Thibaut Pinot Tergoda Giro d'Italia dan Tour de France 2018

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 5 December 2017

Pinot Tergoda Giro dan Tour

SPORTKU.COM

Pasca dirilisnya rute Giro d'Italia 2018, Thibaut Pinot mengatakan bahwa ia ingin kembali ke Grand Tour di Italia musim depan.

Pinot mengisyaratkan bahwa ia juga bisa bergabung dengan Chris Froome untuk mendukungnya di Tour de France, sebelum menargetkan Kejuaraan Dunia pada bulan September.

Pinot melakukan debutnya di Giro musim lalu dan finish di urutan keempat klasemen umum, hanya 37detik dari podium. Lintasan time trial yang mendaki dan waktu tempuh yang berat telah menarik perhatian Pinot. Rider asal Prancis itu mengatakan rincian kalendernya yang lebih baik akan dijatuhkan di sebuah kamp pelatihan bulan ini.

"Tentu saja, saya sangat ingin ambil bagian dalam Giro ini, terutama setelah melihat jalurnya," kata Pinot kepada Ouest France.

"Kami harus menunggu kamp latihan bersama tim saya di Calpe pada bulan Desember untuk membahasnya. Tahun depan akan menjadi tahun spesial dimana saya juga akan menargetkan Kejuaraan Dunia sehingga akan ada program yang akan dirancang," tambahnya.

Baca juga:
Tips XC di Track Basah

Pinot berlomba di Giro dan Tour untuk pertama kalinya musim ini. Dia melakukan ke perburuan Grand Tour keduanya untuk meraih kemenangan setelah memenangkan etape dan mendekati podium di Giro.

Pebalap berusia 27 tahun itu meluangkan waktunya pada minggu-minggu pembukaan saat ia melihat untuk menghemat energinya untuk kemiringan di pegunungan besar di Tour. Namun ia tidak pernah mendapat kesempatan karena penyakit yang kemudian memaksanya untuk berhenti di minggu terakhir.

"Jika saya melakukan Giro-Tour dua kali lipat tahun depan, saya akan berlomba di Tour dalam bentuk yang lebih baik dari tahun ini," jelas Pinot.

"Anda harus selalu belajar dari kesalahan Anda dan tahun ini saya membuat beberapa diantaranya. Jadi, jika saya kembali pada Tour Juli mendatang, saya akan berada dalam kondisi yang lebih baik. Ini tidak mudah, tapi akan ada satu minggu lagi di tahun depan antara dua balapan. Semuanya juga akan bergantung pada awal saya musim ini dan tujuan yang ditetapkan tim untuk saya."

Setelah rute Giro yang membuat banyak Triallists tersenyum pada musim ini, penyelenggara Giro d'Italia meluncurkan rute yang lebih banyak diarahkan pada para pendaki. Terdapat lebih dari 20 kilometer dan hampir tidak ada yang bisa digolongkan sebagai etape sprint. Setelah etape awal di Israel, para pebalap akan dikirim ke pegunungan. Dengan delapan puncak, Pinot merasa memiliki peluang untuk meraih satu atau dua kemenangan.

"Saya sangat terkejut. Ini bagus sekali," kata Pinot mengomentari rute Giro 2018.

"Setelah kita meninggalkan Israel, kita langsung menuju ke etape tengah dan tinggi. Dan setelah itu, dua atau tiga etape terakhir gunung cukup mengesankan. Secara total, ada delapan puncak, yang rata-rata untuk Giro dan itu adalah hal yang baik. Ini adalah etape yang sesuai untuk saya, dan bila Anda memiliki delapan, Anda dapat bermain untuk meraih kemenangan dalam setidaknya satu atau dua.

"Giro masih sedikit lebih baik untuk pendaki. Sementara Tour lebih menyukai pebalap yang lebih lengkap."

Pinot juga percaya bahwa Froome memiliki kemampuan untuk melakukannya dan merenungkan apakah ia bisa berlomba di ketiga Grand Tour musim depan.

"Mengetahui bahwa dia (Froome) telah memenangkan Vuelta pada bulan September yang lalu, dan kini bertujuan untuk menang di Giro maka tidak mengherankan. Dapatkah dia mencapai gelar ganda? Dia melakukannya di Tour dan Vuelta, dan dia lebih kuat lagi di Vuelta. Jadi mungkin itu bukan masalahnya baginya, dan mungkin dia juga akan melakukan triple dengan Vuelta?" ujar Pinot.

Pinot menempatkan Froome di depan dan tengah sebagai favorit untuk membawa pulang Robero Magna pada bulan Mei mendatang. Namun dia mengatakan bahwa ia tidak akan memiliki perjalanan yang mudah.

"Froome telah mengumumkan kehadirannya (di Giro) dan dia akan menjadi “boneka”. Setelah itu, seperti biasa, akan ada lima atau enam orang luar yang akan berada di sana untuk mencoba mengacaukannya. Bagaimanapun, Froome tidak terkalahkan. Dia tiba di Grand Tour yang dia tidak perlu tahu. Dia akan menjadi favorit. Tapi di medan yang dia tidak tahu, bisa mengubah situasinya," pungkas Pinot.

Baca juga:
Radite Wicaksono Dibantu Hujan


Thibaut Pinot (kiri) (Getty Images)

pinot-tergoda-oleh-giro-31484d25f3c9592.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Chris Froome Terindikasi Doping

Chris Froome Terindikasi Doping

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (2)

RIDER
Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

Pelopor Balap Sepeda Wanita (1)

RIDER
Gesink Bersiap Hadapi TDU

Gesink Bersiap Hadapi TDU

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company