Tak Diunggulkan, AS Roma Justru Juara Grup C Liga Champions

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : As Roma Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: espn | 6 December 2017

AS Roma Juara Grup

SPORTKU.COM

Klub asal Italia, AS Roma yang sebelumnya tak diunggulkan di ajang Liga Champions, justru keluar sebagai juara grup.

AS Roma sukses melangkah ke babak 16 besar Liga Champions musim 2016/2018. Mereka bahkan keluar sebagai juara grup C usai menaklukan tim asal Azerbaijan, Qarabag dengan skor 1-0 di match day terakhir babak penyisihan grup Liga Champions di Stadion Olimpico, Rabu (6/12) dini hari WIB.

Berkat tiga poin tersebut, Roma sukses mengakhiri babak penyisihan grup dengan raihan 11 poin. Chelsea juga memiliki poin serupa dengan Giallorossi, namun mereka harus puas berada di urutan kedua lantaran di pertandingan terakhir mereka hanya meraih satu poin berkat hasil imbang 1-1 atas Atletico Madrid.

Hasil ini membuat Roma dan Chelsea yang lolos ke babak 16 besar, sementara finalis Liga Champions musim 2015/2016, Atletico Madrid harus puas berada di posisi ketiga dan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.

Lolosnya Roma ke babak 16 besar dengan tampil sebagai juara grup dapat dikatakan sebagai prestasi yang cukup baik. Apalagi, di awal turnamen, grup C dikatakan sebagai grup neraka lantaran dihuni oleh tiga tim dengan reputasi tinggi di Eropa.

Selain itu, dilansir dari penyedia statistik Opta, terakhir kali Roma lolos sebagai juara grup di Liga Champions adalah musim 2008/2009 lalu.

Baca juga
Bayern Munchen Rusak Rekor PSG

Tim As Roma 

as-roma-as-roma-11956764f1ed893.jpg

Di awal turnamen, Roma mengawali dengan hasil kurang meyakinkan. Bermain di kandang sendiri, mereka hanya meraih hasil imbang melawan Atletico tanpa gol. Kemudian hanya menang tipis 2-1 melawan Qarabag di match day kedua.

Kemudian, di Stamford Bridge, mereka pun imbang melawan Chelsea dengan skor 3-3. Dari tiga laga Roma hanya mengantongi lima poin saja.

Namun, kemudian Roma tiba-tiba mengagetkan banyak pihak dengan mengalakan Chelsea dengan skor 3-0 di akhir Oktober 2017. Meski sempat kalah dari Atletico dengan skor 2-0, namun kemenangan tipis 1-0 dari Qarabag membuat wakil Serie A ini lolos.

Manajer Roma, Eusebio di Francesco mengaku senang dengan keberhasilan anak asuhnya untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Ia pun langsung menargetkan agar mereka bisa menjadi juara Liga Champions musim ini.

“Ini sangat memuaskan karena sebelumnya tak ada yang percaya kita bisa lolos, mereka mengira kami akan tersingkar mudah, tapi kami bekerja keras, membuktikan diri dan memenangkan grup ini,” kata di Francesco seperti dikutip dari ESPN, Rabu (6/12).

Roma sendiri dapat dikatakan selalu angin-anginan bila berlaga di Liga Champions. Biasanya, prestasi tertinggi mereka adalah selalu mentok di babak 16 besar.

Musim paling baik dilakukan oleh Roma di era modern adalah pada musim 2007/2008 silam. Saat itu mereka sukses menembus babak perempat final Liga Champions. Meski demikian, klub asal Roma itu sempat menjadi finalis pada musim 1983/1984 dan menjadi prestasi yang sulit diulang hinggai saat ini.

Baca juga
Rahasia Ronny JS di Kejurnas Rally 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Oh In-Kyun Jadi Pahlawan Persib

Oh In-Kyun Jadi Pahlawan Persib

FOOTBALL
Kejutan, PSMS Kalahkan PSM

Kejutan, PSMS Kalahkan PSM

FOOTBALL
Legenda Manchester United Tangani Wales

Legenda Manchester United Tangani Wales

FOOTBALL
Chelsea Coba Bajak Alexis Sanchez

Chelsea Coba Bajak Alexis Sanchez

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company