Pentingkah Melakukan Overhaul untuk Mesin Mobil Balap?

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 29 November 2017

Seberapa Penting Overhaul Mesin Balap?

SPORTKU.COM

Demi mendukung performa mobil di atas lintasan, perawatan juga harus tetap dilakukan untuk jeroan mesin. Salah satunya adalah overhaul.

Penggunaan mesin yang ekstra saat menjalani balapan memang terbilang ekstrem. Mesin selalu dipaksa untuk berada pada torsi dan kemampuan maksimum. Ini bertujuan untuk menjaga posisi saat balapan serta untuk menciptakan gap yang cukup jauh serta meninggalkan lawan yang ada di belakang. Sebagai salah satu faktor yang ikut berkontribusi performa mesin, mekanik pun menganjurkan untuk melakukan overhaul pada mesin mobil balap tersebut.

Wie Wie Rianto, mekanik dari R Speed coba menjelaskan seberapa penting peranan over haul dalam menjaga performa mesin balap. Menurut mekanik bertubuh gemuk ini, melakukan overhaul mesin mobil balap terhitung sangat penting.

"Kalau seberapa penting mesin mobil balap di overhaul? Ya pentinglah. Karena kan mesinnya selama balap itu kan maksimal terus, sedangkan mesin itu ada waktu dan lifetime-nya, jadi kita mesti ngecek setelah balap," buka Wie Wie di sela-sela gelaran ISSOM, akhir pekan lalu (26/11).

Baca juga:
BALAP FORMULA 4 SEA, SIRKUIT BURIRAM GANTIKAN SENTUL

Untuk perihal periodiknya, sepeti mobil pada umumnya yang melakukan service berkala. Biasanya, overhaul tersebut dilakukan dengan penentuan mengenai waktunya, bisa setelah menjalani dua seri atau tiga seri balapan. "Biasanya kita tentuinlah berapa seri, mungkin dua seri, tiga seri atau empat seri, kita bongkar dan kita cek gardannya, girboksnya. Kalau tidak ada masalah kita pasang lagi, dan kalau ada masalah baru kita ganti," tambah Wie Wie.

Dalam melakukan pengecekan mesin tersebut biasanya harus melihat seberapa besar kapasitas tenaga yang dihasilkan. Kalau mesin yang melakukan upgrade besar-besaran, maka bukan tidak mungkin dalam satu kali balapan atau dua kali balapan mesin tersebut harus sudah memberlakukan overhaul.

"Tergantung dari mesinnya, maksudnya kalau mesinnya semakin besar horsepowernya, maka bisa jadi satu atau dua kali balapan langsung overhaul. Contohnya, Honda Jazz 120 HP terus kita bikin 200 HP, itu kan sudah hampir satu kali lipat, berarti itu mesinnya dipaksain. Barangkali bisa satu seri atau dua seri dibongkar," beber mekanik andalan ini.

Adapun pengertian overhaul itu sendiri adalah untuk refreshment atau penyegaran mesin mobil. Apabila pebalap atau mekanik tidak memberlakukan overhaul tersebut, maka bukan tidak mungkin ada tenaga yang menyusut dari bagian jantung pacu kendaraan tersebut.

Dalam pemeriksaan itu pun meliputi beberapa jeroan mesin seperti kondisi metal, piston dan ring piston, serta valve. Dari beberapa cabang balap yang sering ditangani oleh Wie Wie, slalom, touring dan reli, maka balap reli menjadi langganan overhaul, pasalnya kinerja mesin saat balap reli sangat ekstrem dibandingkan cabang balap lainnya.

Wie Wie Rianto, punggawa workshop R Speed

rally-of-celebes-2017-598639a12eb2571.png

  • facebook share

RELATED NEWS

Proyek Balas Dendam Erwin Mancha

Proyek Balas Dendam Erwin Mancha

SPRINT RALLY
Batara Michdar: Unexpected Result!

Batara Michdar: Unexpected Result!

SPEED RALLY
Ryan Nirwan: Dream Come True

Ryan Nirwan: Dream Come True

SPEED RALLY
Cerita Pebalap Soal Kejurnas Rally

Cerita Pebalap Soal Kejurnas Rally

SPEED RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company