MTB ini Gunakan Top Tube sebagai Shock Belakang

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Resistance Bikes, Resistance Bikes | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Mbr | 4 December 2017

MTB Shock Belakang Unik

SPORTKU.COM

Sepeda karbon asal Kanada ini mengintegrasikan suspensi belakang pada top tube-nya. Hal itu membuat MTB ini pun tampil beda.

Belum banyak informasi yang tersedia tentang peralatan yang menarik ini dan bahkan belum tersedia untuk dipesan.

Kali ini, gearbox dari Effibox bukanlah menjadi hal yang menarik dari sepeda ini. Hal yang mencolok dari MTB Resistance Insolent adalah bagian shock belakangnya yang tidak menggunakan komponen dengan baut, seperti biasanya. Top tube Insolent memiliki fungsi ganda, yakni juga sebagai shock belakang.

Komponen yang digunakan bukan shock belakang aftermarket standar, yang disembunyikan di dalam frame, seperti sepeda ala Bold Cycles Linkin. Poros shock tampak seperti stanchion (kaki fork) yang dimodifikasi dari fork downhill Fox 40 triple crown. Shock masuk ke dalam selongsong logam yang berada di dalam top tube yang berbahan serat karbon.

Desain tersebut memang tidak mengungkapkan bagaimana 'keberanian' suspensi belakang Insolent secara signifikan, yang lebih besar daripada shock belakang biasanya.

Pada dasarnya ini adalah kaki Fox 40 yang menjadi suspensi belakang dan mungkin memiliki beberapa keuntungan dalam beberap ahal, diantaranya pemakaian seal, konsistensi dan beberapa hal lainnya.

Lantas mengapa membuat top tube menjadi shock belakang? Tidak diragukan lagi, di sini ada sedikit konsep "karena kita bisa". Para desainer MTB ini tidak membuat sesuatu dengan tampilan yang menarik, melainkan dari sudut pandang kinerja.

Perancang sepeda ini telah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam beberapa tahun terakhir untuk melepaskan shock belakang, menjadi bagian struktural dari frame. Mungkin itu sebabnya model MTB ini disebut Insolent.

"Struktur terpadu dari frame Resistance Bikes mengurangi jumlah bahan yang dibutuhkan untuk mencapai kekakuan (stiffness) yang memuaskan," demikian penjelasan Resistance Bikes. Dan mungkin kata kunci yang sesuai untuk MTB ini adalah "memuaskan", bukan "tak tertandingi".

Resistance Bikes sendiri berasal dari Quebec, Kanada, bukan Prancis seperti yang dikira oleh banyak orang. Orang di balik rancangan MTB ini adalah Jean-François Boivin. Boivin adalah lulusan mekanik Ecole Polytechnique de Montréal yang bekerja sebagai mekanik enginner selama beberapa tahun, sebelum memulai Resistance Bikes pada tahun 2014. Dia juga bekerja di Labyrinth Bikes untuk sementara waktu. 

Baca juga:
ROBERT GESINK BERSIAP HADAPI TOUR DOWN UNDER

Baca juga:
GATTUSO LAYAK LATIH AC MILAN?

Shock belakang menggunakan kaki fork downhill

mtb-resistance-insolent-resistance-21748d906eb500a.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

 Hadiah Akhir Tahun Technobike

Hadiah Akhir Tahun Technobike

BUSINESS & TECHNOLOGY
Wheelset Eks Rampage Dilelang

Wheelset Eks Rampage Dilelang

BUSINESS & TECHNOLOGY
Specialized Gelar Program Spesial

Specialized Gelar Program Spesial

BUSINESS & TECHNOLOGY
Juventus Tingkatkan Pasar Asia-Australia

Juventus Tingkatkan Pasar Asia-Australia

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company