Memulai Musim 2018, Ewan Targetkan Juara di Awal Musim 2018

Text : Adi Supriyatna | Media Source: Cyclingnews | 16 November 2017

Ewan Targetkan Juara di Kandang Sendiri

SPORTKU.COM

Sprinter tim Orica-Scott Caleb Ewan berharap mampu meraih sukses di Australia, dimana dia akan memulai musim di tahun 2018.

Ewan mengatakan bahwa ia ingin meninggalkan negara asalnya itu pada akhir Januari dengan meraih beberapa kemenangan. Pebalap berusia 23 tahun itu akan memulai musim di Kejuaraan Nasional Road AustraliaCycling selama minggu pertama di bulan Januari dan kemudian menghadapi kompetisi WorldTour di Tour Down Under, serta menyelesaikan pertarungannya di Race Melbourne.

Baca juga:
PERANGI KECURANGAN TEKNOLOGI, UCI TUNJUK MANTAN PEBALAP

Pada tahun 2017, Ewan meraih gelar juara di kejuaraan nasional Australia dan dia berharap bisa mengulang gelar itu serta menambahkan yang lainnya.

"Saya pasti akan masuk kriteria untuk mempertahankan gelar saya," katanya dalam siaran pers tim.  "Kami harus memiliki tim yang bagus di sana. Jadi saya piker, kami memiliki peluang bagus," jelasnya lagi.

Meski menjadi pebalap favorit untuk juara, Road race adalah tantangan yang berbeda dengan beberapa bukit untuk diatasi sebelum finish. Ewan meninggalkan perlombaan tahun lalu setelah Jack Bobridge yang berhasil melakukan solo.

"Untuk balapan jalan raya, kami memiliki beberapa pilihan yang adil," kata Ewan. "Bagi saya, saya berharap balapannya sedikit lebih mudah, dengan angin topan mendaki untuk memperlambat perlombaan yang menuruni bukit sehingga saya bisa sampai ke finish untuk sprint. Tapi sebagai tim, kami memiliki pilihan untuk setiap skenario lomba," ungkap Ewan.

Ewan jelas ingin menjadi pilihan yang dimainkan tim di final, dan kesempatan untuk memakai jersey hijau dan emas di balapan WorldTour adalah makanan untuk sprinter muda tersebut.

"Mengenakan (jersey) warna hijau dan emas pada titik apapun benar-benar sebuah kehormatan," katanya. "Kami tidak banyak menghasilkan. Saya belum mampu untuk sering memakainya sehingga memang benar itu adalah mimpi saya untuk memakainya di jalan. "
Jika Ewan menemukan kesuksesan dalam lomba jalan raya, kesempatan pertamanya untuk mengenakan jersey akan hadir di Tur Down Under. Di sini dia akan menghadapi sejumlah sprinter, seperti Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Andre Greipel (Lotto Soudal), pemegang rekor juara etape sebanyak 16 kali.

Sebelumnya, Ewan telah memenangkan People's Choice Classic , pada 2016 dan 2017, dan dia tidak ragu untuk memulai di tangga teratas podium. Hanya dalam dua penampilannya di Tour Down Under, bersama Orica-Scott, dia berhasil meraih enam kemenangan, termasuk empat kemenangan di tahun 2017.

Kehadiran Greipel dalam balapan untuk pertama kalinya sejak 2014 tentunya akan menjadi tantangan ekstra, namun Ewan yakin bisa menambah kemenanganya saat meninggalkan Adelaide pada 16 Januari mendatang.

"Jelas, saya ingin mengulangi apa yang saya lakukan tahun lalu. Tapi akan sulit untuk memenangkan empat etape dan People's Choice lagi," katanya. "Mungkin hanya ada tiga etape yang benar-benar sesuai dengan sprinter di Tour Down Under 2018, dan mungkin ada yang keempat, tergantung bagaimana balapannya. Melihat profilnya, dua etape pertama dan etape terakhir sangat sesuai dengan saya, dan mungkin etape ketiga. jika ini adalah balapan yang lebih negatif.”

"Tahun ini, lintasan sprint jauh lebih baik dari dua tahun terakhir. Jadi, pasti akan menantang," katanya. "Tour Down Under adalah salah satu balapan terbesar di Australia dan menjadi orang Australia yang berlomba di sana, saya sangat termotivasi untuk melakukannya dengan baik dalam balapan di kandang saya."

Ewan akan mengakhiri musim Australia pertamanya di Race Melbourne pada 25 Januari. Pada balapan tahun 2017, ia berada di urutan kelima.

"Saya ingin meninggalkan Australia di tempat yang tinggi dan mencoba untuk memenangkan Race Melbourne. Itu jelas salah satu tujuan besar saya untuk memulai musim ini (2018). Ini balapan yang sangat cepat. Jelas tidak ada perbukitan dan itu datar. Tapi juga karena jaraknya.”

"Race Melbourne memiliki banyak potensi. Ini murni ditujukan pada sprinter dan harus terus menarik beberapa nama besar. Tepat di pusat kota dan waktu senja tahun 2018 harus menambah suasana yang bagus," pungkasnya.


Baca juga:
MOMEN SERU SERI PAMUNGKAS KEJURNAS SLALOM 2017

 

Caleb Ewan setelah finis di etape 4 Tour Polandia 2017 (Tim de Waele/TDWSport.com)

caleb-ewan-juara-etape-8987356810b4132.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

UCI Hukum Pebalap Italia

UCI Hukum Pebalap Italia

RIDER
Chris Froome Terindikasi Doping

Chris Froome Terindikasi Doping

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company