Seriusi Musik, Ronaldinho Nyatakan Pensiun

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : ScoopWhoop | Editor: Andi Wahyudi | 7 December 2017

SPORTKU.COM

Mantan peraih gelar Balon d’Or, Ronaldinho mengaku akan pensiun pada tahun 2018 dan memilih fokus di dunia musik.

Ronaldinho, yang merupakan salah satu pemain yang mengantarkan Brasil menjuarai gelar Piala Dunia tahun 2002 itu mengaku akan pensiun sebagai pemain sepak bola. Ia mengaku ingin menekuni karir baru sebagai musisi.

“Ada kesempatan (di dunia musik), saya pikir saya akan mengucapkan selamat tinggal pada sepak bola tahun depan, secara resmi saya mungkin memainkan beberapa pertandingan perpisahan untuk tim yang pernah saya bela, ini mejadi sesuatu yang saya pikirkan matang-matang,” kata Ronaldinho seperti dikutip dari Belacher Report, Rabu (6/12).

“Saya pensiun dari sepak bola, dan kemudian saya fokus dalam proyek musik saya, sekolah sepak bola saya. Ini sesuatu yang baru bagi saya, dan saya harus bisa menyesuaikan diri,” sambungnya.

Baca juga
Peugeot eF01 Raih Prestasi Gemilang

Ronaldinho yang kini menginjak usia 37 tahun itu sebelumnya sudah menganggur selama dua tahun atau sejak terakhir kali bermain sebagai pesepak bola profesional bersama klub asal Brasil, Fluminense pada tahun 2015 lalu.

Ronaldinho pun mengisi waktu dengan mengikuti banyak laga yang berifkat eksebisi, mulai dari sepak bola sampai futsal. Hingga akhirnya ia pun terpilih menjadi duta Barcelona pada awal tahun 2017 lalu. Meski begitu, saat itu pemain yang permain berseragam AC Milan itu memang belum memutuskan diri untuk pensiun.

Ronaldinho sendiri memulai karir bersama kesebelasan Gremio pada tahun 1998. Kemudian ia pertama kali bermain di Eropa bersama kesebelasan Paris Saint-Germain dan bermain di klub tersebut selama dua tahun.

Selama berkarir sebagai pemain profesional. Prestasi tertinggi Ronaldinho adalah saat berseragam Barcelona di mana dirinya sukses meraih banyak gelar. Baik gelar tim maupun gelar individu.

Baca juga
Ketika Marquez-Pedrosa Adu Cepat Gunakan Motor Bebek

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Oh In-Kyun Jadi Pahlawan Persib

Oh In-Kyun Jadi Pahlawan Persib

FOOTBALL
Kejutan, PSMS Kalahkan PSM

Kejutan, PSMS Kalahkan PSM

FOOTBALL
Legenda Manchester United Tangani Wales

Legenda Manchester United Tangani Wales

FOOTBALL
Chelsea Coba Bajak Alexis Sanchez

Chelsea Coba Bajak Alexis Sanchez

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company