Kisah Klub Indonesia yang Ingin Main di Luar Negeri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 28 November 2017

SPORTKU.COM

Apa jadinya bila klub asal Indonesia bermain di liga luar negeri seperti Liga Singapura atau Liga lainnya, berikut kisahnya.

Di Eropa, bukan hal yang lazim bila sebuah klub dari suatu negara bermain di kompetisi sebuah negara. Salah satu contoh yang terkenal adalah AS Monaco, klub asal negara Monaco itu sudah ikut bermain di Prancis sejak tahun 1933—dan baru masuk di liga tertinggi pada tahun 1953.

Selain Monaco, Kesebelasan Swansea City dan Cardiff City juga bermain di Inggris kendati kedua klub tersebut berasal dari Wales. Bahkan kedua klub ini tak banyak dibela oleh pemain asal Wales—dan mengandalkan banyak pemain asing.

Di Asia sendiri sebenarnya, banyak tim dari suatu negara bermain di kompetisi negara lain. Salah satu negara yang populer mengundang negara lain untuk ikut serta di kompetisi mereka adalah Liga Singapura atau yang dikenal dengan S.League.

Di tahun 2017 ini, Liga Singapura sendiri diikuti oleh 9 klub dimana dua diantaranya merupakan tim asing. Adapun dua klub yang dimaksudkan adalah Albirex Niigata Singapore FC dan Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club (DPMM FC).

Sebelumnya Liga Singapura juga pernah memiliki tim seperti Beijing Guoan Talent Singapore FC, Liaoning Guangyuan FC, Dalian Shide Siwu FC, dan Sinchi FC yang mayoritas pemainnya berasal dari Tiongkok. Bahkan Singapura sempat ada tim bernama Etoile FC yang diisi oleh pemain yang memiliki darah atau passport Prancis.

Hal ini barangkali menjadi inspirasi bagi beberapa klub di Indonesia yang pernah ingin berkompetisi di ajang S. League. Yang terbaru, tim Indonesia asal Provinsi Riau, PSPS Pekanbaru menginginkan untuk pindah dengan berkompetisi di Singapura.

Baca juga
Ganda Putri Indonesia Bidik All England dan Asian Games 2018

Ancaman tersebut keluar dari Manajer klub PSPS, Alsitra. Hal tersebut didasari lantaran kinerja wasit Indonesia yang buruk dalam Laga babak perempat final Liga 2 antara PSIS Semarang kontra PSPS, Selasa (21/11).

Selain itu, menilik dari posisi klub asal yang berada di Pekan Baru yang secara lokasi lebih dekat dengan Singapura ketimbang di Ibu Kota Jakarta.

"Posisi kami di Riau dekat ke Singapura. Kami akan pindah ke Liga Singapura, tak mau lagi main di Liga Indonesia," kata Alsitra seperti dikutip dari Bolasport.

Sebenarnya PSPS Pekanbaru bukan klub pertama yang ingin bermain di Liga Singapura. Pada tahun 2015 lalu, Arema FC pun ingin bermain disana. Pasalnya, saat itu liga Indonesia terhenti akibat perseteruan antara PSSI dengan Menpora.

Namun rencana Arema itu tak benar-benar terjadi. Pasalnya, mereka kini masih bermain di Indonesia bahkan sempat menjuarai Piala Presiden 2017 lalu.

Selain Arema, Sriwijaya FC juga berniat untuk pindah ke Singapura. Sama dengan PSPS, jarak Palembang yang berada di pulau Sumatera itu tak jauh dengan Singapura. Selain itu mereka juga sudah mendapatkan suara dari Hougang United yang notabene merupakan kontestan S.League.

Klub Liga Nusantara, PS Batam juga pernah diwacanakan untuk bermain di Liga Singapura, bahkan sempat menjadi misi yang diusung oleh Asman Abnur,Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang pada tahun 2001 lalu ketika dirinya menjabat sebagai ketua umum PS Batam.

Uniknya, ketika ada force majeure liga yang terjadi pada tahun 2015 lalu akibat perseteruan antara PSSI dan Menpora sempat membuat Persipura ingin meninggalkan Indonesai dengan bermain di Liga Vanatu yang notabene merupakan negara di kepulauan Samudra Pasifik bagian selatan.

Padahal, Persipura merupakan tim langganan juara Indonesia Super League (ISL), untunglah keputusan untuk pindah tidak terjadi dan hingga kini mereka masih bermain di Indonesia, bahkan pada tahun 2016 lalu, mereka juara ISC A 2016.

Baca juga
Galeri Foto Kejuaraan MTB XC

  • facebook share

RELATED NEWS

Kontroversi Main di Luar Negeri

Kontroversi Main di Luar Negeri

FOOTBALL
Kata Aji Santoso Soal Persela

Kata Aji Santoso Soal Persela

FOOTBALL
Buffon Raih Penghargaan

Buffon Raih Penghargaan

FOOTBALL
Kumpulan Model Rambut Paul Pogba

Kumpulan Model Rambut Paul Pogba

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company