Perbedaan Fungsi dan Tujuan Engine Swap Mobil

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Engine Block Autoworks | Editor: Dedi Hermawan | 1 January 2018

SPORTKU.COM

Pertukaran mesin atau engine swap memiliki fungsi dan tujuan berbeda, tidak selamanya ditujukan untuk mendongkrak tenaga.

Secara harfiah memang engine swap dapat diartikan sebagai proses melakukan penggantian mesin mobil satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, engine swap adalah salah satu cara yang sering dipakai oleh kalangan tuner atau keinginan dari pemilik kendaraan untuk mendapatkan performa maksimal dari sebuah mesin. Namun, sejatinya, engine swap tidak melulu mengganti mesin mobil yang standar dengan yang lebih high performance.

Hadi Taruna, atau yang akrab disapa Hatar, kepala mekanik Engine Block Autoworks, menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan engine swap. Pria ramah ini mengatakan proses engine swap bukan sekadar menaikan horse power mobil, akan tetapi sering digunakan juga dalam mengganti mesin mobil standar dengan yang standar juga. "Jadi engine swap itu ada dua jenis, satu mengganti mesin dengan mesin yang sama. Dengan alasan karena mesin yang lama itu bermasalah, keropos atau rusak bagian mesin, sehingga tidak bisa direpair, mau tidak mau diganti. Tapi tidak ada peruntukan yang lain-lain seperti peningkatan horse power," ujar Hattar.

Baca juga:
Kaleidoskop SPORTKU 2017

Dirinya juga tidak menampik bahwa mayoritas orang melakukan engine swap dengan harapan dapat meningkatkan performa yang lebih tinggi. Hal tersebut adalah perkara yang berbeda dari apa yang telah dijelaskan. "Nah yang kedua engine swap dilakukan karena ingin mengupgrade dari mesin standar dengan tenaga yang lebih besar. Biasanya jenis engine swap seperti ini menaikan kapasitas mesin seperti dari 1.500 cc menjadi 1.800 cc atau yang lebih besar lagi," tambah Hatar.

Memang diakui oleh pria yang juga kepala mekanik tim balap BJB-Pertamax Turbo-GRT, engine swap yang diperuntukan menaikan horse power mobil menjadi salah satu cara tuner untuk mendapatkan tenaga mesin yang lebih besar. "Kalau engine swap dengan mesin yang lebih besar, otomatis tenaga yang dihasilkan juga menjadi lebih besar, jadi tidak perlu mengoprek-oprek bagian mesin, karena memang spesifikasi mesin yang baru tadi lebih besar," imbuhnya.

Jadi, dengan begitu paham tentang engine swap tidak selalu bicara menaikan tenaga mobil. Ada kalanya engine swap memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, hal ini tentunya dilihat dari kacamata yang berbeda. Jika memang pemilik mobil ingin mengganti mesin baru standar, ataupun mengganti dengan mesin yang lebih bertenaga, dua-duanya tetap dinamakan sebagai engine swap. Karena banyak orang yang belum paham arti dari engine swap itu sendiri.

Dalam melakukan engine swap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain itu, Hatar juga menjelaskan nilai plus minus untuk melakukan engine swap. Apa saja? Nanti dulu, simak updatenya dalam artikel selanjutnya!

Baca juga:
Menanti Kiprah Duet Ponaryo-Kurniawan

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Jenis-Jenis Suspensi Balap Mobil

Jenis-Jenis Suspensi Balap Mobil

DID U KNOW
Mengenal MTB 4X

Mengenal MTB 4X

DID U KNOW
Ban Dakar Gak Bisa Bocor

Ban Dakar Gak Bisa Bocor

DID U KNOW
Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company