5 Julukan Terpopuler Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 7 January 2018

SPORTKU.COM

Valentino Rossi kini menjadi salah satu pebalap tersukses di ajang MotoGP dan masih tetap haus akan gelar juara.

Sebanyak 9 kali gelar juara dunia di semua kelas ajang Grand Prix (GP) nampaknya memang belum cukup memuaskan untuk Rossi. Pebalap Italia itu pun hingga kini masih terus berusaha untuk bisa kembali menjadi juara dunia. Itu tak lain untuk menggenapi juara dunia ke-10 kalinya.

Sebagai salah satu legenda hidup MotoGP (meski Dorna Sports belum memberi gelar tersebut), nama Rossi pun terus melekat di kalangan pecinta adu balap berkecapatn tinggi ini. Sejak berkarir di Kelas 125cc hingga kelas tertinggi MotoGP, Rossi pun telah menjelma menjadi seorang pebalap paling berpengaruh di dunia.

Bicara soal nama besar Rossi, tentu banyak panggilan lain dari pebalap kelahiran urbino, Italia pada 16 Februari 1979 ini. Mungkin kini memang lebih banyak yang mengenal sebutan lain untuk Rossi dengan kata The Doctor. Tapi selain The Doctor, ternyata banyak panggilan lain baginya.

Berikut 5 nama lain dari Valentino Rossi yang SPORTKU.com kutip dari berbagai sumber.
1. Rossifumi
Sejak awal balapnya Rossi sudah memiliki banyak julukan. Pada awalnya ia dikenal sebagai Rossifumi. Julukan tersebut terinspirasi dari pebalap Jepang Norifumi Abe yang melakukan debut spektakuler di Kelas 500cc saat MotoGP Jepang berlangsung. Saat itu Abe menjadi pebalap wildcard. Sempat duel sengit dalam perebutan podium, namun sayang dirinya justru gagal finish.

Selain itu, alasan Rossi memakai sebutan nama Rossifumi karena dirinya ternyata juga mengagumi gaya membalap Abe, yang meninggal pada Oktober 2007 karena kecelakaan lalu lintas di jalanan Jepang.

Baca Juga
5 Pebalap Indonesia di Moto2

2. The Doctor
Sejak mendominasi di kategori 500cc yang kemudian dikenal sebagai MotoGP, The Doctor telah menjadi julukan pilihan bagi Rossi. Dua teori berlaku mengapa Rossi menggunakan The Doctor. Salah satunya adalah bahwa Rossi mengadopsi julukan tersebut karena gelar Doktor sangat dihormati di Italia sebagai gelar tertinggi. Dan di Italia, The Doctor adalah nama yang diberikan kepada seseorang untuk dihormati.

Sisi lain dari penyematan The Doctor juga digunakan oleh Rossi sebagai lahan bisnis. Rossi memakainya untuk berbagai merchandise yang dibuat, seperti kaos, jaket, topi dan berbagai merchandise menarik lainnya yang kini sudah tersebar di berbagai penjuru dunia.

Hingga kini pun nama The Doctor menjadi satu-satunya yang masih sering diucapkan oleh banyak orang. Ketiga menyebut nama The Doctor, dipastikan lawan bicara tersebut akan tahu siapa itu.

3. Valentinik
Mungkin julukan Rossi dengan nama Valentinik sudah sangat jarang terdengar saat ini. Namun perlu diketahui jika Rossi tenyata pernah menggunakan nama Valentinik sebagai identitas untuknya. Julukan Valentinik terhadap Rossi ternyata terinspirasi dari nama pahlawan super Donald Bebek, Paperinik yang sangat terkenal di Italia.

Paperinik sendiri diciptakan tiga seniman asal yaitu Italia, Elisa Penna, Guido Martina, dan Giovan Battista Carpi. Namun julukan Valentinik juga Rossifumi mulai ditanggalkan saat Rossi mulai membalap di Kelas 500cc pada tahun 2000 dan Rossi mulai menggunakan nama The Doctor.

Baca Juga
Siapa Pencetus Motorhome di MotoGP?

4. The Goat
Rekan pebalap dan mantan rekan setimnya Colin Edwards, serta beberapa jurnalis TV sering menyebut Rossi sebagai Goat. Itu merupakan singkatan dari The Greatest Of All Time yang memiliki arti paling hebat sepanjang waktu. Nampaknya ungkapan tersebut memang layak disandang oleh Rossi yang nyatanya memang masih hebat hingga kini.

5. Highlighter Pen
Highlighter Pen merupakan julukan lain untuk Rossi. Panggilan tersebut muncul karena pada setiap penampilannya, Rossi lebih identik dengan warna kuning terang. Kabarnya, kuning terang ternyata juga yang menjadi warna favoritnya. Meski julukan Highlighter Pen sudah tak lagi terdengar untuk Rossi, namun hingga kini pebalap bernomer 46 ini masih setia dengan warna kuning yang menjadi ciri khas untuknya.

Baca Juga
Dua Putri Motocross Team, Tim Garuk Tanah Asal Blitar

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pemain Brasil Tidak Nasionalis

Lima Pemain Brasil Tidak Nasionalis

TOP 5
Lima Fakta Indonesia Vs Islandia

Lima Fakta Indonesia Vs Islandia

TOP 5
Lima Bek Termahal di Dunia

Lima Bek Termahal di Dunia

TOP 5
Lima Keunggulan Yerry Mina

Lima Keunggulan Yerry Mina

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company