpin-560673fb2db6ccc.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

UCI Hukum Pebalap Italia

UCI Hukum Pebalap Italia

RIDER
Chris Froome Terindikasi Doping

Chris Froome Terindikasi Doping

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company