Mengenal Tugas dan Peran Pemain Basket

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Espn The Undefeated | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2017

SPORTKU.COM

Meski tim basket hanya terdiri dari lima orang, namun kelima personil tersebut memiliki tugas dan peranan yang berbeda.

Untuk olahraga sepak bola, mungkin semua orang sudah paham mengenai tugas dan peranan masing-masing pemain di dalam lapangan. Namun demikian, untuk cabang olahraga yang satu ini mungkin tidak semua orang paham akan tugas dan peranan masing-masing personil di dalam tim basket.

Jika dibandingkan dengan sepak bola, dalam olahraga basket tidak seramai pemain bola yang diisi sebanyak 11 pemain termasuk penjaga gawang, namun dalam olahraga basket, di sini hanya terdapat lima pemain, dan tidak ada sebutan penjaga gawang. Secara harfiah, total keseluruhan personil tim basket, bisa mencapai 11 atau 12 orang.

Namun jika dirunut berdasarkan pemain inti yang berjumlah sebanyak lima pemain, mereka juga memiliki tugas dan peranan masing-masing yang berbeda. Sebut saja center, power forward, small forward, shooter dan playmaker.

Untuk pemain center, seyogyanya pemain yang ditempatkan di lini tersebut memiliki karakter tubuh besar dan tinggi, tugas utamanya adalah untuk memberikan perlawanan balik atau rebound ke jantung pertahanan lawan.

Untuk small forward dan power forward, pemain tersebut biasanya diinstruksikan untuk membantu bertahan dari serangan lawan atau sebaliknya, membantu untuk memberikan perlawanan kepada lawan.

Sedangkan shooter, ini adalah pos penting dalam tim basket karena ia memiliki keunggulan akurasi tembakan yang lebih besar, dibanding pemain lainnya. Sementara playmaker, pemain ini bertugas untuk mengatur serangan untuk menghantam tembok pertahanan lawan.

Baca juga:
IMI GULIRKAN REGULASI BARU UNTUK SPRINT RALLY DAN RALLY 2018

Meski terbagi menjadi lima pos, namun di dalam basket ini semua personil diharuskan untuk membangun kerjasama yang seirama, ini disebabkan karena olahraga basket merupakan satu tim kesatuan, sehingga antara satu pemain dengan pemain lainnya memiliki tugas yang saling terintegrasi agar performa tim dapat meningkat dan mampu mengalahkan lawan.

Bicara perihal penyerangan, ini adalah tugas dan tanggung jawab dari seorang pelatih, sedangkan untuk skema yang mereka gunakan biasanya lebih bervariasi, dan tergantung siapa yang akan mereka hadapi nanti dan ini juga untuk mengatur pola penyerangan yang dibutuhkan.

Untuk sepak bola mungkin formasi 4-3-3 atau 4-4-2 memang sudah sangat familiar, tapi di dalam basket, mereka biasanya menerapkan formasi seperti 2-3, 1-2-2, 2-1-2 atau 1-3-1 dan man to man marking.

Pola-pola tersebut sangat dibutuhkan mengingat basket merupakan olahraga kerja sama tim, apabila salah satu personil tidak bisa menjaga tugas dan peranan sebagaimana mestinya, maka bukan tidak mungkin akan membuat sebuah kesalahan atau blunder yang akan dimanfaatkan dengan cepat oleh lawan mereka. Akan tetapi semua pemain basket memiliki peran yang sama penting untuk menciptakan poin.

Adapun beberapa nama besar yang pernah menghiasi olahraga ini diantaranya adalah Michael Jordan, mantan punggawa Chicago Bulls yang sangat fenomenal. Selain itu, jangan lupakan Kobe Bryant, mantan pemain LA Lakers ini pun juga turut menjadi salah satu atlet basket paling berbahaya di jagat raya.

Sementara untuk di Tanah Air, beberapa nama pemain basket dengan skill terbaik di antaranya adalah Mario Wuysang, Ali Budimansyah, Cokorda Raka, Fictor Roring, Adi Pratama, dan Andakara Prastawa.

Baca juga
Pebalap, Jangan Asal Pasang Transponder

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Tim IBL Pertalite Fokus Latihan

Tim IBL Pertalite Fokus Latihan

IBL
Jadwal IBL Seri 8 Malang

Jadwal IBL Seri 8 Malang

IBL
Indonesia Butuh Pemain Tinggi Besar

Indonesia Butuh Pemain Tinggi Besar

BASKETBALL
Roring: Semangat Indonesia Nyata

Roring: Semangat Indonesia Nyata

BASKETBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company