Yuk Kenali Karakter Fork MTB

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 9 December 2017

Kenali Karakter Fork MTB

SPORTKU.COM

Fork atau garpu adalah salah satu komponen penting dari semua jenis sepeda, termasuk sepeda gunung (MTB).

Khusus pada MTB, pabrikan sepeda biasanya telah menyesuaikan fork pada sepeda yang ditawarkannya. Demikian juga dengan produsen fork sendiri.

Bagi mereka yang membeli sepeda dalam bentuk full bike (siap pakai), pemilihan fork mungkin tidak terlalu pengaruh besar. Tapi. Menentukan fork bisa jadi masalah bagi mereka yang ingin membeli sepeda secara kondisi kustom (rakitan) atau mengganti (upgrade) fork saja. Dengan demikian pemilihan fork yang tepat sangatlah penting. Sebab hal itu bisa mempengaruhi gaya berkendara Anda nantinya, termasuk budget tentunya.

Oleh pabrikan komponen atau fork sendiri, fork MTB pada dasarnya dibuat berdasarkan gaya berkendara yang akan dilakukan oleh rider atau konsumen.

Pabrikan Suntour misalnya, membagi kategori fork buatannya menjadi 5 kategori, yaitu XC, Trail, All Mountain, Enduro, Freeride/Donwhill (DH). Sementara untuk pabrikan Rockshox membagi produk fork-nya dalam 4 kategori (XC, Trail, Enduro dan Gravity). Seperti Rockshox, pabrikan Fox membagi fork nya juga menjadi 4 kategori, yakni XC, Trail, AM dan DH.

Kategori yang dibuat pabrikan komponen secara umum hampir sama. Hanya beberapa hal yang berbeda. Jadi, bila boleh disimpulkan secara umum, maka kategori MTB terdiri dari 4 kategori, yaitu XC, Trail, AM/Enduro dan DH. Dari setiap kategori itu, yang membedakan adalah bagian travel dari fork dan, khusus untuk dh adalah pada bentuk atau konstruksinya.

Lantas apa yang dimaksud travel? Travel adalah jarak kompresi pada stanchion (kaki) sebuah fork. Bagian yang membedakan riding style dari rider dan menjadi acuan utama bagi rider bila ingin mengganti (up grade) fork MTB-nya.

Fork untuk XC, sejumlah pabrikan memberikan nilai travel mulai dari 80mm hingga 100. Untuk trail dengan jarak antara 100 hingga 120mm. Sedangkan untuk AM/Enduro adalah 140 ke 180mm. Travel Fork DH menjadi yang paling panjang diantara semuanya, yaitu dari 180 hingga 200mm.

Pada fork tertentu, nilai travel fork tertera pada stanchion. Tapi ada pula yang tidak mencantumkan nilai travel dan untuk mengetahuinya, anda bisa melihatnya di buku panduan atau mengukurnya sendiri dengan bantuan penggaris atau alat pengukur.

Untuk diketahui pula, fork MTB yang beredar di pasaran juga muncul dalam berbagai ukuran diameter roda, mulai dari 26, 27,5 hingga 29inci.

Jadi, sudah tahu fork yang sesuai dengan Anda bukan?

Nilai travel pada stanchion (Bikeradar)

yuk-kenali-karakter-fork-411082bc2fae31e.jpg

Baca juga:
INI DIA RUTE GIRO D'ITALIA 2018

Baca juga:
KOMUNITAS SEPEDA SEHAT: BERSEPEDA UNTUK SEHAT DAN HAPPY

Baca juga:
BUILDER INDONESIA SABET PENGHARGAAN DUNIA

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 9 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

DID U KNOW
Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

DID U KNOW
Rekor Indonesia di Asian Games

Rekor Indonesia di Asian Games

DID U KNOW
Tertua-Termuda di Asian Games 2018

Tertua-Termuda di Asian Games 2018

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company