Ribuan Pesepeda Ikuti Last Sunday Ride Serentak di 6 Kota

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : FitXFun Media Communication | Editor: Dedi Hermawan | 4 January 2018

Ribuan Pesepeda Ikuti LSR

SPORTKU.COM

Semangat bersepeda LSR sebagai bentuk gerakan urban cycling adalah mengutamakan keselamatan dan berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya.

Sebanyak 6 kota menggelar Last Sunday Ride 2017 (LSR). Selain Jakarta, LSR yang memasuki tahun ke-8 ini juga berlangsung di Banjarmasin, Bandung, Bogor, Lampung, hingga Demak. Ribuan pesepeda di 6 kota bersepeda dengan membawa semangat “Share The Road, Ride Safely, & Keep It Fun”. Tetap bersepeda dengan aman dan tidak membahayakan saat bersepeda melewati sudut-sudut kota.

LSR 2017 diselenggarakan tepat pada 31 Desember oleh pesepeda dan untuk pesepeda (swadaya dan swakelola), bersifat fun dan bukan kompetisi. Event ini lebih mengutamakan keselamatan dan kebersamaan.

Tercatat dari statistik pendaftaran via lastsundayride.com, ada 900an peserta di Jakarta yang mendaftar. Di Bandung tercatat 400-an pesepeda yang ikut mendaftar. Bogor ada sekitar 400 pesepeda. Di kota-kota lainnya juga berkisar di angka ratusan pesepeda yang ikut menutup penghujung 2017 dengan bersepeda bersama-sama. Total ada dikisaran dua ribuan pesepeda yang ikut serta dan angka tersebut merupakan yang pertama kalinya selama penyelenggaraan LSR.

Baca juga:
BERHARAP CATAT WAKTU TERBAIK DI GFNY BALI

Sebagai ajang bersepeda yang bersifat fun, rute LSR didesain menyusuri sudut-sudut kota dan mengeksplorasi kondisi yang ada. Di Jakarta misalnya, LSR 2017 mengambil tempat start dan finish di kawasan SCBD, dengan jarak rute berkisar 80km. Sementara jarak rute di kota lain menyesuaikan dengan kontur dan geografis tiap kota dan didesain melewati landmark setiap kota.

LSR terbuka untuk semua pesepeda dari berbagai macam latar belakang dan berbagai jenis sepeda, dari sepeda jenis road bike, city bike, mountain bike, sepeda lipat, hingga fixed gear. Semuanya bersatu. Dengan bergabung bersama di LSR 2017, pesepeda bisa menutup akhir tahun dengan kegiatan positif, menyehatkan, sekaligus mengkampanyekan terus “Share The Road, Ride Safely, & Keep It Fun” untuk hak dan kewajiban yang setara di jalanan.

Semangat bersepeda LSR sebagai bentuk gerakan urban cycling adalah mengutamakan keselamatan dan berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya dengan tetap bersenang-senang saat bersepeda melewati sudut-sudut kota.

Dengan jarak tempuh yang tidak jauh (80-125km), pesepeda semakin punya ruang untuk menikmati bersepeda di penghujung tahun dan menutup tahun dengan aktivitas positif yang menyehatkan dan menyenangkan.

Last Sunday Ride diprakarsai sekelompok pesepeda “Fixed Gear” di seputaran Jakarta yang rutin bersepeda bersama. Ide LSR muncul sebagai kegiatan bersama pesepeda pada hari Minggu terakhir di penghujung tahun. Para penggerak LSR mempunyai visi awal akan kota yang ramah, aman, dan nyaman untuk bersepeda. Berawal di Jakarta dan kemudian berkembang ke kota-kota lain di Indonesia.

LSR perdana digelar pada 2010 dan diikuti 40an pesepeda yang mengekplorasi Jakarta. Seiring semakin berkembangnya kebersamaan pesepeda, LSR banyak diikuti dan jadi agenda wajib komunitas pesepeda di ibukota. LSR, yang awalnya dari komunitas pesepeda Fixed Gear, semakin tumbuh besar bersama komunitas sepeda lainnya.

Jumlah pesertanya pun meningkat signifikan. Pada 2011 tercatat 200-an pesepeda, 2012 ada 300-an pesepeda, dan 2013 diikuti 400-an pesepeda. Lonjakan drastis terjadi di 2014 ketika mulai diaplikasikannya online registration. Total 700-an pesepeda terdaftar meskipun pendaftaran baru dibuka 3 minggu sebelum event berlangsung.

Digaungkannya kampanye “Share The Road” pada 2015 menjaga animo peserta terus bertambah. Di 2016, visi LSR diperkuat dengan kampanye “Share The Road & Share The Fun” dan mampu menyedot animo hampir 1.000 pesepeda yang memenuhi area start dan finish di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca juga:
5 MOMEN PALING MENEGANGKAN DI WRC 2017


Para pesepeda yang mengikuti Last Sunday Ride 2017 menyusuri jalanan di Jakarta
last-sunday-ride-2017-8065878c2c377b4.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : FitXFun Media Communication | Editor: Dedi Hermawan | 4 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

XYI Gotrontalo Gelar Baksos

XYI Gotrontalo Gelar Baksos

ACTUAL
Persiapan Merceday 2019

Persiapan Merceday 2019

ACTUAL
Motor Besar Indonesia Resmi Deklarasi

Motor Besar Indonesia Resmi Deklarasi

ACTUAL
TAC Bordep Rayakan HUT Ketiga

TAC Bordep Rayakan HUT Ketiga

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company