Federer Gulingkan Zverev, Sock Tuntaskan Cilic

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 15 November 2017

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

SPORTKU.COM

Juara enam kali Roger Federer menuntaskan tantangan Alexander Zverev, 20, untuk mencapai babak empat besar pada ATP Finals, Selasa (14/11).

Meski terpaut 16 tahun dengan sang lawan, unggulan kedua Federer, 36, masih terbukti lebih kuat setelah menjatuhkan set kedua melalui 7-6 (8-6) 5-7 6-1.

Petenis Jerman unggulan ketiga Zverev, masih bisa lolos ke semifinal pada penampilan debutnya di O2 Arena, London. Dia akan bermain dengan petenis AS Jack Sock dalam pertandingan final grup pada hari Kamis, dimana pemenangnya akan maju ke empat besar.

Sebelumnya unggulan keenam Sock mengalahkan unggulan kelima asal Kroasia Marin Cilic 5-7 6-2 7-6 (7-4) di babak kedua pertandingan di Grup Boris Becker.

Baca Juga:
Rafael Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

"Pertandingan sulit. Pagi ini pertandingan menjadi sangat menarik, bunyi alarm kebakaran mati pada pukul 4 pagi dan kami harus keluar dari gedung. Tapi saya suka bermain di London, ini adalah atmosfir yang menakjubkan, Anda membuat saya merasa seperti di rumah," ujar Jack Sock.

Sedangkan grup Pete Sampras, Grigor Dimitrov akan bermain dengan David Goffin pada Rabu pukul 14:00 GMT diikuti oleh Dominic Thiem melawan Pablo Carreno Busta, yang menggantikan Rafael Nadal yang cedera, pukul 20:00.

Marin Cilic, kiri, usai dikalahkan Jack Sock di hari ketiga ATP World Finalsatp-finals-2017-182574d4a378e6a.jpg

Federer yang berhasil lolos ke semifinal untuk ke-14 kali dengan permaianannya yang luar biasa di akhir musim, sempat terdorong keras untuk dua set oleh petenis generasi baru penerus, Zverev.

Pada pertemuannya dengan Federer untuk kelima kalinya, Zverev menunjukkan kelasnya dengan beberapa servis cemerlang di set pertama, membuat 76% servis pertamanya. Tapi itu masih belum cukup. Petenis Jerman itu memiliki tiga peluang untuk mematahkan servis pada pertandingan pembuka dan kemudian memimpin 4-0 dalam tie-break, sebelum akhirnya terjadi kesalahan forehand, dan Federer menyusul kembali dan mengambilnya.

Istirahat di awal servis pada set kedua tampaknya membuat petenis Swiss itu dalam kendali penuh, tapi dari 2-0, 30-0, ia mengejutkan dengan pukulan ganda berturut-turut dan kehilangan beberapa permainan berikutnya.

Jelas keadadaan terguncang atas posisinya yang goyah dan membuat lawan semakin percaya diri, Federer akhirnya tersandung pada game ke-12 dengan mengirim forehand yang melebar dan melepaskan set tersebut.

Namun adrenalin terus mengalir pada Zverev, namun efeknya telah memudar pada tiga pertandingan kemudian. Terjadilah kesalahan ganda yang melelahkan, membuka pintu bagi Federer untuk mendapatkan kunci jeda seraya ia berteriak keras memacu semangat "Come on!"

Empat kesalahan berturut-turut membuat Zverev menyerahkan jeda ganda hingga menjadi tiga berturut-turut saat petenis Jerman itu melakukan kesalahan ganda pada match point, setelah menempuh dua jam dan 13 menit.

Federer sekarang bisa melihat ke depan untuk sebuah pertandingan grup terakhir melawan Cilic dan keinginan untuk mempertahankan kemenangannya, menjelang semifinal pada Sabtu.

"Saya senang dengan masa depan Alex, anak muda yang hebat dan pemain hebat," kata Federer. Saya bahagia dan lega bahwa saya bisa bermain bebas melawan Cilic. Ini adalah kelompok yang sulit yang harus diraih dalam dua pertandingan yang hebat." ujar Roger Federer.

Sempat terseok di awal, Roger Federer tetap cadas menuntaskan laga
atp-finals-2017-11524567fcafd16.jpg

 

Baca Juga:
Nadal Sang Nomor Satu Dunia
Pebalap Australia Pecahkan Rekor

Save

Save

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

Kalah, Federer Tetap Bahagia

Kalah, Federer Tetap Bahagia

TENNIS
Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company