Debut Manis Thed Bjork, Juara Dunia WTCC 2017

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : FIA WTCC | Editor: Dedi Hermawan | 13 December 2017

Debut Manis Thed Bjork

SPORTKU.COM

Laga pamungkas WTCC di Qatar menjadi arena pembuktian bagi pebalap Swedia, Thed Bjork.

Thed Bjork sukses menjadi juara dunia WTCC 2017 setelah secara kumulatif meraih 283,5 poin dan meninggalkan jauh pesaing terdekatnya Norbert Michelisz (Honda) yang mengumpulkan 255 poin. Sementara juara tiga direbut Tom Chilton dengan perolehan 248,5 poin.

Bjork memang membuat kejutan. Dua tahun lalu, saat Volvo memutuskan turun di WTCC, namanya tidak diperhitungkan sama sekali. Bahkan di musim 2016, Bjork hanya mencatat posisi ke-10 di akhir musim. Tentu saja ini menjadi kejutan bagi tim balap Swedia tersebut, sekaligus tamparan keras bagi para pebalap senior WTCC.

Memang, selepas Jose Maria Lopez (juara dunia WTCC 3 kali) mundur dari WTCC tahun lalu, cukup banyak kandidat yang diprediksikan bakal menjadi juara dunia WTCC 2017. Nama-nama seperti Yvan Muller, Tiago Monteiro, Tom Coronel, Gabriele Tarquini dan Mehdi Bennani memang menjadi kans kuat untuk naik podium tertinggi WTCC 2017. Namun apa lacur, mereka berhasil dibungkam oleh sosok Thed Bjork yang baru pertama kali turun laga di WTCC.

Baca juga
Hamilton dan Gelar Juara Dunia
Ogier Sah Juara Dunia WRC 5 Kali

Thed Bjork yang lahir di sebuah desa bernama Vretstorp, Orebro County, Swedia 36 tahun silam, memang nyaris tidak masuk hitungan sebagai kandidat juara dunia 2017. Namun berkat kegigihannya serta dukungan tim dan pabrikan yang sangat kuat, Bjork sukses menggapai mimpinya.

"Menjadi orang Swedia yang pertama kali meraih juara dunia adalah mimpi saya sejak saya memulai balapan. Saya tidak bisa banyak berkata-kata karena ini adalah momen terbaik sepanjang karir saya. Musim ini berlalu sesuai dengan rencana kami. Terima kasih untuk semua orang di tim, mereka juga juara dunia seperti saya," komentar Bjork usai dinobatkan sebagai juara dunia WTCC 2017.

Kemenangan Bjork sendiri sebenarnya tidak sespektakuler juara dunia 2016 Jose Maria Lopez yang mendominasi podium. Bjork hanya sempat naik podium pertama di Race Monza dan Nurburgring. Sisanya selalu naik turun. Namun yang pasti Bjork selalu mencatat poin dalam setiap laga. Konsistensi mendapatkan poin dalam setiap laga inilah yang membuat Bjork unggul di arena WTCC 2017.

Infografis Thed Bjork (Volvo Polestar Cyan Racing)

wtcc-2017-thed-bjork-volvo-polestar-66372b64f0d8f5e.jpg

 

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : FIA WTCC | Editor: Dedi Hermawan | 13 December 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Jadwal F1 GP Perancis 2018

Jadwal F1 GP Perancis 2018

FORMULA 1
Helm Baru Romain Grosjean

Helm Baru Romain Grosjean

FORMULA 1
Charles Leclerc Rokkie yang Bersinar

Charles Leclerc Rokkie yang Bersinar

FORMULA 1
Alasan Red Bull ke Honda

Alasan Red Bull ke Honda

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company