Menang ATP Finals 2017, Dimitrov Cetak Sejarah

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 20 November 2017

ATP Finals Cetak Sejarah Baru

SPORTKU.COM

Grigor Dimitrov menjadi petenis Bulgaria pertama setelah 19 tahun untuk memenangkan final ATP Finals, Minggu (19/11).

Dimitrov dalam penampilan debutnya merangkai kemenangan atas petenis Belgia unggulan keenam David Goffin, 26, merebut gelar terbesar dalam karirnya dengan 7-5 4-6 6-3 di The O2 Arena, London.

Atas kemenangannya Dimitrov berhak meraup hadiah sebesar 1.9 juta poundsterling atau hampir setara 34 milyar rupiah untuk melewati turnamen tak terkalahkan dalam lima pertandingan di babak penyisihan grup, semifinal dan final. Dia akan mengakhiri tahun sebagai peringkat ketiga di dunia, dengan Goffin dengan peringkat ketujuh.

"Ini telah menjadi dua minggu yang luar biasa bagi saya. Merupakan suatu kehormatan untuk bermain di sini. Minggu ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya miliki," kata Dimitrov, yang mengikuti jejak petenis Spanyol Alex Corretja yang memenangkan gelar akhir musim pada debutnya pada tahun 1998.

Sementara musim Dimitrov sekarang berakhir, Goffin masih harus berjuang untuk Belgia meraih kemenangan Davis Cup pertama melawan Prancis pekan depan.

"Ini adalah minggu spesial bagi saya. Seminggu terjadi dengan banyak emosi dan kelelahan. Sekarang saya merasa lelah tapi ini minggu yang luar biasa." ujar David Goffin.

Dimitrov: Saya Kehilangan Kata-kata

Pada putran ke sepuluh Dimitrov telah menaklukkan Goffin dalam dua set hanya dalam empat hari sebelumnya di babak penyisihan grup, namun petenis Belgia itu membuktikan pada lawan sebagai petenis yang tangguh di final. Ketangguhan dan kegigihan Goffin memang patut dipuji, mengalahkan unggulan teratas Rafael Nadal dan Roger Federer.

Baca Juga:
Meski Dikalahkan Goffin, Federer Bahagia di Akhir Tahun 2017
Rafael Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8, Goffin

Dimitrov harus memulihkan jeda servis dua kali dalam delapan laga pembuka namun bergerak maju saat ia mengubah set kelima di game 12.

Setelah lima kali istirahat servis di set pertama, set kedua adalah pergulatan yang jauh lebih ketat, dengan Dimitrov yang kehilangan potensi break di game enam setelah tantangan Hawkeye.

Goffin lalu meraih kesempatannya di pertandingan berikutnya sebagai pemenang forehand dan dengan yakin mengemas set untuk membuat keputusan.

Set terakhir adalah kontes mendebarkan dalam dirinya sendiri, dengan Dimitrov menangkis empat break point di game pertama sebelum bergerak 4-2 saat Goffin mengirim backhand panjang.

Waktu bergulir dua jam dan para pendukung Bulgaria yang ramai melantunkan "Grigor, Grigor". Serta merta Dimitrov beringsut ke ambang kemenangan hanya untuk Goffin melakoni kembali dari 0-40 dan tiga match point ke bawah.

Hingar bingar juga hadir untuk petenis Belgia yang mendapat tepuk tangan besar dari 18.000 penonton di dalam Arena O2. Dia menepis titik pertandingan keempat, sebelum Dimitrov akhirnya menutupnya saat Goffin membuang pukulan voli yang tampaknya tak bisa dilewatkan ke net.

"David adalah pribadi yang luar biasa, lupakan untuk sepak terjang tenisnya. Dia bisa memukul bola dengan baik juga, jadi ucapkan selamat kepada dia Dia. Dia adalah salah satu pemain paling baik dalam beberapa minggu lalu dan beberapa bulan ini. Adalah usaha yang luar biasa. Saya sangat bangga untuk bermain dia di final. " ungkap Dimitrov.

Ketika ditanya mengenai kemenangannya sendiri, Dimitrov hanya bisa menjawab, "Saya kehilangan kata-kata. Tim saya luar biasa juga keluarga saya."

Dalam 9 kali pertemuan, Goffin hanya berhasil 1 kali menaklukkan Dimitrov pada ATP Rotterdam 2017atp-finals-2017-431538df48a5eea.jpg

Baca Juga:
Hasil Grand Final Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Save

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 20 November 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Nadal Raih Gelar Prancis Terbuka

Nadal Raih Gelar Prancis Terbuka

TENNIS
Simona Halep Juara Prancis Terbuka

Simona Halep Juara Prancis Terbuka

TENNIS
Djokovic Adu Kuat

Djokovic Adu Kuat

TENNIS
Serena Williams Lanjutkan Performa Gemilang

Serena Williams Lanjutkan Performa Gemilang

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company