Meski Kalah, Federer Bahagia di Akhir Tahun 2017

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 19 November 2017

Kalah, Federer Tetap Bahagia

SPORTKU.COM

David Goffin melakukan perlawanan keras untuk mematahkan enam kali juara Roger Federer dan mencapai final ATP Finals, Sabtu (18/11).

Seakan mencatat kemenangan pertama atas Rafael Nadal tidak cukup, David Goffin terus melakukan terobosan baru dengan mengalahkan Roger Federer di ATP Finals untuk merebut kemenangan terbesar dalam karirnya.

Perjuangannya terbilang fantastis bagi petenis nomor delapan dunia itu kepada seorang maestro Swiss yang telah melewati pertandingan round-robin-nya yang tak terkalahkan untuk yang ke-10 kalinya. Namun, Goffin, yang kalah dalam enam pertemuan sebelumnya dengan Federer, mengubah tabel perjumpaannya kali ini dengan mengklaim kemenangan 2-6 6-3 6-4.

Baca Juga:
Rafael Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Kemenangan comeback-nya ini berarti sebuah nama baru akan tersemat di piala tahun ini dengan rekan-rekan kualifikasi pertama kalinya dalam sebuah event elit yaitu Grigor Dimitrov dan Jack Sock yang memperebutkan semifinal kedua.

"Keduanya sangat spesial. Ini adalah kali pertama melawan Rafa. Kemudian semifinal mengalahkan Roger untuk pertama kalinya di turnamen besar ini. Itu adalah saat yang tepat. Ini adalah kemenangan karir saya, pasti, ujar Goffin.

Goffin pernah mengalami cedera aneh di Prancis Terbuka tahun ini saat tersandung di lapangan tertutup dan memutar pergelangan kakinya. Setelah itu ia pun absen di ajang Wimbledon untuk pemulihan. Dia menikmati akhir mimpi sampai 2017 yang akan berakhir saat dia memimpin Belgia di final Piala Davis melawan Prancis di Lille.

Pada hari Sabtu, tampaknya dia akan memiliki satu hari ekstra untuk mempersiapkan tugas nasional karena dirinya sempat  kalah dari Federer di set pembuka. Petenis berusia 36 tahun itu menikmati dengan permainan stabil dari Goffin.

Sepertinya Goffin telah ditempa dengan laga berat dari minggu ini, menyelesaikan dua set melawan Dimitrov dalam pertandingan grup mereka. Inilah yang membuat dirinya terpacu lebih keras.

Pertandingan set kedua adalah pembuktian titik balik Goffin yang kalah 6-2 6-1 dari Federer di Basel bulan lalu, mematahkan servis Federer dengan forehand winner.

Selanjutnya, Goffin mengkonsolidasikan keunggulannya untuk menguasai pertandingan penentu yang hampir tidak terlihat mungkin beberapa saat sebelumnya.

Bertumbuh dengan percaya diri, petenis berusia 26 tahun itu mematahkan servis Federer lagi pada 1-1 di set ketiga saat petenis Swiss secara tiba-tiba terlihat cemas dan berjuang untuk menentukan waktu, mencetak pukulan balasan.

Sebenarnya ada banyak waktu bagi juara Grand Slam 19 kali Federer untuk menegaskan kembali wewenangnya dan dia memiliki kesempatan break-back. Tapi Goffin berhasil menyelamatkannya dengan pukulan voli yang tajam.

Goffin tetap tenang dan momen baiknya akhirnya sampai pada 5-4 saat ia melangkah maju untuk meraih kemenangan terbesar dalam karirnya.

Ace yang terjadi berurutan memberinya peluang 30-0 sebelum akhirnya dia membenamkan sebuah forehand pada net. Federer kemudian melempar dengan forehand yang melebar untuk memberi Gooffin dua match point dan servis pertamanya terbukti terlalu bagus.

"Ketika Anda memulai permainan dengan ace, selalu lebih baik," kata Goffin, petenis Belgia pertama yang lolos di ATP Finals.

Pertandingan ini hanyalah kekalahan kelima Federer dari tahun yang luar biasa di mana ia bangkit kembali dari absen laga akibat cedera pada tahun 2016 untuk memenangkan gelar Australia Terbuka dan Wimbledon.

"Seandainya saya bisa bermain lebih agresif hari ini. Tapi saya sama sekali tidak pernah merasa nyaman untuk menghadapi bola. Ini mengecewakan untuk diselesaikan seperti ini. Tapi apa pun yang terjadi hari ini tak terlalu penting jika dibandingkan dengan seluruh musim saya. Musim ini membuat saya sangat senang. " ujar Roger Federer.

Setelah enam kali pertemuan, David Goffin baru berhasil kalahkan Federer
atp-finals-2017-83116d0f355f0af.jpg

Baca Juga:
Nadal Sang Nomor Satu Dunia
Kawasaki Indonesia Luncurkan 3 Motor Terbaru

Save

Save

  • facebook share

RELATED NEWS

Tuntut Kenaikan Hadiah, Djokovic Memboikot?

Tuntut Kenaikan Hadiah, Djokovic Memboikot?

TENNIS
Federer Tampil dominan

Federer Tampil dominan

TENNIS
Halep Cedera, Lolos Putaran Pertama

Halep Cedera, Lolos Putaran Pertama

TENNIS
Penantian Djokovic Sukses di Pembuka

Penantian Djokovic Sukses di Pembuka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company