Tukang Sulap Bernama Alfredo Vera

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Satupedia, sportku | Editor: Dedi Hermawan | 6 December 2017

SPORTKU.COM

Alfredo Vera seolah-olah memiliki kekuatan magis lantaran sukses membawa tim yang ia tangani dalam dua musim terakhir keluar sebagai juara.

Sosok Angel Alfredo Vera kini sudah bisa disejajarkan dengan pelatih seperti Rahmad Darmawan, Jacksen F Tiago, Jaya Hartono dan Robert Rene Alberts yang notabene merupakan pelatih top di kompetisi sepak bola tanah air.

Pasalnya, pelatih asal Argentina itu sukses membawa Persebaya Surabaya kembali ke Liga 1 musim 2018 setelah keluar menjadi juara Liga 2 musim 2017 dengan mengalahkan PSMS Medan 3-2 di laga final yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Selasa 28 November 2017 lalu.

Kesuksesan Alfredo menjuarai Liga 2 bersama tim asal Jawa Timur itu seolah-olah seperti de javu. Pasalnya, pada musim lalu ia sukses sukses memberikan gelar Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016—setara Liga 1—kepada Persipura Jayapura.

Selain itu, persamaan antara saat menukangi Persebaya dan Persipura adalah bahwa dirinya merupakan pelatih pengganti alias baru datang ketika liga tengah bergulir.

Awalnya, Bajol Ijo berkompetisi di Liga 2 dengan mengandalkan pelatih bernama Iwan Setiawan. Namun, di tengah perjalanan tim di kompetisi, mantan pelatih Persija dan Pusamania Borneo FC itu beradu konflik dengan suporter yang mengakibatkan dirinya diberhentikan oleh manajemen Persebaya. Kemudian, Alfredo yang diserahi tanggung jawab sebagai suksesor akhirnya sukses membawa Persebaya menjadi juara.

Sebelumnya, Alfredo juga melakukan hal serupa. Ia menggantikan Jafri Sastra yang gagal membawa Persipura tampil apik lantaran dalam 13 laga awal di ISC A 2016 dengan hanya menempati urutan ke-7 di klasemen sementara.

Hebatnya, berstatus sebagai pelatih pengganti, Alfredo sukses membungkam semua prediksi dengan membawa Persipura menjadi juara di akhir musim ISC A 2016 dengan mengangkangi tim seperti Arema FC dan Madura United yang sebelumnya menjadi calon kuat untuk juara.

Baca juga
Rossi: MotoGP tanpa Saya Bagai Piala Dunia tanpa Italia

Berangkat dari Kegagalan

Apa yang diraih oleh Alfredo saat ini adalah buah dari pengalamannya terdahulu yang lebih banyak diisi dengan kegagalan. Di Persela Lamongan, ia pertama kali dipercaya menjadi pelatih di tim tersebut pada tahun 2013 lalu setelah sebelumnya hanya menjadi asisten pelatih dari Subangkit.

Di musim pertamanya melatih Persela, Alfredo hanya mengantarkan tim asal Jawa Timur itu finis di posisi ke-13.

Kemudian Alfredo melanjutkan karirnya di Persegres Gresik United di tahun 2014. Namun, di klub tersebut, pelatih yang kini berusia 45 tahun tersebut karirnya tak lama alias hanya 7 bulan saja lantaran tak mampu membawa klub Kebo Giras tersebut berprestasi.

Usai dipecat, Alfredo seolah-olah menghilang dan baru muncul kembali dengan menangani tim Pusamania Borneo FC U-21 pada awal tahun 2016 lalu. Baru kemudian ditunjuk menjadi pelatih Persipura pada Juli 2016 dan baru menikmati keberhasilan di klub tersebut.

Ancaman De Javu Pemecatan Lantaran Soal Lisensi Kepelatihan

Meski sukses mengantarkan Persebaya juara. Namun, kontrak Alfredo terancam diputus oleh pihak klub. Pasalnya, ia belum memiliki lisensi kepelatihan A AFC atau B UEFA sebagai syarat minimal untuk menukangi tim di Liga 1.

Pada musim lalu sebenarnya, Alfredo ingin dipertahankan oleh Persipura, namun manajemen klub itu akhirnya tak jadi mempertahankan dirinya lantaran PSSI meragukan lisensi kepelatihan CONMEBOL yang ia miliki.

PSSI berdalih bahwa lisensi kepelatihan CONMEBOL itu terbagi dua, yakni lisensi kepelatihan profesional dan amatir. Untuk itulah, perlu ada ketegasan terkait apakah lisensi Alfredo itu adalah lisensi profesional yang sesuai dengan standard AFC.

Meski begitu, Alfredo optimis di musim 2018, ia bisa melatih Persebaya di Liga 1 lantaran saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi.

“Kalau tidak salah di CONMEBOL terkait verfifikasi. Kalau sudah pegang tim selama tiga musim jadi tak ada masalah lagi soal lisensi,” ungkap Alfredo seperti dikutip dari CNN.

Tentunya publik sepak bola Indonesia berharap agar Alfredo bisa melatih di Liga 1 musim 2018. Barangkali ia bisa kembali menunjukan kekuatan magis layaknya tukang sulap yang selalu membuat orang banyak terpesona.

Infografis Angel Alfredo Vera 

alfredo-vera-satupedia--49081050849a925.jpg


Baca juga

Suzuki Gelar Touring Akbar

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Satupedia, sportku | Editor: Dedi Hermawan | 6 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Janji Timnas Indonesia di HUT-RI

Janji Timnas Indonesia di HUT-RI

FOOTBALL
Timnas Putri Indonesia Tekuk Maladewa

Timnas Putri Indonesia Tekuk Maladewa

FOOTBALL
Jadwal Pertandingan Sepak Bola Putri

Jadwal Pertandingan Sepak Bola Putri

FOOTBALL
Pesepakbola Singapura Pertama di Spanyol

Pesepakbola Singapura Pertama di Spanyol

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company