Rahasia Kesaktian Manchester City Musim Ini

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 2 December 2017

Rahasia Kesaktian City Musim Ini

SPORTKU.COM

Manchester City belum terkalahkan di ajang apapun sejauh ini di musim 2017/2018. Apa rahasianya?

Manchester City mengejutkan dunia sepak bola di musim 2017/2018 kali ini. Pasalnya, anak asuh Pep Guardiola belum terkalahkan di tiga ajang yang mereka ikuti sejauh ini.

Di ajang Liga Primer Inggris, City sejauh ini kokoh di puncak klasemen dengan raihan 40 poin hasil dari 13 kali menang dan sekali imbang dalam 14 laga yang mereka ikuti. Tak hanya itu, The Citizens juga untuk sementara menjadi tim yang paling subur di kompetisi tertinggi Inggris itu dengan raihan 44 gol.

Di ajang Liga Champions, City pun sukses tak terkalahkan. Bergabung di Grup F bersama Shaktar, Napoli dan Feyenoord, klub yang berasal dari Kota Manchester itu sukses sapu bersih lima kemenangan beruntun. Bahkan mereka sudah lolos ke babak 16 besar meski masih menyisahkan satu laga lagi.

Sementara di ajang Piala Liga Inggris, mereka sudah sukses melaju hingga babak quarter final usai mengalahkan Wolves di babak keempat dan West Brom Albiol di babak ketiga.

Tentu semua bertanya-tanya. Apa sebenarnya rahasia di balik kehebatan City yang sampai awal Bulan Desember 2017 belum terkalahkan, berikut analisanya:

Kesuksesan di Bursa Transfer

Ederson (Sport ilustrated)
manchester-city-logo-sbnation--33821a644ce0a0e.jpg

Musim ini City masuk dalam jajaran tim yang paling boros dalam mengeluarkan biaya demi mendatangkan pemain incaran. Dikutip dari Transfermakrt, The Citizens tercatat mengeluarkan biaya sebesar 224 juta euro atau sekitar Rp3,88 triliun untuk membeli 7 pemain baru.

Adapun ke-7 pemain yang didatangkan adalah, Benjamin Mendy (AS Monaco),Kyle Walker (Tottenham Hotspur), Bernardo Silva (AS Monaco ),Ederson (Benfica) Danilo (Real Madrid),Douglas Luiz (Vasco da Gama) dan Olarenwaju Kayode (Austria Vienna).

Selain Luiz dan Kayode yang langsung dipinjamkan ke Girona, pemain lainya langsung nyetel dengan taktik dan skema yang dibuat oleh Guardiola dengan menjadi andalan utama. Hanya Mendy saja yang baru dimainkan dalam lima laga, itu pun karena cedera yang menimpanya.

Ederson misalnya, Kiper yang kini menjelma sebagai kiper termahal di dunia dengan nilai transfer sebesar 36 juta Euro atau sekitar Rp635 Miliar itu dianggap sebagai solusi lini belakang yang jitu. Pasalnya, dari 19 laga yang ia jalani, gawang City hanya kebobolan 10 gol saja, bahkan di ajang Liga Primer, mantan kiper Benfica itu baru kebobolan 7 gol saja.

Selain Ederson, pemain seperti Bernardo Silva, Kyle Walker, dan Danilo juga dapat dikatakan memiliki kontribusi di balik penampilan gemilan City musim ini.

Baca juga
Hafiz/Gloria Capai Semifinal Korea Master

Variasi Taktik Guardiola

Guardiola (The Independent)
manchester-city-logo-sbnation--35797f23d2b8fc9.jpg

Guardiola dapat dikatakan sebagai salah satu pelatih cerdas di dunia. Tak heran bila City di musim ini tampil luar biasa meski di musim lalu kebalikannya.

Kecerdasan Guardiola di musim ini adalah soal variasi taktik yang digunakan olehnnya. Si awal musim, Ia menggunakan taktik 3-1-4-2. Kemudian ia sempat mencoba skema 4-1-4-1 usai ditahan imbang Everton, taktik 4-1-4-1 menjadi yang paling sering digunakan oleh Pep sejaih ini.

Kemudian, dalam berapa laga, Guardiola juga sering terlihat mengunakan skema 4-3-3 yang memiliki variasi taktik menjadi 4-2-3-1.

Barangkali banyaknya variasi yang dilakukan oleh Guardiola adalah melimpahnya pemain berbakat di City yang bisa bermain di banyak tempat. Sebagai contoh, Fabian Delph yang posisi aslinya sebagai gelandang bertahan, kini bisa dimainkan di posisi bek sayap kiri.

Kebangkitan Sterling

Raheem Sterling (Daily Mirror)
manchester-city-logo-sbnation--289019e96444046.jpg

Dapat dikatakan bahwa Raheem Sterling tengah menjalani musim terbaiknya selama memperkuat City. Pasalnya, mantan pemain Liverpool ini untuk sementara tercatat sebagai top skor klub dengan raihan 13 gol dari 19 laga di semua ajang. Ia mengungguli Aguero yang baru mencetak 11 gol sejauh ini.

Musim lalu, Sterling hanya sanggup mencetak 10 gol dari 47 pertandingan. Sehingga apa yang ditunjukan dirinya tersebut adalah peningkatan kemampuan secara signifikan.

Banyak yang mengatakan bahwa meningkatnya ketajaman Sterling adalah berkat jasa Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu sukses menyulap pemain andalan Timnas Inggris yang sebelumnya hanya unggul dalam kecepatan berlari menjadi predator haus gol.

Akankah Berlanjut?

Keajaiban yang ditunjukan oleh City sejauh ini tentu menjadi beban tersendiri bagi punggawanya untuk bisa konsisten. Bahkan sudah banyak tim yang mengantri untuk bisa mematahkan trend positif mereka.

Pertanyaannya, sampai kapan hal ini akan berlanjut? Akankah hasil ini menjamin City akan menjadi juara di akhir musim? Jawabannya tentu akan diketahui sejalur dengan kiprah mereka di musim ini.

Baca juga
Perjuangan Jerman Samai Catatan Brasil

  • facebook share

RELATED NEWS

Keuntungan Indonesia Melawan Islandia

Keuntungan Indonesia Melawan Islandia

TOPIC OF THE WEEK
Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

TOPIC OF THE WEEK
Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

TOPIC OF THE WEEK
Integritas Felipe Massa

Integritas Felipe Massa

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company