Sempat Terjatuh, Gerry Salim Start Terdepan di Grand Final ARRC Thailand

Text : Suhartono | Photo / Video : AHRT | 1 December 2017

SPORTKU.COM

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim, selangkah lagi jadi Juara Umum Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017.

Gerry Salim akan tampil dari baris terdepan atau grid ke-3 pada grand final ARRC 2017 di Sirkuit Chang Buriram, Thailand pada akhir pekan ini. Pebalap asal Surabaya, Jawa Timur ini siap mencetak sejarah baru bagi bangsa Indonesia dengan merebut gelar juara ARRC 2017 di Kelas Asia Production 250cc (AP250).

Peluang Gerry Salim untuk menjadi juara umum memang terbuka sangat lebar. Memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 186 poin membuat Gerry Salim terpaut jauh meninggalkan lawan terdekatnya dengan selisih 38 poin. Namun Gerry Salim tetap berjuang habis-habisan mencetak catatan waktu terbaik pada sesi kualifikasi untuk menghadapi 33 pebalap Asia lainnya.

Babak kualifikasi diselesaikan dengan penuh perjuangan oleh Gerry Salim. Gerry Salim mulai mencatatkan waktu yang kompetitif sejak lap ke-2 dengan catatan waktu 1menit 55.356detik. Gerry Salim sempat terhenti balapan karena terjatuh saat memasuki tikungan pertama lap ke-3.

Posisinya sempat turun drastis ke posisi 12. Tim mekanik AHRT pun bergerak cepat berpacu dengan waktu saat melakukan setting ulang motor Honda CBR250RR bernomor 31. Hingga akhirnya Gerry Salim dapat melanjutkan aksinya pada 8menit terakhir sebelum kualifikasi berakhir. Gerry Salim langsung memacu motor balapnya sekencang mungkin untuk meningkatkan catatan waktunya. Gerry Salim akhirnya menyelesaikan kualifikasi di posisi ke-3 dengan catatan waktu 1menit 54.200detik.

Baca Juga
Azlan Shah Berpeluang Juara Umum Supersport 600, Zaqwan Zaidi Tampil Buruk di Kualifikasi

Sedangkan rekan setimnya Rheza Danica Ahrens berada di posisi ke-4 dengan catatan waktu 1menit 54.263detik. Pebalap AHRT lainnya Awhin Sanjaya harus berjuang cukup keras. Sebab dirinya akan memulai balapan dari grid 11.

Berdasarkan simulasi perhitungan poin dibandingkan lawan balap terdekatnya dari Thailand dan Jepang pada seri terakhir di Buriram, Gerry Salim harus merebut 13 poin atau minimal finish pada posisi ke-4 pada Race 1 untuk mengunci gelar juara Asia pertama kalinya untuk Indonesia di Kelas AP250.

"Saya melakukan kesalahan sehingga highside di tikungan pertama yang menyebabkan saya harus masuk pit cukup lama, sehingga saya kehilangan cukup banyak waktu dan pada akhirnya hanya bisa mendapatkan 3 lap setelah keluar pit.
Selebihnya saya sudah mendapatkan settingan yang baik untuk motor saya," ujar Gerry Salim.

"Saya sudah mendapatkan setting motor yang mumpuni dan juga sudah mengenal track cukup baik setelah melewati 3 sesi latihan bebas. Hanya saja pebalap di depan saya merupakan tuan rumah yang sudah mengenal lebih dalam seluk beluk dari lintasan ini. Saya akan mengerahkan seluruh kemampuan saya untuk race 1 besok, doakan saya bisa memberikan podium untuk Indonesia di seri akhir ARRC ini," tutup Rheza Danica.

Baca Juga
Tugas Berat Ahmad Saugi Harus Pertahankan Tradisi Juara Umum SAC
Tampines Rovers, Lawan Pertama Bali United di Asia

  • facebook share

RELATED NEWS

Vinales Jajal Sirkuit Kyalami

Vinales Jajal Sirkuit Kyalami

MOTOGP
Rossi Bukan Legenda MotoGP

Rossi Bukan Legenda MotoGP

MOTOGP
Bayliss Kembali Balapan Bersama Ducati

Bayliss Kembali Balapan Bersama Ducati

ROAD RACE
Ungkap Sosok Pacar Dovizioso

Ungkap Sosok Pacar Dovizioso

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company