Mengenal Bagian Pada Helm Reli

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Stilo | 7 January 2018

SPORTKU.COM

Tidak seperti helm biasa yang bentuknya hanya biasa, untuk helm reli ada bagian yang tidak dimiliki oleh helm balap lainnya.

Segala perangkat yang digunakan dalam ajang reli memang harus melalui sertifikasi FIA. Bukan hanya jok dan seatbelt, untuk urusan helm pun juga harus mengikuti sertifikasi FIA. Tentunya ini adalah sebuah regulasi yang harus dipatuhi oleh setiap pereli. Untuk itu, agar lebih mengenal seluk beluk dunia reli, berikut kami paparkan bagian-bagian pada helm reli.

Untuk helm yang kami ambil contoh adalah helm Stilo. Mengapa helm ini yang kami ambil? Karena pelindung kepala ini sudah banyak digunakan oleh pereli Tanah Air, bahkan pereli top di ajang WRC pun banyak yang menggunakan helm dengan merk ini. Sedikit mengulas sejarah helm Stilo ini. Sebelum sepopuler sekarang, helm Stilo memang jarang dipakai untuk reli, namun pada akhirnya di tahun 2004 pertama kalinya helm ini dipakai oleh pereli dunia, Gilles Panizzi, dan di 2005, Juara Dunia WRC 9 kali, Sebastien Loeb, ikut menggunakan helm tersebut.

Baca juga:
DAKAR 2018: GET PARTY STARTED

Secara desain, memang kebanyakan helm reli itu berbentuk half face. Ada beberapa bagian yang berbeda untuk helm reli ini, di antaranya adalah microphone. Dimana bagian ini merupakan alat komunikasi antara driver dengan co-driver saat balapan. Microphone yang terdapat di helm ini pun langsung terintegrasi dengan alat interkom yang berfungsi sebagai penyatu suara. Bentuk microphone di helm reli pun mengalami evolusi, mulai dari kabel batangan fleksibel, hingga akhirnya dibenamkan secara utuh di bagian sisi kiri helm.

Sebelumnya, meskipun sudah dibenamkan, namun michrophone masih memiliki bentuk yang rounded alias bulat. Namun saat ini, bentuknya telah dipercantik dengan sentuhan kotak agar menutupi bagian mulut. Selain bagian microphone, komponen lainnya yang juga ada di helm rally adalah earmuff yakni komponen yang mengeluarkan suara dari bagian helm. Terletak di bagian sisi dalam kanan dan kiri helm, earmuff, memungkinkan kepada driver untuk mendengarkan perintah co-driver yang sedang membacakan pacenote. Sedangkan di bagian kanan luar helm, ada sebuah colokan untuk interkom yang berguna untuk menghantarkan suara dari co-driver ke driver.

Baca juga:
NOSTALGIA PENUH DRAMA DI WRC INDONESIA 1997

Bagian helm selanjutnya adalah tudung helm. Ini berfungsi sebagai penghalang sinar matahari yang langsung menuju mata, sehingga saat balapan di bawah terik matahari pereli tidak mengalami gangguan penglihatan akibat sinar matahari yang begitu silau. Bagian lain yang juga tidak kalah penting adalah hans clip. Ini merupakan sebuah 'benjolan' yang berfungsi sebagai pengikat HANS yang melingkar di bahu dan leher pereli.

Sementara bagian yang tidak kalah penting dalam menjaga keselamatan pereli adalah pengunci helm. Untuk helm reli Stilo ini atau kebanyakan helm lainnya, sudah menggunakan pengunci D-Ring. Untuk lebih jelas mengenai pengunci D-Ring, Anda bisa membacanya di sini.

Secara keseluruhan, memang helm reli ini memiliki beberapa bagian yang berbeda dari helm balap lain. Karena seperti yang sudah dituangkan di atas, bahwa segala komponen yang digunakan dalam reli harus sertifikasi langsung dari FIA.

  • facebook share

RELATED NEWS

Jenis-Jenis Suspensi Balap Mobil

Jenis-Jenis Suspensi Balap Mobil

DID U KNOW
Mengenal MTB 4X

Mengenal MTB 4X

DID U KNOW
Ban Dakar Gak Bisa Bocor

Ban Dakar Gak Bisa Bocor

DID U KNOW
Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

Ini Fungsi Lap Board Sesungguhnya

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company