IBL akan Terapkan Salary Cap Musim Depan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ibl Official Logo | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: republikaonline | 24 November 2017

SPORTKU.COM

Hal ini dilakukan oleh pihak IBL agar ke depannya, klub bola basket di Indonesia bisa transparansi soal gaji pemainnya.

Manajemen Liga Bola Basket Indonesia (IBL) menargetkan pada musim 2019/2020 aturan tentang tentang batas gaji atau "salary cap" bisa diterapkan sebagai upaya agar persaingan tiap tim bisa semakin berimbang.

Direktur IBL Hasan Gozali, mengatakan bahwa salary cap nantinya akan berperan dalam membatasi pengeluaran minimal dan maksimal setiap tim yang berlaga di IBL.

"Jadi tim-tim kuat yang memiliki anggaran besar akan dibatasi pengeluaran maksimalnya. Sementara bagi tim-tim kecil, juga ada pembatasan minimal untuk gaji," ujar Hasan seperti dikutip dari Republika.

Dia berharap, ke depannya dengan adanya kebijakan soal penentuan salary cap, dapat membuat klub basket yang ada di Indonesia bisa semakin transpatan dalam hal gaji pemain.

Pasalnya, sebelum menentukan batas atas dan bawah gaji, semua tim wajib memberikan dengan rinci penghasilan para pemainnya.

Baca juga
Mantan Pemain Termahal Liga Inggris Terlibat Pemerkosaan

"Ini perlu karena sudah sangat lama klub-klub bola basket di Indonesia tidak terbuka soal gaji pemain," tutur Hasan.

Sebagai langkah awal menuju penerapan salary cap di liga, pihak IBL terlebih dahulu akan menjalankan sistem draft untuk pemain lokal mulai di IBL musim 2018-2019, seperti halnya para pemain asing. Untuk masuk draft, pemain lokal itu harus memiliki agen dan sudah ditentukan batas minimal gajinya.

Adapun dalam dua musim terakhir yaitu IBL 2017 dan IBL 2017-2018, IBL sebenarnya sudah menerapkan salary cap tetapi khusus untuk pemain asing. Setiap tim di IBL tersebut wajib memiliki dua pemain asing yang total gajinya maksimal sebesar 4.000 dolar AS atau sekitar Rp54 juta.

Baca juga
Pengaturan Skor Juga Singgah di Bola Basket Nasional

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ibl Official Logo | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : republikaonline | 24 November 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

IBL 3x3 Sihir Masyakarat Yogyakarta

IBL 3x3 Sihir Masyakarat Yogyakarta

IBL
Juara, Stapac Tak Mau Terlena

Juara, Stapac Tak Mau Terlena

IBL
IBL Diminta Terus Kembangkan 3x3

IBL Diminta Terus Kembangkan 3x3

IBL
3x3 Membuat Basket Lebih 'Bergairah'

3x3 Membuat Basket Lebih 'Bergairah'

IBL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company