Lima Tren Sepeda Pada 2018

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Cyclingweekly | 2 January 2018

Lima Tren Sepeda Pada 2018

SPORTKU.COM

Selalu ada beberapa penemuan dan inovasi baru di dunia sepeda, meski kadang bersifat kontroversial.

Ada beberapa ide segar yang dinilai akan menjadi tren pada tahun 2018. Beberapa mungkin Anda sukai dan selebihnya mungkin Anda benci.

Berikut 5 hal yang diprediksi akan menjadi tren pada tahun 2018!

1. Rem Cakaram Dipakai Pebalap Profesional 
Rem cakram telah ada sejak lama dan teknologi ini sangat populer di tingkat konsumen. Masih ada banyak ruang untuk ekspansi rem cakram dan itu adalah pada peloton profesional.

Tahun 2017 sendiri merupakan tahun yang penuh gejolak. UCI menguji rem tersebut, sebelum kaki Owain Doull diduga terluka oleh rem tersebut di Tour Dubai.

Tapi, ada harapan untuk rem cakram. Rem itu disambut kembali pada 2018, bahkan di kancah domestik.

Hadirnya Sistem Shimano Dura-Ace dan Ultegra baru yang ringan terbukti banyak digunakan pebalap dalam latihan. Tampaknya tahun 2018 bisa menjadi tahun yang baik untuk kelangsungan komponen ini.

 

Baca juga:
ROCKY MOUNTAIN TARIK 1300 UNIT MTB DARI PASARAN

2. E-bikes yang makin canggih

Pada tahun 2017, keseriusan peluncuran e-bike Focus Project Y dan juga Orbea cukup menyita perhatian banyak kalangan. Pasalnya dua sepeda elektrik itu yang sama sekali tidak seperti e-bikes umumnya.

Keduanya memiliki tampilan yang lebih baik, hasil inovasi pada sisi baterai dan motor. Baterai dan motor Focus Project Y berada di dalam downtube. Sementara pada Orbea, baterai berada di downtube, namun motor berada di hub belakang.

Kedua sepeda itu terlihat bagus dan tentu saja membuka pandangan orang terhadap e-bikes serta memberi daya tarik yang lebih luas pada 2018.

3. Turbo yang lebih pintar
Turbo pintar (smart turbo) benar-benar lepas landas tahun 2017 dan banyak yang sangat terkesan setelah menggunakannya.

Namun, pada akhir tahun 2017, Wahoo mendemonstrasikan Wahoo Kickr Climb yang disebut-sebut sebagai makna sebenarnya dari “kecerdasan” serta apa yang mungkin bisa dilakukan di masa depan.

4. Satu sepeda untuk semua
Sepeda untuk semua kebutuhan atau lintasan disebut-sebut akan menjadi tren pada 2018.

Contohnya Shimano Ultegra R8000  yang kini mengakomodasi ban 28mm dan sebuah cassette karena, menurut pengakuan Shimano, orang membutuhkan groupsets yang mampu melahap semua medan.

Kondisi ini mirip dengan Trek Émonda yang diluncurkan 2017, yang menurut Trek mampu berjalan dengan ban 28mm, memiliki rem cakram dan bisa digunakan untuk melintasi medan gravel (berbatu).

5. Tubeless lepas landas
Seperti rem cakram, tahun 2017 merupakan tahun yang hebat bagi ban dan pelek tubeless. Peluncuran Mavic's UST dinilai sebagai pembaruan besar yang diikuti dengan banyak pelek tubeless siap pakai dari merk lain.

Memang sampai saat ini, kebanyakan orang, baik amatir dan professional, masih menolak untuk mengesampingkan ban dalam. Namun, dengan peluang yang terus berkembang, tahun 2018 tampaknya akan membuat tubeless menjadi benda yang jauh lebih “berarti", baik di rumah maupun di peloton pro.



Baca juga:
AFC TURUN TANGAN ATASI MASALAH EVAN DIMAS DAN ILHAM UDIN

 

Smart turbo makin cerdas di 2018
lima-tren-sepeda-pada-96585d99119ca42.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Dedi Hermawan | Media Source : Cyclingweekly | 2 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

TOP 5
5 Minuman Berenergi di MotoGP

5 Minuman Berenergi di MotoGP

TOP 5
Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

TOP 5
Lima Pemain Tertua Pildun

Lima Pemain Tertua Pildun

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company