Customaxi Yamaha, Kontes Modifikasi Online

Text : Suhartono | Photo / Video : YIMM | 18 November 2017

Customaxi Yamaha, Kontes Modifikasi Online

SPORTKU.COM

Berbagai upaya terus dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk mempertahankan kepopuleran dari kaluarga Maxi Yamaha.

Merebak luasnya tren berkendara dan lifestyle ala Maxi Yamaha (TMax, XMax, NMax dan Aerox 155) membuat banyak aktivitas digelar untuk menampung kreatifitas para pecintanya. Konsumen dan komunitas Maxi Yamaha memang berkembang pesat seiring dengan penjualannya yang juga terus tumbuh hingga mencapai lebih dari 600 ribu unit sejak 2015.

Fenomena itu juga turut merangsang menjamurnya modifikasi yang merupakan salah satu aktivitas yang paling disukai para bikers. Untuk menampung hobi dan kesukaan pengguna Maxi Yamaha, PT YIMM mengapresiasinya dengan mengggelar Customaxi Yamaha. Ajang modifikasi motor-motor Maxi Yamaha ini bisa dibilang sebagai online kontes modifikasi terbesar dan pertama dilakukan secara online di Indonesia.

Kontes modifikasi onlie Maxi Yamaha ini memang tergolong unik. Unik karena tidak seperti biasanya dibuat dengan motor-motor peserta berjejer di tempat modifikasi yang terlihat langsung oleh pengunjung. Tapi ini cukup dilihat di situs online www.customaxiyamaha.com. Kategori Customaxi dibagi 4 yaitu TMax, XMax, NMax dan Aerox 155. Selain itu juga ada kontes Maxi Lady sebagai ajang pamer Maxi Outfit bagi para perempuan pengguna Maxi Yamaha.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para peserta. Tahap 1, registrasi dan eleminasi. Setiap peserta bisa mendaftarkan motor modifikasinya lebih dari satu unit. Setelah itu ada proses seleksi hingga terpilih 30 modifikasi terbaik dari setiap kota yang akan ditentukan dari jumlah voters yang melakukan share via facebook.

Baca Juga
Kawasaki Indonesia Luncurkan 3 Motor Terbaru

Untuk Maxi Lady, 10 foto terbaik dari setiap kota juga akan ditentukan dari jumlah voters yang melakukan sharing via Facebook. Lalu mengikuti sesi photoshoot Maxi Lady untuk dipilih 1 pemenang yang berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp2 juta.

Setelah melalui tahap awal penilaian secara online, sesi semifinal Customaxi Yamaha akan mengambil 30 foto modifikasi terbaik (10 foto / kategori) dan 10 foto Maxi Lady.

Peserta yang masuk ke semifinal akan diundang dalam tahap 2 yaitu semifinal yang akan diadakan di 8 kota yaitu Medan (10 Desember 2017), Tangerang (16 Desember 2017), Banjarmasin (23 Desember 2017), Makassar (6 Januari 2018), Bali (13 Januari 2018), Surabaya (20 Januari 2018), Semarang (27 Januari 2018), dan Bandung (3 Februari 2018).

Pada tahap 2 atau semifinal, Yamaha memberikan kesempatan pada para semifinalis untuk memperlihatkan hasil karya modifikasi Maxi Yamahanya. Lalu akan ada penjurian langsung untuk menentukan 3 pemenang regional (1 pemenang / kategori) yang berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp3 juta dan berkesempatan lanjut ke tahap 3 atau final yang diselenggarakan di Jakarta pada 24 Februari 2018.

Para finalis Customaxi Yamaha nantinya akan memperebutkan hadiah menarik berupa 1 unit Aerox 155 S, 2 unit NMax ABS dan 1 unit XMax.

Baca Juga
PPMKI Bikin Event Akbar di Bandung
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas Untuk Moto2 2018

Regulasi Customaxi Yamaha:
1. Motor tipe Maxi Yamaha (TMax, XMax, NMax dan Aerox 155) dari semua tahun pembuatan yang sudah dimodifikasi
2. Format kompetisi adalah mengandung unsur (MEFRIK) Modern, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi, dan Kreasi
3. Modifikasi dengan menambahkan aksesoris stok variasi/bolt-on atau handmade, peserta tidak boleh melakukan perombakan bodi/sasis
4. Perubahan aksesoris yang diperbolehkan: windshield, body kit, kaki – kaki (suspensi, swing arm), perangkat pengereman, ban dan pelek, stiker atau decals, painting (cat & airbrush), lampu – lampu (HID, LED, Angel Eyes), Box (Side Box, Top Box), knalpot, spakbor, jok, speedometer, krom atau penambahan aksesoris handmade yang berfungsi dengan baik dan benar
5. Diperbolehkan melakukan perubahan perangkat handle bar
6. Wajib mempertahankan logo Yamaha dan logo merek motor
7. Penilaian kompetisi mengutamakan penampilan luar bukan kecanggihan/modifikasi mesin
8. Ide atau inovasi, tampilan luar, dan trik modifikasi (tingkat kesulitan) jadi faktor utama dalam penilaian
9. Motor yang mengikuti kompetisi dilengkapi komponen wajib sesuai peraturan lalu lintas
10. Peserta kompetisi Customaxi Yamaha haruslah Warga Negara Indonesia dan berdomilisi di wilayah Indonesia pada saat mengikuti kegiatan ini. Dibuktikan dengan foto copy identitas pengenal diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Identitas lainnya yang masih berlaku.
11. Seluruh peserta kontes modifikasi harus memiliki SIM C
12. Unit motor modifikasi haruslah milik peserta pribadi dibuktikan dengan kesamaan nama yang tertera di STNK & KTP/Kartu Keluarga.

Text : Suhartono | Photo / Video : YIMM | 18 November 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Racikan Baru Mercedes Karya Wheelsandmore

Racikan Baru Mercedes Karya Wheelsandmore

MODIFICATION
Modifikasi Terbaik Harley-Davidson

Modifikasi Terbaik Harley-Davidson

MODIFICATION
MBtech Auto Live Battle Yogyakarta

MBtech Auto Live Battle Yogyakarta

MODIFICATION
Ratusan Builder Meriahkan Suryanation-Motorland Tangerang

Ratusan Builder Meriahkan Suryanation-Motorland Tangerang

MODIFICATION

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company