Tom Dumoulin Belum Ungkap Targetnya di Musim 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 2 December 2017

Dumoulin Belum Ungkap Targetnya

SPORTKU.COM

Tom Dumoulin berpose dengan trofi Infinito Giro d'Italia setelah presentasi resmi rute Giro 2018 di Milan beberapa waktu lalu.

Namun rider asal Belanda itu menolak untuk mengungkapkan targetnya di Grand Tour musim depan ataupun memastikan akan kembali ke Corsa Rosa pada bulan Mei mendatang sekaligus mempertahankan kemenangannya di tahun 2017.

"Kami memiliki presentasi tim pada 5 Januari dan kami akan mengumumkan program kami saat itu. Kami sudah cukup banyak membuat keputusan, namun juga memberi kesempatan kepada kami untuk memiliki satu bulan lagi yang membingungkan dan menghadapinya. Kami sekarang telah melihat keseluruhan lintasan Giro. Kami akan melakukan review dan kemudian mengumumkannya pada bulan Januari," kata Dumoulin.

Baca juga:
BERSEPEDA DAN BERWISATA DI PULAU BANGKA

Dumoulin mengakui, jalannya Giro edisi ke-101 begitu menggoda karena time trial berjarak 44,2 kilometer. Namun, seperti halnya rute Tour de France, Dumoulin menginginkan yang lebih.

"Tentu saja, di Italia menggoda saya. Saya mencintai negara ini. Jadi sangat sulit untuk mengatakan “tidak” pada Giro," kata Dumoulin yang hati-hati memilih kata-katanya untuk menghormati perlombaan.

"Lintasannya bagus. Ini adalah perpaduan yang bagus dari segalanya. Tapi itu tidak sempurna untuk saya. Saya akan lebih menyukai time trial. Tapi saya bisa mengerti penyelenggara lomba. Mereka ingin memiliki balapan yang menarik dimana setiap orang bisa menang.

"Mereka menciptakan jalur semacam itu dan Tour pun demikian. Saya tidak bisa mengatakan bahwa Tour dan Giro sangat cocok untuk saya. Giro tidak sempurna bagi saya karena kurang waktu tempuh kilometer. Itu sama dengan Tour. Sulit untuk mengatakan mana yang paling cocok untukku," urainya lagi.

Memang cukup logis bagi Dumoulin dan Team Sunweb untuk maju pada tahun 2018 dan menargetkan Tour de France, setelah kemenangannya yang mengesankan di Giro d'Italia, di depan Nairo Quintana dan Vincenzo Nibali.

Namun, Dumoulin mengatakan bahwa dia menentukan tujuan musimnya dengan logika yang murni.

"Saya pergi ke mana pun yang saya pikir saya memiliki kesempatan terbaik untuk menang," katanya.

"Saya tidak perlu merasa, bahwa dengan Froome melakukan Giro, kesempatan saya di Tour lebih tinggi. Belum tentu saat yang tepat bagi saya untuk pergi ke Tour setelah memenangkan Giro," jelasnya.

"Saya suka Giro tahun lalu dan saya akan suka jika saya melakukannya lagi tahun depan. Saya tidak akan mengatakan sekarang bahwa Tour tahun depan adalah untuk saya.

"Froome menunjukkan bahwa dia berada dalam bentuk yang lebih baik lagi di Vuelta daripada di Tour. Jadi Anda tidak akan pernah tahu dengannya. Tapi saya tidak melihat pebalap lain yang membuat keputusan tentang jenis balapan apapun."

Dumoulin, seperti Nibali, Aru, dan kebanyakan orang di studio televisi yang menyelenggarakan presentasi rute Giro d'Italia, tampaknya agak terkejut saat Froome menegaskan bahwa dia akan menargetkan Giro-Tour dua kali pada musim panas mendatang dan mencoba untuk memperpanjang perjalanan Grand Tour-nya dengan kemenangan di 2018.

"Dia mungkin bisa memenangkan empat Grand Tour berturut-turut. Tapi kita akan tahu apakah dia bisa melakukannya," kata Dumoulin.

"Ini menantang. Tapi dia memiliki beberapa tantangan besar di masa lalu dan dia menunjukkan bahwa dia adalah pebalap GC terbaik saat ini. Jika ada yang bisa melakukannya, saya pikir itu Froome. Semoga sukses baginya," pungkas Dumoulin.

Baca juga:
KEKELUARGAAN JADI POIN PENTING DALAM BALAPAN MBCIRC


Tom Dumoulin di acara presentasi resmi rute Giro 2018 (Foto: Getty Images Sport)
dumoulin-tetap-targetkan-grand-25376442803b8cb.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Chris Froome Terindikasi Doping

Chris Froome Terindikasi Doping

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

RIDER
Pinot Tergoda Giro dan Tour

Pinot Tergoda Giro dan Tour

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company