Pembuangan Mobil Tua Jadi “Surga” Bagi Pebalap Retro

Text : Muhamad Dahroji | Photo / Video : Muhammad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 22 November 2017

SPORTKU.COM

Rupanya banyak cerita menarik dari lahirnya sebuah mobil balap, khususnya balap retro. Nah, jurnalis SPORTKU mencoba menggalinya.

Kalau Anda sering menyaksikan balap mobil retro, tentu sempat terbersit soal asal muasal mobil retro tersebut. Bagaimana caranya mereka bisa membalap dengan mobil retro yang usianya sudah tidak muda lagi? Nah, salah satu sumber hadirnya mobil-mobil retro yang ngebut di trek adalah tempat pembuangan akhir khusus mobil, atau akrab disebut bengkel copotan mobil tua. Ada juga yang menyebutnya bengkel rongsokan. 

Bengkel yang terlihat seperti tumpukan lempengan kaleng ini rupanya menjadi surga bagi para pecinta modifikasi, restorasi atau balap retro. Sebab bengkel tersebut terkadang menyimpan koleksi yang memiliki nilai yang tinggi, khususnya bagi yang membutuhkannya.

Nah, salah satu bengkel copotan mobil tua tersebut ada di jalan raya Parung, Bogor. Wilayah Parung memang dikenal menjadi salah satu tujuan wisata pecinta rongsokan untuk berburu. 

Baca Juga :
AKSI CEPAT TIM MEDIS DI HONDA DREAM CUP (HDC) JAKARTA

Salah satu pemilik tempat itu ialah M.Sirat yang sudah cukup lama bergelut dibisnis yang ia sebut bengkel copotan mobil tua ini. Rupanya, tidak semua mobil tersebut adalah barang rongsokan. Ada juga mobil yang masih layak pakai atau pun mobil bekas tabrakan yang sebagian onderdilnya masih bisa dimanfaatkan.

Onderdil yang dicopot dari mobil bekas itupun ternyata masih banyak peminatnya, mulai dari pecinta mobil tua untuk modifikasi hingga pebalap atau mekanik pebalap yang mencari onderdil untuk mobil balap jagoan mereka. 

Sirat juga menceritakan bahwa ada juga mobil tua yang masih utuh dan dibeli untuk dijadikan mobil balap. Wah, bagaimana sih ‘surga’ bagi pecinta mobil retro itu? Yuk kita simak videonya.

Baca Juga :
POLYGON XTRADA 6 MAKIN ASYIK DENGAN SET UP GIR 1X

 

Text : Muhamad Dahroji | Photo / Video : Muhammad Dahroji | Editor: Andi Wahyudi | 22 November 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Modifikasi Ducati Wabah Iron Man

Modifikasi Ducati Wabah Iron Man

CUSTOM

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company