Lima Pelatih Tenar yang Menganggur

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Ontariosoccer | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2017

Lima Pelatih Tenar yang Menganggur

SPORTKU.COM

Meski dikenal sebagai pelatih hebat, namun kelima pelatih ini tengah menganggur. Siapa saja mereka?

Memasuki bulan Desember, sudah mulai terlihat bagaimana progress suatu tim, apakah berada di posisi yang diinginkan atau justru terpuruk. Biasanya bila suatu tim tengah terpuruk, maka pelatih yang pertama yang akan diputus kontrak lantaran tanggung jawab paling besar dan paling mudah dijadikan kambing hitam.

Di ajang Liga Primer Inggris sendiri, sudah ada lima pelatih yang dipecat lantaran performa klub tak sesuai dengan yang targetkan. Otomatis, pelatih yang diputus kontrak itu kini menganggur. Selain dari kompetisi Liga Inggris, sudah banyak pelatih yang juga diputus kontrak dengan berbagai alasan.

Berikut ini lima pelatih tenar yang menganggur:

Martin Jol

Martin Jol merupakan pelatih asal Belanda yang memiliki karir pelatih yang cemerlang dan juga segudang prestasi. Meski demikian, ia kini tengah menganggur, tepatnya sudah sejak Agustus 2016 silam, usai mengantarkan klub asal Mesir, Al-Ahly menjuarai Liga Mesir.

Jol sendiri sebelum dikenal sebagai pelatih yang cukup sukses di Belanda. Ia mampu memenangkan dua gelar Piala KNVB di dua klub berbeda. Tak hanya itu, ketika ia menukangi Ajax pada musim 2009/2010, pria yang kini berusia 61 tahun itu sukses membawa klub tersebut kembali berlaga di Liga Champions sejak terakhir kali mereka bermain pada musim 2005/2006.

Selain itu, pelatih yang ketika menjadi pemain berposisi sebagai gelandang ini dikenal sebagai pelatih yang cukup pandai dalam beradaptasi. Terbukti jasanya tak hanya digunakan di Belanda, tapi juga di Inggris, Jerman, dan juga di Mesir.

Walter Mazzarri

Di Italia, nama Walter Mazzarri mulai dikenal sebagai pelatih jempolan usai mengantarkan Napoli memenangkan Coppa Italia di musim 2011/2012 dan menjadi runner up Serie A pada musim berikutnya.

Hal ini pun membawa namanya harum sampai ke tanah Inggris. Ia pun dikontrak oleh Watford di musim 2016/2017 dengan target membawa tim tersebut tampil gemilang di Liga Primer Inggris. Sayang, meski di awal musim di kontrak dengan durasi selama tiga musim, namun pelatih berusia 56 tahun itu dipecat hanya setahun masa kerja.

Hal ini lantaran penampilan Watford yang menurun menjelang Liga Primer Inggris ditutup, bahkan membuat tim ini nyaris tergedradasi. Meski selamat dari lubang jarum, Mazzarri tetap dipecat pada Mei 2017 dan masih menganggur hingga hari ini.

Baca juga
Pinot Tergoda Giro dan Tour

Laurent Blanc

Laurent Blanc tak hanya jago ketika menjadi pemain, namun ketika berkarir sebagai pelatih, ia tetap mampu berprestasi. Di awal kepelatihannya, ia sukses memenangkan trible bersama Bordeaux di sepanjang musim 2008/2009.

Kemudian, saat menukangi Paris Saint-Germain (PSG), Blanc juga sukses memenangkan banyak gelar. Bahkan di klub ini, semua gelar di Prancis disabet, bahkan tak hanya satu musim, namun tiga musim selalu diraih dengan trible.

Satu-satunya hasil minus yang dilakukan Blanc di PSG adalah bahwa ia tak mampu membawa klub tersebut menjuarai gelar Liga Champions. Pria berusia 52 tahun itu pun diputus kontraknya kendati ia merupakan pelatih terbaik bagi klub sepanjang masa.

Thomas Tuchel

Muda, beda, dan berbahaya. Barangkali itulah kalimat yang pantas disematkan bagi pria bernama Thomas Tuchel. Pelatih ini sukses mengantarkan Borrusia Dortmund menjadi juara Piala Jerman pada musim 2016/2017 atau tahun kedua kepelatihanya bersama klub ini setelah sebelumnya lama menukangi Mainz.

Tuchel sendiri memiliki rasio win rate yang cukup tinggi di Dortmund, yakni 63 persen, termasuk 11 kemenangan beruntun yang diraih klub di ajang Bundesliga.bahkan raihan poin miliknya melebihi catatan pendahulunya, Jurgen Klopp.

Sejak Mei 2017 lalu Tuchel resmi menganggur. Mungkin ada banyak tawaran datang kepadanya, namun rasanya tuchel akan meilih klub yang sesuai dengan filosofinya kendati harus menunggu lama lagi.

Carlo Ancelotti

Banyak yang menganggap bahwa Jose Mourinho adalah pelatih terbaik saat ini. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun bagaimanapun Carlo Ancelotti adalah pelatih terbaik bila menilik dari raihan prestasi yang dibuatnya selama berkarir sebagai pelatih.

Ancelotti dianggap sebagai pelatih bertangan emas. Pasalnya, klub yang ia tukangi biasanya selalu berakhir dengan prestasi. Tercatat ia sudah melatih di lima liga top Eropa. Hasilnya, sebanyak empat klub ia antar untuk menjadi juara Liga.

Selain itu ia juga sukses memenangkan tiga gelar Liga Champions dari dua klub berbeda, yakni bersama Milan (dua kali) dan Real Madrid (sekali).

Bahkan bersama tim Bayern Munchen yang memecatnya pada September 2017 lalu, pelatih asal Italia itu sukses membawa tim tersebut juara liga di musim lalu.

Lima Manajer Menganggur (Infografis)

lima-manajer-menganggur-youtube--1694783e8ba098d.jpg


Baca juga

Kata Rene Rosin Soal Sean Gelael

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company