IMI Gulirkan Regulasi Baru untuk Sprint Rally dan Rally 2018

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2017

SPORTKU.COM

Semaraknya kejuaraan rally dan sprint rally tahun ini membuat IMI turut melakukan penyempurnaan regulasi untuk cabang balap tersebut.

Kejurnas Rally dan Sprint Rally di tahun ini boleh dibilang mengalami peningkatan. Untuk tetap menjaga konsistensi pereli dan meningkatkan kembali nilai kompetisi di dalamnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga otomotif Indonesia turut menggulirkan regulasi baru yang mengatur untuk dua kejuaraan tersebut.

Saat ini, kelas paling bergengsi, yakni M1, masih merupakan kumpulan kelas dimana mobil tersebut sudah terhomologasi oleh FIA seperti N4, RRC, S2000, R4, R5 dan WRC. Untuk tahun depan, regulasi pun kembali ditambah dengan beberapa poin seperti :

1. Mobil sedan dengan penggerak roda (4WD) dengan kapasitas mesin maksimal 2000 cc

2. Turbo restrictor 35 mm

3. Standard safety FIA

4. Menggunakan active center differential (ACD)

5. Gearbox bebas dan sequential gearbox juga diperbolehkan

Sedangkan kelas M2, juga turut menghadirkan regulasi baru dengan ketentuan :

1. Kendaraan mesin turbo maksimal empat silinder dengan menggunakan turbo restrictor 36mm atau 6 silinder Normal Aspirated dan tanpa batasan cc

2. Tidak menggunakan ACD atau DCCD

3. Penggunaan gearbox bebas dan sequential gearbox diperbolehkan

Selain dua kelas tersebut, kelas lainnya yang juga turut mendapat perubahan regulasi ada F1, dimana sebelumnya kelas ini mempertandingkan mobil dengan kapasitas mobil maksimal 1.200 cc, namun untuk musim depan hal tersebut akan dirubah dan ditingkatkan menjadi 1.400 cc. Alasan bagi IMI untuk merubah kelas tersebut adalah dikarenakan kelas ini masih belum populer dibandingkan dengan kelas lainnya.

Baca juga:
BERGABUNG BERSAMA FERRARI, MIMPI BURUK SEBASTIAN VETTEL?

Sementara untuk kelas Jeep atau UTV, regulasi teknis baru yang ditetapkan adalah, bahwa mobil diharuskan menggunakan ban rally dengan ukuran maksimal 205 65 R15, baik menggunakan ban kering maupun ban hujan.

Penggunaan ban AT berukuran 27 inci R15 juga masih diperbolehkan. Selain itu juga, kelas JIP dilarang menggunakan ban MT. Jika hal ini dilanggar, peserta tidak bisa meraih poin dalam semua kaegori di putaran kejurnas yang diikuti.

Kelas JIP dan UTV juga akan dibagi menjadi dua kelas, yaitu J1 (0 – 1600 cc) dan J2 (1601 – 5000 cc). Kelas ini sendiri boleh memperebutkan poin kejuaraan nasional, kejuaraan nasional non seeded, dan juara nasional grup J.

Adapun regulasi teknis lain di kelas JIP dan UTV adalah:

1. Modifikasi mesin bebas dan kelas berdasarkan cc

2. Konstruksi sasis bebas

3. Gearbox bebas

4. Suspensi bebas

Perlu diketahui juga bahwa modifikasi kelas JIP kurang lebih akan mengacu pada peraturan yang diterapkan di grup G4.3 Kejurnas Speed Offroad (IXOR) dengan batasan 8 silinder 5000 cc.

“Perubahan-perubahan yang kami buat semata-mata untuk membuat Kejurnas Rally dan Sprint Rally di Indonesia lebih maksimal lagi, baik dari segi kualitas dan kuantitas, baik dari segi peraturan, hingga hal-hal lainnya. Karena kami telah dan akan terus melakukan evaluasi untuk terkait berbagai hal yang menyangkut kemajuan ajang rally dan sprint rally di Indonesia,” pungkas Rifat Sungkar selaku Direktur Rally dan Sprint Rally IMI Pusat.

  • facebook share

RELATED NEWS

Sidrap Rally of Celebes 2018

Sidrap Rally of Celebes 2018

SPRINT RALLY
Harapan IMI Untuk Kejurnas Rally

Harapan IMI Untuk Kejurnas Rally

SPEED RALLY
Kemenangan Craig Breen Untuk Citroen

Kemenangan Craig Breen Untuk Citroen

WRC
Alasan M-Sport Tidak Kompetitif

Alasan M-Sport Tidak Kompetitif

WRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company