Sibuknya Tim Logistik MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2017

Sibuknya Tim Logistik MotoGP

SPORTKU.COM

Pernahkan terbayangkan betapa sibuknya tim logistik MotoGP dalam setiap serinya untuk mempersiapkan balapan?

Dorna Sports mungkin bisa dibilang sebagai orang paling sibuk di seluruh dunia dalam setiap seri MotoGP. Wajar saja, seri MotoGP digelar bukan hanya antar negara. Tapi juga antar benua mulai dari Benua Amerika, Eropa, Australia hingga Asia pun disambangi oleh MotoGP pada setiap musim.

Dengan durasi yang singkat, panitia dalam hal ini adalah Dorna Sports harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para pebalap dan tim termasuk kru balap lainnya. Bayangkan saja betapa rumitnya Dorna Sports mengatur logistik tersebut. Apalagi terkadang jadwal MotoGP dari satu seri ke seri berikutnya hanya berjarak satu minggu.

Dengan waktu yang sangat singkat tersebut, Dorna Sports harus memastikan dan bertanggung jawab agar balapan tetap berjalan dengan baik. Lalu bagaimana cara Dorna Sport mengangkut motor-motor para pebalap dan perlengkapan lainnya dalam waktu yang sangat singkat dari satu tempat ke tempat berikutnya?

Tentu dalam hal pengiriman logistik, Dorna Sports tak bekerja sendirian. DHL ditunjuk oleh Dorna Sports menjadi mitarnya. DHL sendiri merupakan perusahaan multinasional dalam bidang kurir ekspres dan logistik yang bermarkas di Bonn, Jerman dan Oslo, Norwegia. Perusahaan ini didirikan tahun 1969 oleh Adrian Dalsey, Larry Hillblom, dan Robert Lynn. Saat ini DHL mempekerjakan 285.000 pekerja dan beroperasi di lebih dari 220 negara.

Baca Juga
5 Persamaan Rossi dan Lorenzo. Nomer 5 Bikin Galau

DHL dalam melakukan pengangkutan perlengkapan logistik MotoGP lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat khusus atau pesawat kargo. Dalam satu tahun tercatat lebih dari 90.000 kilometer ditempuh agar gelaran MotoGP bisa berjalan dengan baik di setiap serinya. Total berat logistik yang diangkut bisa mencapai 300 ton lebih dan waktu yang dibutuhkan kurang dari 24 jam.

Selain motor dari para pebalap yang turun di Kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP, perlengkapan logistik yang diangkut oleh DHL juga antara lain mobil safety BMW, baju balap, helm pebalap, ban, suku cadang, motor operasional, interior di dalam pitbox hingga headset yang dikenakan oleh kru dari masing-masing tim dan keperluan lainnya. Termasuk perlengkapan milik Dorna sendiri.

Dalam kerjanya, DHL juga harus melakukan pengemasan dengan rapi dan sesuai prosedur untuk menjaga agar barang-barang yang diangkut tersebut tidak mengalami kerusakan. Setelah balapan usai digelar, para kru paddock atau pit akan kembali membongkar garasinya masing-masing. Mereka bekerja tak mengenal waktu baik siang atau malam dari hari Minggu hingga Senin atau bahkan Selasa.

Bayangkan saja, jika balapan digelar hanya selang satu minggu maka DHL hanya memiliki waktu 36 jam saja untuk mengemas semua perlengkapan logistik itu.

Baca Juga
Video Kisah Ali Adrian Masa Kecil
Axel Pons, Pebalap Ganteng Juga Model Bikin Cewek Meleleh

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Aksi Pebalap Muda HDC

Aksi Pebalap Muda HDC

ROAD RACE
Pebalap Honda Kunjungi SMK

Pebalap Honda Kunjungi SMK

ROAD RACE
Hasil Lengkap ARRC Australia 2018

Hasil Lengkap ARRC Australia 2018

ARRC
Pebalap AHRT Belum Maksimal

Pebalap AHRT Belum Maksimal

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company