">

Lima Pemain Terbaik Jepang Sepanjang Masa

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 17 November 2017

Lima Pemain Terbaik Jepang

SPORTKU.COM

Jepang merupakan salah satu negara Asia yang mencetak banyak pemain hebat. Siapa lima pemain terhebat mereka sepanjang masa?

Dalam dua dekade terakhir, Jepang dapat dikatakan sebagai raja sepak bola Asia. Empat gelar Piala Asia menjadi bukti shahih bahwa mereka merupakan negara yang paling maju dalam pencaturan sepak bola di wilayah Asia.

Tak heran, banyak pemain mereka pun dieskpor ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Di Eropa, pemain Jepang dihormati lantaran memiliki sikap disiplin yang tinggi baik dalam latihan maupun sedang bertanding.

Di Indonesia sendiri, banyak pemain asal Jepang yang sukses mencuri perhatian lantaran penampilannya yang memikat. Salah satu contohnya adalah pemain tengah Persib Bandung, Shohei Matsunaga.

Berikut ini adalah lima pemain asal Jepang yang dapat dikatakan sebagai pemain terbaik sepanjang masa. 

Yasuhiko Okudera

Yasuhiko Okudera (Getty Images)

lima-pemain-terbaik-jepang-734491f64b18825.jpg

Tidaklah mungkin menanggalkan nama Yasuhiko Okudera dalam list lima pemain terbaik sepanjang masa Jepang. Pria yang kini berusia 65 tahun itu merupakan pesepak bola pertama asal Negeri Sakura yang bermain di Eropa, tepatnya di Jerman.

Okudera mengawali karir di Jerman bersama kesebelasan FC Koln di tahun 1977. Saat itu, Hennes Weisweiler, pelatih FC Koln waktu itu tertarik merekrut sang pemain lantaran tampil gemilang ketika Timnas Jepang mengadakan tur di Jerman.

Total, Okudera menghabiskan 9 tahun di Jerman dan tercatat sebanyak 300 pertandingan lebih ia jalani. Ia pun membawa nama harum Jepang lantaran sukses memenangkan banyak gelar bergengsi di tanah Bavarian dengan memenangkan gelar Bundesliga dan Piala Jerman.

Hidetoshi Nakata

Hidetoshi Nakata (Youtube)

lima-pemain-terbaik-jepang-8554356eb1418c2.jpg

Hidetoshi Nakata adalah talenta ajaib. Dia merupakan pemain terbaik Asia dalam dua tahun beruntun, yakni pada tahun 1997 dan 1998. Penampilan memikatnya di Piala Dunia 1998 membawa dirinya ke Italia dan bermain di ajang Serie A—kompetisi paling ketak di dunia kala itu—dengan bermain bersama Perugia.

Tampil memilkat bersama Perugia selama dua musim, membuat Nakata membela kesebelasan Roma. Di klub tersebut ia sukses meraih gelar Serie A. Namun sayang, pemain yang dikenal nyentrik lantaran rambutnya dipikok kuning itu hanya sebagai cadangan.

Pindah ke Parma, Nakata muncul kembali menjadi bintang. Hal itu dibuktikan dirinya sebagai aktor kemenangan klub tersebut menjuarai Coppa Italia di musim 2001/2002.

Nakata sendiri pensiun muda, tepatnya di usia 29 tahun lantaran gagal membawa Jepang berprestasi di Piala Dunia 2006 silam. Meski demikian, namanya telah abadi lantaran kisah suksesnya sebagai pesepak bola unggul asal Jepang.

Baca juga
Menilik Masa Depan Parma di Bawah Kendali Pemilik Baru

Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo (Okezone)

lima-pemain-terbaik-jepang-19975fb048df6cc.jpg

Tak dapat dibantah lagi kalau Yuto Nagatomo adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa asal Jepang. Saat ini, dirinya merupakan pemain utama bagi Inter Milan. Posisinya sebagai pemain inti tak tergantikan sejak tahun 2011 lalu ketika dirinya ditransfer dari Cessena, klub yang melambungkan pemain yang kini berusia 31 tahun.

Nagatomo sendiri di Inter pun statusnya menjadi wakil kapten. Ia sudah dipercaya menjabat posisi tersebut sejak tahun 2014. Pasalnya, pemain yang mengawali karir di FC Tokyo itu memiliki jiwa kedisplinan yang tinggi.

Nagatomo pun dapat dikatakan sukses memberikan penghargaan bagi Timnas Jepang. Ia mampu membawa negaranya
menjuarai Piala Asia dan Kirin Cup pada tahun 2011. Tercatat pemain kelahiran Ehime itu memiliki caps sebanyak 101 pertandingan bersama Samurai Blue.

Shunsuke Nakamura

Shunsuke Nakamura (Daily Record)

lima-pemain-terbaik-jepang-403112d858e2c36.jpg

Shunsuke Nakamura merupakan pesepak bola asal Jepang yang berposisi sebagai playmaker. Pemain yang kini masih aktif bermain itu dikenal dunia sebagai salah satu pemilik tendangan bebas paling akurat di dunia.

Atas kemampuannya itu, ia pun mencicipi karir yang cukup gemilang ketika bermain di Eropa. Mengawali karir Eropa bersama kesebelasan Reggina asal Italia. Setelah tiga tahun bermain di klub tersebut, ia pindah ke Celtic.

Bersama Celtic, Nakamura tampil luar biasa. Ia sukses memenangkan gelar Liga Skotlantia, Piala Liga, dan Piala Skotlandia. Tak hanya itu, pria yang kini menginjak usia 39 tahun itu sukses sebagai pemain terbaik Skotlandia di tahun 2007.

"King Kazu" Kazuyoshi Miura

"King Kazu" Kazuyoshi Miura (Malang Today)

lima-pemain-terbaik-jepang-2098824a763c35d.jpg

Pernah menyaksikan Captain Tsubasa, sebuah film anime yang mengisahkan pesepak bola asal Jepang yang bermain di Brasil dan memenangkan gelar juara. Nyatanya, sosok Tsubasa yang notabene merupakan tokoh utama dalam film ini terinspirasi dari kisah perjalanan sepak bola Kazuyoshi Miura.

Pemain yang mendapatkan julukan King Kazu adalah pesepak bola terbaik yang pernah dilahirkan di Jepang. Ia bahkan sempat menjalani karir junior di Brasil dengan membela kesebelasan seperti Palmeiras dan Coritiba.

Meski demikian, nama Miura baru meledak ketika membela Verdy Kawasaki dimana ia sukses mencetak 100 gol dari 192 penampilannya. Hal ini membuat kesebbelasan asal Italia, Genoa pun merekrutnya pada tahun 1994 dan menjadikan namanya sebagai pesepak bola pertama asal Jepang yang merumput di Italia.

Bersama Timnas Jepang, Miura sukses menjuarai Piala Asia edisi tahun 1992. Hal ini membawa namanya tercatat sebagai pemain terbaik Asia di tahun 1993. Ia juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Jepang nomor dua sepanjang masa total 55 gol hanya dalam 89 caps internasional.

Kini di usianya yang 50 tahun, Miura masih menjadi andalan bagi Yokohama FC. Ia mengaku belum mau pensiun dari olahraga yang ia cintai itu.

Baca juga
Federer Perpanjang Rekor di London

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company