5 Orang yang Juara Liga Champions sebagai Pemain dan Pelatih

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 22 November 2017

Peran Ganda Juara Liga Champions

SPORTKU.COM

Liga Champions dianggap sebagai turnamen sepak bola tertinggi di Eropa. Inilah lima orang yang menjuarainya sebagai pemain dan pelatih.

Liga Champions dianggap sebagai turnamen sepak bola tertinggi di Eropa. Pasalnya, hanya klub yang terbaik yang sukses meraih gelar ini. tak heran bila pemenang gelar ini didominasi oleh klub papan atas Eropa.

Selain klub, tak banyak orang yang sukses meraih gelar ini. namun meski demikian, kelima orang ini bisa mencatatkan namanya sebagai pemain dan juga pelatih yang sukses memenangkan turnamen yang mempertemukan klub-klub terbaik se-Eropa ini. Siapa saja? Berikut listnya:

Giovanni Trapattoni

Giavanni Trapattoni di Italia memiliki reputasi super. Ia sukses ketika menjadi pemain dan juga ketika dipercaya melatih klub. Saat masih menjadi pesepak bola dengan membela AC Milan, pria yang kini berusia 78 tahun itu mampu menjuarai gelar Liga Champions bersama Rossoneri sebanyak dua kali, yakni pada tahun 1963 dan 1969.

Sementara saat melatih, ia sukses mengantarkan Juventus menjadi klub nomor satu di Eropa pada musim 1984/1985. Saat itu, Bianconerri dihuni oleh banyak pemain bertalenta, salah satunya Michael Platini.

Johan Cruyff

Tak dapat dipungkiri, bahwa Johan Cruyff adalah salah satu pesepakbola jenius yang pernah dilahirkan di muka bumi. Ia tercatat pernah memenangkan gelar pemain terbaik dunia sebanyak tiga kali. Bahkan untuk melengkapi legitmasinya, pria yang wafat pada Maret 2014 lalu itu sukses membawa Ajax Amsterdam menjuarai gelar Liga Champions sebanyak tiga kali.

Usai pensiun, Cruyff pun dikenal sebagai pelatih yang tak hanya jago dalam hal taktis, tetapi juga pondasi dalam sepak bola modern seperti youth development player. Hal ini membuat klub yang ia tukangi, Barcelona kini dikenal memiliki pemain muda bertalenta dimana ia peletak dasar pembinaan pemain muda di klub tersebut.

Cruyff pun melengkapinya dengan membawa Barcelona untuk pertama kalinya menjuarai gelar Liga Champions pada musim 1991/1992.

Carlo Ancelotti

Meski baru dipecat oleh Bayen Muenchen beberapa waktu lalu, namun tak akan membuat nama Carlo Ancelotti tercoreng. Pasalnya, pelatih yang kini berusia 58 tahun itu merupakan salah satu peracik taktik terbaik dunia saat ini.

Baca juga
Kisah Subagja, Penemu Firman dan Egy

Ancelotti sukses memenangkan tiga gelar Liga Champions sebagai pelatih dari dua klub berbeda. AC Milan sebanyak dua kali, yakni pada musim 2002/2003 dan 2006/2007 dan satu ketika menukangi Real Madrid pada musim 2013/2014 lalu.

Ketika Ancelotti sebagai pemain, ia pun sukses memenangkan gelar Liga Champions sebanyak dua kali. Saat itu dirinya masuk dalam era Dream Team Milan dibawah asuhan Arrigo Sacchi dan memiliki rekan yang luar biasa hebat seperti Marco van Basten dan Ruud Gullit.

Pep Guardiola

Manajer Manchester City saat ini, Pep Guardiola adalah salah satu orang yang sukses memenangkan gelar Liga Champions sebagai pemain dan sebagai pelatih. Bahkan ia menyamai Ancelotti lantaran sanggup memenangkan Si Kuping Besar itu di klub yang sama.

Guardiola sendiri memenangkan gelar Liga Champions pada tahun 1992 saat menjadi pemain Barcelona, lalu memenangkan kembali gelar tersebut saat ia ditunjuk sebagai pelatih klub berjuluk Blaugrana tersebut pada musim 2008/2009 dan 2010/2011.

Zinedine Zidane

Tak banyak yang menyangka bahwa Zinedine Zidane akan memiliki karir cemerlang saat menjadi pelatih. Pasalnya dalam waktu dua musim menukangi Real Madrid, pria asal Prancis itu sukses memenangkan dua gelar Liga Champions berturut-turut.

Sebelumnya sebagai pemain, Zidane memang dikenal sebagai pesepak bola handal. Namun, ia kesulitan meraih gelar Liga Champions sebelum akhirnya ia sukses mendapatkan piala tersebut saat membela Madrid di musim perdananya pada tahun 2002.

Lima Pemain dan Manajer Juara Liga Champions (Sportku)

lima-pemain-dan-manajer-43917e060e260d3.jpg


Baca juga

Inilah Komponen MTB Terbaru

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company