9 Tip Jitu Balapan XC di Lintasan Basah

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna,Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 4 December 2017

Tips XC di Track Basah

SPORTKU.COM

Cuaca atau kondisi lintasan adalah hal penting yang perlu diperhatikan para rider saat berlomba sepeda gunung, termasuk Cross Country (XC).

Pasalnya, cuaca atau kondisi lintasan (basah/kering) dapat mempengaruhi performa rider yang berlomba.

Menurut salah satu pelatih nasional MTB, Oki Raspati, yang ditemui di ajang MTB XC Race Piala Bupati Tangerang beberapa waktu lalu, pada kondisi lintasan basah atau cuaca hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diantisipasi oleh pebalap agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal atau bahkan podium.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan diantisipasi:

1. Ban
Penggunaan ban perlu diperhatikan oleh pebalap mengingat ban memiliki karakter masing-masing - kering dan basah. Saat berlomba di lintasan yang basah atau dalam kondisi hujan, maka rider disarankan untuk menggunakan ban tipe basah pula.

Ban basah, menurut Oki, memiliki profil atau knop yang lebih jarang atau lebar dan memiliki ukuran knob yang lebih tinggi dari ban kering. Ukuran ban basah pun biasanya lebih kecil dari ban kering, yakni antara 1,95 hingga 2,00inci. Ban basah yang terdapat di pasaran misalnya, Maxxis Beaver atau Schwalbe Dirty Dan.

2. Rantai
Sebelum berlomba, lumasi dengan minyak tipe basah (wet) agar rantai tetap “lentur”.

Bagi mereka yang menggunakan drivetrain (crank) tipe single chainring memang tidak ada masalah dengan rantai yang lepas. Tapi bagi yang menggunakan tipe double atau triple chainring bisa sebaliknya.

Oki menyarankan, bagi pengguna crank double atau triple chainring dapat memasang “alat” dari zip tie yang besar, dan dipasang di area crank. Itu ditujukan untuk menahan rantai agar tidak naik ke atas atau terlepas.

Baca juga:
CAMPAGNOLO PRODUKSI JAM TANGAN DAN SISTEM E-BIKE?

3. Jersey
Saat berlomba dalam kondisi basah, rider disarankan mengenakan jersey body fit dan memiliki kualitas bahan yang baik pula. Hal itu bisa membuat jersey lebih cepat kering dan tetap nyaman dikenakan selama berlomba.

4. Sepatu
Lintasan yang basah tentu membuat track menjadi licin. Untuk itu, rider disarankan untuk memasang spike (seperti pool pada sepatu bola) di bagian depan sepatu. Hal itu bisa sangat membantu rider bisa tetap berlari atau bergerak cepat saat harus turun dari sepeda atau terjatuh.

5. Glove
Untuk kelengkapan yang satu ini, Oki menyarankan untuk menggunakan glove (sarung tangan) tipe full finger) menutup seluruh jari tangan.

6. Kacamata
Rider sebaiknya mengenakan kacamata dengan lensa bening atau warna cerah (kuning). Ini sangat bermanfaat untuk menghalangi cipratan tanah atau lumpur ke wajah, terutama saat start dimana para pebalap masih dalam kondisi berdekatan satu sama lain.

Rider dimungkinkan untuk melepas kacamata ketika kondisi race sudah dalam kondisi terpisah dari rombongan besar atau jarak antar rider relatif jauh.

Dalam konteks ini, para rider profesional biasanya menyiapkan beberapa kacamata. Mereka akan menggantinya dengan yang baru bila kacamata yang digunakan sudah kotor akibat tertutup cipratan tanah atau lumpur.

7. Fender
Fender (sepatbor) bisa digunakan untuk mengurangi cipratan air atau tanah.

8. Pemilihan Lintasan
Rider perlu memilih track atau lintasan yang baik. Jika tidak, pada lintasan yang mungkin terlihat datar sekalipun, bisa terjatuh. Contohnya, pilihlah lintasan yang ditumbuhi rerumputan dibanding yang 'polos'.

9. Tekanan Ban
Tekanan udara pada ban juga perlu diperhatikan. Dalam kondisi basah, tekanan udara ban, menurut pelatih asal Bandung itu, adalah 20 hingga 25psi, tergantung dari bobot tubuh masing-masing rider. 

Baca juga:
SIRKUIT SENTUL AKAN BERBENAH DIRI

Oki Raspati, pelatih timnas MTB 

tip-balapan-xc-di-807348fe23fb6f8.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tip Membersihkan MTB

Tip Membersihkan MTB

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company