Nostalgia Penuh Drama di WRC Indonesia 1997

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : WRC | Editor: Andi Wahyudi | 5 January 2018

SPORTKU.COM

Ada banyak kenangan serta drama dalam penyelenggaraan WRC di Indonesia 1997 silam. Mari kita kembali bernostalgia dengan kenangan tersebut.

September 1997 bisa jadi merupakan bulan bersejarah bagi penggemar rally di Indonesia. Tepatnya tanggal 19 - 21 September 1997 silam, kejuaraan rally dunia atau yang biasa dikenal dengan nama World Rally Championship (WRC) singgah dan menjadi tempat beradu kecepatan bagi pereli top dunia di tanah Sumatera Utara.

Seperti momen bersejarah yang membangkitkan sifat nasionalisme, dalam event ini pun penduduk sekitar berduyun-duyun untuk menyaksikan laga fenomenal pereli yang saat ini boleh dikatakan menjadi legenda.

Meski hampir dua puluh tahun lebih, namun hingar bingar WRC Indonesia masih belum bisa dilupakan begitu saja. Salah satu drama yang membuat momen tersebut sukar dilupakan adalah kejadian yang menimpa pereli dunia Colin McRae. Dalam salah satu SS, pereli kelahiran 5 Agustus 1986 ini mengalami insiden menyedihkan. Ketika harus melakukan u-turn atau putar balik, mobil yang dikendarai seperti kehilangan kendali dan keluar dari lintasan.

Apesnya, ketika mencoba untuk beranjak dari posisi tersebut, mobil Subaru yang ia kendarai tidak bisa bergerak dan tetap diam di tempat. Melihat banyak penonton yang menyaksikan, ia pun dengan berteriak meminta bantuan untuk mendorong. Tapi pertolongan tersebut tidak langsung ditangkap oleh penonton, wajar saja karena bahasa yang Colin McRae gunakan adalah bahasa Inggris, mungkin saat itu penonton masih belum mengerti maksud dari pebalap yang meninggal 15 September 2007 silam.

Baca juga:
HARIDARMA BERCERITA TENTANG PERASAANNYA BALAPAN DI TOYOTA GAZOO FESTIVAL 2017

Situasi yang tidak mengenakan pun memaksa co-driver untuk keluar dari mobil dan berkomunikasi dengan penonton agar bisa membantu untuk mendorong mobil tersebut keluar dari situasi kurang mengenakan. Akhirnya, dengan bahasa verbal yang dilakukan, beberapa penonton pun akhirnya membantu mendorong mobil Colin McRae. Kendati telah lepas dari rintangan tadi, rupanya ada dampak lain. Mesin mobil Subaru dengan livery 555 ini mengalami kebakaran di ruang mesin. Beruntung mobil tidak bergejolak dan api tidak membesar.

Sampai di service park, seluruh kru yang melihat mobil datang dengan api di bagian mesin langsung menyemprotkan APAR ke bagian mesin. Menurut Cloin saat itu, mobilnya mengalami kerusakan gearbox dan tiba-tiba keluar percikan api ketika ia ingin melanjutkan balapan. Di sinilah seninya rally, seluruh tim bekerja dengan fokus untuk kembali mengembalikan performa mobil agar bisa kembali bertarung. Akan tetapi, nasib berkata lain, ia gagal menuntaskan balapan hingga selesai.

Selain Colin McRae yang menjadi korban keganasan rally tersebut, pereli Tomi Makkinen juga menjadi korban selanjutnya. Namun, kecelakaan yang mendera Tomi Makinen tidak seburuk yang dialami oleh rivalnya, ia hanya mengalami kerusakan radiator, tapi tetap saja tidak bisa melanjutkan balapan hingga usai.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : WRC | Editor: Andi Wahyudi | 5 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Gonta-ganti Co-Driver

Gonta-ganti Co-Driver

SPRINT RALLY
Rifat Sungkar Siap Bangkitkan Reli

Rifat Sungkar Siap Bangkitkan Reli

SPRINT RALLY
Achilles Belum Mau Masuk Reli

Achilles Belum Mau Masuk Reli

SPRINT RALLY
WRX Beralih Ke Mobil Listrik

WRX Beralih Ke Mobil Listrik

RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company