9 Pelopor Balap Sepeda Wanita di Dunia (2)

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bikeradar | 5 December 2017

Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

SPORTKU.COM

Inilah para wanita yang telah membuat perbedaan pada olahraga balap sepeda, dari Hélène Dutrieu hingga Tracey Gaudry.

5. Beryl Burton
Burton adalah kekuatan baik di trek dan jalan raya serta dianggap sebagai pebalap sepeda wanita Inggris yang paling sukses yang pernah ada. Selama karirnya, dia memenangkan dua gelar juara dunia dalam balapan jalan raya dan lima kali juara individual di trek, serta meraih delapan podium untuk medali perak dan perunggu. Dominan, khususnya di track, antara tahun 1959 hingga 1973, dia hanya sekali hilang dari podium.

Pada tahun 1967, Burton mencatat rekor 12jam, mengalahkan waktu terbaik sebelumnya. Terlepas dari kesuksesannya, Burton tidak pernah menjadi pebalap profesional dan tetap menjadi amatir sepanjang karirnya.

Baca juga
Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

6. Eileen Gray
Gray tergolong orang yang terlambat untuk bersepeda. Tapi dia memutuskan untuk melakukannya dengan hasil yang dia dapatkan dari olahraga ini.

Lahir pada tahun 1920, Gray menemukan olahraga bersepeda selama Perang Dunia II karena jalur kereta api yang rusak dan memaksanya untuk bepergian dengan sepeda. Setelah perang berakhir, Gray dan dua orang lainnya diundang untuk ikut serta dalam sebuah event track di Denmark, di mana mereka mengalahkan pebalap tuan rumah, yang kemudian ditemukan sebagai anggota rombongan teater.

Gray berjuang keras untuk mendapatkan pengakuan atas olahraga bersepeda wanita. Pertunjukannya dan rekan setimnya membantu meyakinkan promotor perlombaan Prancis untuk menjadi tuan rumah Tour de France Feminine yang berlangsung selama lima hari.

Antara tahun 1976 sampai 1986, Gray menjabat sebagai presiden Federasi Bersepeda Inggris dan dia berperan penting dalam masuknya acara perlombaan jalan raya wanita di Olimpiade 1984. Dia dilantik menjadi British Cycling Hall of Fame pada tahun 2010.

7. Connie Carpenter-Phinney
Setelah Gray membantu wanita untuk dilombakan di Olimpiade, Carpenter-Phinney membuat sejarah dengan menjadi yang wanita pertama memenangkan acara peresmian di Los Angeles pada tahun 1984. Carpenter-Phinney melaju kencang dan mengalahkan rekan setimnya, Rebecca Twigg, dan meraih gelar. Sementara Sandra Schumacher meraih perunggu. Dia segera pensiun dari bersepeda keesokan harinya.

Sebagai remaja, Carpenter-Phinney mendapatkan pengalaman pertamanya dari Olimpiade yang bersaing dalam acara skating kecepatan di Olimpiade Musim Dingin 1972. Sebagai juara nasional road dua kali, dia juga menemukan kesuksesan dengan meraih gelar juara dunia dalam nomor individu pada tahun 1983. Carpenter-Phinney adalah ibu dari pebalap BMC, Taylor Phinney.

Baca juga
Catatan Manis Yamaha Indonesia

8. Anne-Caroline Chausson
Chausson adalah salah satu rider sepeda wanita paling sukses sepanjang sejarah olahraga dengan 13 gelar juara dunia dalam sembilan musim di nomor downhill, dual slalom, dan four-cross (SX). Dia juga memegang gelar juara BMX pada penampilan pertamanya di Olimpiade tahun 2008.

Chausson memulai karirnya di BMX. Namun ia beralih ke sepeda gunung (MTB) pada tahun 1993 dan memenangkan gelar juara dunia DH pada tahun yang sama. Dia memenangkan gelar juara senior pertamanya pada tahun 1996.

Setelah lebih dari 14 musim menggeluti genre MTB, Chausson kembali ke BMX dalam perburuan medali Olimpiade. Setelah misinya tercapai, dia memulai petualangan baru di MTB enduro dimana dia meraih kemenangan di babak 1 pada tahun 2015.

9. Tracey Gaudry
Karir bersepeda Gaudry adalah meraih juara pada dua balapan nasional road Australia, satu kali gelar di time trial. Dia juga dua kali bersaing di Olimpiade. Namun, inilah karirnya sejak pensiun dari persaingan.

Setelah menjadi ketua Konfederasi Bersepeda Oseania, mantan pebalap ini kemudian terpilih menjadi salah satu dari tiga wakil presiden UCI pada 2013. Ini adalah pertama kalinya seorang wanita yang memangku jabatan tersebut, sehingga membuatnya menjadi wanita terkuat dalam bersepeda. Gaudry adalah presiden komisi wanita UCI dan berperan penting dalam pembentukan WorldTour wanita.

Tokoh lainnya
Ada banyak yang tidak masuk daftar ini tapi mereka turut menumbuhkan olahraga bersepeda wanita. Mereka adalah Rebecca Twigg, Marianne Vos, Gunn-Rita Dahle Flesjå, Missy Giove, Emma Pooley, Hanka Kupfernagel, Karen Kurreck, Sarah Storey, Nicole Cooke, Monique Knol, Kathy Watt, Kristy Scrymgeour, Rachel Atherton dan Rochelle Gilmore.

Anne-Caroline Chausson (Getty Images)

9-pelopor-balap-sepeda-175577aedf474d3.jpg 

Baca juga:
YT INDUSTRIES DAN CAM ZINK “BERCERAI”?

Baca juga:
PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN EMPAT VENUE UNTUK ASIAN GAMES 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Bikeradar | 5 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Jungels Menangkan Liege-Bastogne-Liege

Jungels Menangkan Liege-Bastogne-Liege

RIDER
Kemenangan Terbesar Pinot

Kemenangan Terbesar Pinot

RIDER
Tour Alpen 2018

Tour Alpen 2018

RIDER
Froome Berlomba di Italia

Froome Berlomba di Italia

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company