Racun Slalom Anjasara untuk Anandyo Dwiki

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 2 January 2018

Dari Sepak Bola Menuju Slalom

SPORTKU.COM

Sebelum memilih slalom, Anandyo Dwiki, lebih dahulu terjun di olahraga sepak bola. Tapi kini ia berpaling dan berkarir di slalom.

Meski sempat mengakui tidak tertarik dengan dunia slalom, namun Anandyo Dwiki atau yang akrab disapa Eki, akhirnya secara total terjun ke dunia slalom. Ketertarikan itu tidak lepas dari peran seorang Anjasara Wahyu, Juara Nasional Kelas A Slalom 2017 yang merupakan kakak kandungnya. Dalam bincang-bincangnya bersama SPORTKU, peslalom bernama lengkap Yohannes Anandyo Dwiki Prasetyawan, menceritakan awal dirinya berkecimpung di ajang yang saat ini dikenal dengan nama gymkhana.

"Awalnya suka sama sepak bola, main bola dari SD, SMP, sampai pernah ikut sekolah futsal. Dan saat menginjak SMP kelas 2, saya sempat berhenti begitu saja dari dunia sepak bola, mungkin karena sudah tidak ada gairah lagi dan mulai bingung. Sehabis dari situ, pas masuk SMA, kakak saya, Anjas bilang daripada telat masuk sekolah bola dengan usia yang saat itu sudah remaja serta alasan lain-lain, disaranin masuk slalom sama dia," kenang Mahasiswa Universitas Atmajaya Fakultas Komunikasi ini.

Setelah sukses meracuni adiknya dengan arena slalom, Anjas tidak lantas membiarkan Eki berlatih sendiri. Sebagai kakak yang bertanggung jawab, ia pun memberikan beberapa teknik dasar yang diperlukan dalam slalom sebagai modal dasar untuk bertarung. "Dan dia juga mengajari saya, mulai dari basic slalom. Seperti u-turn, zig-zag, dan lain-lain," tambah Eki. Meski baru memiliki ilmu yang belum seberapa, ia pun kembali dijebloskan oleh Anjas dalam arena pertarungan slalom.

"Event pertama itu tahun 2015, pas kelas 1 SMA. Kalau tidak salah, seingat saya event Intersport. Padahal saat itu memang tidak berniat untuk ikut, tapi karena didorong oleh Anjas saya akhirnya ikutan. Latihan hanya malam sebelum balapan. Malam hari latihan lagi, pagi sudah didaftarkan untuk ikut start. Berhasil jadi juara kelima saat itu di kelas Rookie," cerita peslalom kelahiran 4 Juli 1999 silam.

Lepas dari keberhasilan naik podium ke event Gymkhana Intersport, di tahun 2016 Eki mulai sering berlatih untuk mengasah kemampuannya. Meski saat itu belum terjun ke Kejuaraan Nasional, namun ia terus eksis dalam Kejuaraan Daerah yang beberapa kali digelar seperti di Jawa Barat dan Serang. Menyadari adiknya memiliki potensi besar untuk ajang slalom, Anjas, turut memberikan beberapa wejangan agar performa Eki semakin baik di setiap kesempatan.

"Dia selalu bilang, kamu belum jago seperti yang lain, kalau kamu mau menang, kamu masih jauh. Kalau misalkan kamu menang, itu memang pencapaian kamu hari ini, tapi besok belum tentu. Kalau setiap balap mau start, kalau kamu mikir menang, kamu masih jauh. Itu motivasi yang selalu dibilang oleh Anjas untuk saya," ujar Eki menirukan pesan Anjasara.

Kejuaraan demi kejuaraan pun dilalui oleh putera Petrus Aviantoro ini, mulai dari Kejuraaan Daerah, hingga akhirnya mentas di Kejuaraan Nasional. Peslalom muda periang ini terus tumbuh dengan semangat baru untuk bisa mengalahkan Kakaknya di arena balap. Terbukti, dalam event Gymkhana Autoshow 2017 yang berlangsung di Bandung, Eki, sukses menggusur kedigdayaan peslalom Asia tersebut. Maju terus Bro Eki!

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 2 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Hardianus, Putera Kutai Andalan SM

Hardianus, Putera Kutai Andalan SM

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company