5 Fakta Menarik Tentang Formula E

Text : Harsya Fikmazi | 3 December 2017

SPORTKU.COM

Selain Formula 1, ajang Formula E juga diprediksi akan mendulang keberhasilan. Barikut kami rangkum 5 Fakta menarik tentang Formula E

Di awal kemunculannya, ajang balap mobil listrik atau Formula E memang tidak semeriah ajang balap Formula 1 yang saat ini sudah sangat booming. Namun ada beberapa hal menarik di balik penyelenggaraannya. Berikut kami rangkum dalam 5 fakta menarik tentang ajang balap mobil listrik tersebut.

1. Mobil Balap Menggunakan Motor Listrik
Berbeda dengan ajang balap Formula 1 yang menggunakan mesin berperforma tinggi, ajang balap Formula E lebih mengandalkan tenaga motor listrik sebagai penyuplai utamanya. Jika Anda baru pertama kali menonton atau menyaksikan ajang balap ini, mungkin terlihat bosan dan tidak penuh dengan adrenalin. Pantas saja jika Anda memiliki pandangan seperti itu, pasalnya suara mesin yang dihasilkan tidak akan memekakan telinga seperti mobil Formula 1. Mobil balap Formula E ini dimotori oleh dinamo listrik yang memiliki kapasitas tenaga tidak jauh berbeda dengan balapan lainnya. Kendati demikian, ajang balap ini merupakan tontonan menarik dengan persaingan sengit dan perang teknologi listrik di masa depan.

2. Sirkuit Jalan Raya
Kebanyakan balapan memang diselenggarakan di dalam lintasan sirkuit sungguhan. Namun di Formula E, sirkuit jalan raya pun bisa disulap untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap ini. Seperti di Hongkong dan New York, penyelenggara lebih memusatkan balapan di jalan raya tengah kota. Karena balapan ini tidak begitu menghasilkan suara yang bising, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar. Di samping itu, seperti tujuan awalnya, balapan ini pun tidak menghasilkan populasi udara seperti balapan lain. Bahkan, kehadiran balap ini di tengah kota juga sebagai daya tarik dan ajang pemasaran sendiri bagi balap Formula E.

3. Aerodinamika Mobil Formula E
Sama seperti namanya yakni ajang balap Formula. Dalam balapan Formula E desain mobil juga dibuat sedemikian rupa agar aerodinamika mobil berfungsi dengan baik. Jika sekilas memang sangat mirip dengan mobil Formula 1, namun untuk bagian depan sendiri mobil Formula E terlihat lebih lebar dan lebih mengangkang sehingga mampu mendapatkan asupan angin serta aerdinamis yang sangat besar.

4. Sistem Balapan Formula E
Dalam balapan Formula E, penyelenggara tidak hanya melakukan sesi latihan bebas dan kualifikasi seperti Formula 1. Berbeda dengan itu, di Formula E sebelum balapan dimulai pebalap dan tim harus menyiapkan mobilnya untuk mengikuti rentetan aktivitas seperti dua sesi latihan bebas, kualifikasi, superpole, baru berlanjut ke balapan. Yang jadi pembeda adalah adanya superpole yang diberlakukan oleh penyelenggara. Di samping itu, balapannya pun akan digelar dua kali putaran.

5. Pebalap
Meski balapan terbilang baru, namun nama-nama pebalap yang ikut berpartisipasi di dalamnya juga merupakan wajah-wajah lama. Sebut saja Sebastien Buemi, ia adalah mantan pebalap Formula 1 yang pernah bernaung di bawah Scuderia Toro Rosso dan Red Bull Racing. Selain Sebastien Buemi, nama lain yang juga tak asing bagi kalangan penggemar balap adalah Sam Bird. Pebalap ini pernah mencicipi Formula 1 dengan menjadi pebalap test bagi Mercedes saat pengetesan di Abu Dhabi beberapa waktu lalu. Selain itu, Sam Bird, juga tercatat sebagai pebalap yang berkiprah di ajang World Endurace Championship.

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company