Seli Unik dan Terjangkau untuk Kaum Urban

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Muhamad Dahroji, Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2018

United Trifold 3

SPORTKU.COM

Sepeda lipat telah menjadi alternatif menarik bagi mereka yang gemar bersepeda dan tinggal diperkotaan.

Hal itu disebabkan sifat sepeda lipat (seli) yang, selain fungsional, juga praktis saat disimpan atau tidak digunakan. Untuk menjawab kebutuhan penggemar sepeda dari kalangan urban, salah satu merek nasional, United, menjawab kebutuhan itu lewat sepeda lipat yang dinamakan Trifold 3.

Baca juga:
MICHELIN LUNCURKAN JAJARAN BAN KHUSUS ENDURO

Desain & Komponen

Secara umum, tampilan Trifold 3 sangat mirip dengan sepeda lipat dari Inggris Raya. Trifold 3 memiliki desain yang menarik, klasik dan compact dengan penggunaan roda berdimeter 16inci.

Dibangun dari frame yang berbahan alloy, Trifold 3 memiliki sistem lipatan yang khas. Dan sesuai denganya namanya, ada tiga titik yang dilipat. Bagian belakang sepeda ini dilipat ke arah bawah (vertikal) dan bagian depan atau top tube ke samping (horizontal). Sedangkan pada bagian setang bisa dilipat ke bawah-kiri.

Yang menarik dan menjadi keunikan Trifold, untuk melipat bagian belakang, pengguna cukup menekan sebuah tuas di bagian seat clamp, dan mengangkat sepeda ke atas. Selanjutnya, roda belakang akan jatuh dan terlipat. Bagian akhir lipatan adalah dengan menurunkan seat post.

Saat membuka lipatan, pengguna harus menaikkan seat post terlebih dulu, baru kemudian menurunkan roda belakang sambil mengangkat seat post. Hal lain yang perlu diperhatikan, ketika ingin menurunkan roda, pengguna juga harus menaikan tangkai RD (Rear Derailleur). Jika tidak, maka roda akan tertahan.

Hanya saja, bagian lipatan Trifold tampaknya juga harus sering diberi pelumas. Sebab, kami sempat mengalami kesulitan saat ingin melipat bagian top tube.

Dengan ukurannya yang sangat compact dalam kondisi terlipat secara penuh, pengguna juga tak perlu pusing saat ingin menyimpan Trifold. Tidak diperlukan area yang besar untuk menyimpan sepeda ini.

Sesuai namanya, Trifold 3 dilengkapi komponen penggerak dengan 3 kecepatan. Komponen yang digunakan adalah Shimano Nexus yang memiliki sistem gear internal. Dengan sistem tersebut, sepeda ini menjadi minim perawatan dibanding sistem gir konvensional (di luar).

Sepeda yang Menyenangkan

Trifold 3 memang cukup menyenangkan saat digunakan. Meski terlihat mungil, sepeda ini ternyata ramah untuk orang dewasa. Jangkauan ke handle bar cukup panjang sehingga nyaman saat mengemudikan setang.

Seat post-nya juga cukup panjang dan sadel bisa di seting tinggi. Pengguna pun bisa lebih nyaman saat mengayuh pedal tanpa harus khawatir lutut akan terbentur handlebar.

Selain itu, adanya roda di area fender, memungkinkan pengguna untuk mendorong sepeda dalam kondisi “setengah” terlipat. Hal itu sangat membantu bagi mereka yang melakukan mix commuting (bersepeda dan menggunakan bis umum atau komuter line) karena kita tak perlu lelah setelah harus menenteng sepeda.

Dengan penggunaan crank yang relatif kecil dan fitur 3 speed, sepeda ini cukup menyenangkan saat diajak berjalan. Sepeda ini mampu melaju dengan baik di jalan datar, turunan hingga tanjakan yang curam. Pada beberapa tanjakan yang curam, kami bahkan bisa tetap di atas sadel dan mengayuh. Penggunaan ban yang berukuran tipis juga membuat kayuhan terasa ringan.

Hanya saja, kami merasakan beberapa hal yang menjadi perhatian. Handlepost terasa kurang stiff (kokoh) sehingga saat setang terbebani oleh tubuh, terutama saat pengguna ingin melaju cepat, bagian tersebut terasa “mengayun”.

Beberapa komponen – setang, pedal, seat clam, pedal – bawaan juga tergolong generik. Setelah membawa sepeda ini sejauh sekitar 10km misalnya, muncul suara “cetak-cetek” di bagian pedal.

Di samping itu, posisi kaki di pedal saat mengayuh juga harus lebih dikontrol. Bila tidak, pedal tumit bisa terkena roda kecil yang terdapat di area seat clamp. Kami sempat mengalami hal itu beberapa kali.

Kesimpulan

Trifold 3 cukup menarik sebagai pilihan bagi mereka yang aktif bersepeda di perkotaan. Ukurannya yang mungil saat kondisi terlipat, sepeda ini tetap bisa digunakan oleh orang dewasa. Dengan fitur 3 speed, hal itu sudah cukup untuk menjadi alat transportasi.

Faktor harga juga menjadi poin penting lainnya. Dengan harganya yang dibanderol hanya sekitar Rp5 juta-an, Trifold 3 juga jauh lebih terjangkau dari sepeda serupa, yang harganya bisa mencapai lebih dari Rp20 juta.

Baca juga:
INILAH PESEPAKBOLA TERKAYA DUNIA


Trifold 3 cukup menyenangkan saat dikendarai

sepeda-united-trifold-92939c0b8beeec9.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Muhamad Dahroji, Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Test Bike United Trifold 3

Test Bike United Trifold 3

TEST BIKE
Mencoba Performa Thrill Oust

Mencoba Performa Thrill Oust

TEST BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company