MotoGP Indonesia, Palembang atau Lombok?

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcycle Community | Editor: Andi Wahyudi | 5 January 2018

SPORTKU.COM

Pembicaraan mengenai MotoGP Indonesia masih terus menjadi topik hangat di berbagai kalangan. Mampukan Indonesia kembali gelar MotoGP?

Sejak tahun 2017 lalu isu kembalinya Kejuaraan Dunia MotoGP ke Indonesia sater terdengar. Hingga saat ini pun kabar tersebut masih menjadi topik menarik untuk diperbincangkan. Tinton Soeprapto yang sejak awal sangat getol untuk menjadikan Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat sebagai tuan rumah MotoGP pun akhirnya harus gigit jari.

Kondisi Sirkuit Sentul yang mengalami kerusakan di beberapa bagian membuatnya menelan banyak biaya untuk renovasi. Dalam hal ini pemerintah enggan menggelontorkan uang dari dana APBN. Sebab sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah ajang Grand Prix (GP) ini dimilik oleh pihak swasta.

Kini rencana penyelenggaraan MotoGP Indonesia pun masuki fase baru. Untuk mensukseskan rencana besar tersebut, pemerintah mendukung pembangunan sirkuit di dua lokasi, yakni di Palembang, Sumatra Selatan dan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami minta memang sirkuit di Palembang dan Mandalika, harus dibangun segera tahun ini,” ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto dikutip SPORTKU.com dari situs Republika.

Gatot menambahkan dalam agenda pembangunan dua sirkuit tersebut, anggaran biaya sepenuhnya dibebankan kepada pemerintah setempat. Baik lewat mekanisme anggaran daerah maupun pelibatan swasta. Sama seperti saat Sirkuit Sentul mau renovasi, pemerintah juga enggan mengucurkan dana dari APBN untuk pembangunan dua sirkuit tersebut.

Baca Juga
HDC 2018 Hadirkan Kelas Baru?

Indonesia sendiri memang menjadi salah satu pasar potensial bagi Dorna Sports untuk menjadi salah satu tuan rumah MotoGP. FIM juga sudah mengabulkan permohonan Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap motor bergengsi di dunia tersebut. FIM bahkan mengabulkan permintaan Indonesia untuk menggelar Moto GP selama tiga musim, yakni 2018, 2019 dan 2020.

Namun untuk musim ini Indonesia sudah dipastikan gagal menjadi tuan rumah MotoGP. Sebab, Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP sudah resmi menunjuk Thailand untuk menggantikan Indonesia. Dibanding Indonesia, Thailand memang lebih siap untuk menjadi penyelenggara MotoGP. Sebab Negeri Gajah Putih ini sudah memiliki Sirkuit Chang berrataf internasional.

Sementara itu, kegagalan Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah MotoGP celahnya dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Pada akhir 2016, Gubernur Alex Noerdin mengatakan, daerahnya siap membangun sirkuit kelas dunia di lahan milik negara yaitu di kawasan Jakabaring.

Target Alex Noerdin saat itu memang tahun 2018 ini Sirkuit Jakabaring bisa menggelar MotoGP. Akan tetapi sampai hari ini rencana pembangunannya juga belum terealisasi. Pemerintah Sumsel menjanjikan untuk membangun sirkuit pada tahun ini. Namun, Sumsel akan mendapat tantangan dari Lombok.

Pertengahan 2017 lalu, Pemerintah Daerah Lombok, di NTB meresmikan pembangunan Sirkuit Mandalika dengan menggandeng konsorsium bangunan dari Prancis. Mandalika, dalam setahun terakhir memang menjadi kawasan pembangunan ekonomi khusus baru di kawasan Indonesia bagian tengah.

Baca Juga
Ini Tiga Kompon yang Disiapkan Pirelli untuk Seri Pembuka Formula 1
Jadwal dan Kelas di Junior Mini Prix 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Final Kejurda Drag Bike Jabar

Final Kejurda Drag Bike Jabar

DRAG BIKE
Jadwal MotoGP 2018

Jadwal MotoGP 2018

MOTOGP
Skuad Baru Yamaha Racing Indonesia

Skuad Baru Yamaha Racing Indonesia

ARRC
LCR Honda ‘Budak’ Sex' Playboy

LCR Honda ‘Budak’ Sex' Playboy

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company