Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Engine Swap

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 3 January 2018

SPORTKU.COM

Setelah menjabarkan jenis-jenis engine swap, kini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan engine swap.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan sebelum melakukan engine swap. Diantaranya adalah harus mengetahui mengenai mesin apa yang akan dibenamkan untuk menggantikan posisi mesin yang lama. Hatar, Kepala Mekanik workshop Engine Block Autoworks, menjelaskan apa saja yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pengetahuan tentang jenis mesin yang akan digunakan.

"Kalau engine swap yang diperuntukan untuk meningkatkan performa, tergantung merek mobil dengan mesin yang akan dipakai. Jika masih menggunakan mesin yang sejenis tapi beda kapasitas, artinya pekerjaannya adalah tinggal menyesuaikan dudukan engine mounting," papar Hatar.

Baca juga:
PERBEDAAN FUNGSI DAN TUJUAN ENGINE SWAP MOBIL

Setelah itu, pekerjaan yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyesuaikan dudukan mesin itu agar tetap berada di tengah alias tidak miring sebelah. Ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan bobot pada kendaraan.

"Contohnya seperti yang tengah saya lakukan dengan mobil Peugeot 806. Fitrahnya mobil ini adalah diesel, tapi saya lakukan swap dengan menggunakan mesin bensin. Pada dasarnya mesin diesel dan bensin itu sangat jauh berbeda, mulai dari jeroan hingga mounting. Dengan begitu, yang harus saya lakukan adalah ketika saya memasang mesin bensin ke 806 itu harus posisi center (di tengah)," tambahnya.

Mengapa keseimbangan begitu penting dalam melakukan engine swap? Menurut Hatar, faktor ini tentunya mempengaruhi dudukan di engine hood, dan center terhadap putaran seperti kepada as roda, gearbox. Namun apabila setelah mesin dipasang tapi belum menemukan titik tengah, maka langkah selanjutnya adalah untuk melakukan settingan itu terlebih dahulu agar pemasangan mesin dapat terselesaikan dengan baik.

Selain itu, adapun langkah lanjutan yang ditempuh dalam melakukan engine swap adalah menyesuaikan dudukan as roda karena sudah jelas pasti berbeda, dengan begitu kita harus melakukan sedikit modifikasi pada bagian tersebut.

Sepintas memang terlihat mudah, akan tetapi butuh kejelian dalam melakukan hal ini. Setelah itu, timbulah pertanyaan lain, apakah semua mobil bisa menerapkan engine swap? Nah untuk ulasan lengkapnya, tetap update di SPORTKU yah!

Baca juga
Lima Pertarungan Ikonik One Championship

  • facebook share

RELATED NEWS

Acuan Tekanan Angin Ban Balap

Acuan Tekanan Angin Ban Balap

DID U KNOW
Bukaan Pintu Sportcar Kelas Dunia

Bukaan Pintu Sportcar Kelas Dunia

DID U KNOW
Beda Balap Supermoto-Trial Game Aspal

Beda Balap Supermoto-Trial Game Aspal

DID U KNOW
Berapa Biaya untuk Balapan?

Berapa Biaya untuk Balapan?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company