Mengenal dan Memahami Jenis-jenis Papan Skateboard

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | 11 January 2018

SPORTKU.COM

Sebenarnya ada beberapa ragam papan skateboard yang beredar. Namun yang paling populer, ada tiga jenis papan skateboard, apa saja ya?

Bagi kalangan awam, papan skateboard memang terlihat sama, atau bahkan mereka mengganggap bahwa skateboard hanya memiliki satu jenis saja. Tapi tahukah Anda, bahwa sebetulnya ada beberapa jenis papan skateboard yang digunakan oleh skater (sebutan orang yang bermain skateboard). Dalam sebuah wawancara bersama pemain skateboard pro dari Senayan Skate, Johan, ia menjelaskan secara gamblang mengenai jenis papan skateboard.

"Sebetulnya sekarang universal sama. Tapi kalau zaman dulu itu ada namanya papan ikan, dengan bentuk yang lebih besar. Dan yang kedua ada namanya papan freestyle, dan yang sekarang adalah papan ini yang mungkin sudah menjadi bentuk terakhirnya," buka Johan saat ditemui di BSD Xtreme Park (9/1).

Baca juga:
SEBASTIEN LOEB TERHENTI DI SS5, PETERHANSEL MELANJUTKAN DOMINASINYA

Jika dibedakan secara visual, baik papan ikan, papan freestyle dan skateboard, memiliki bentuk yang jauh berbeda. Disebutkan oleh Johan, untuk papan ikan sendiri, bisa dikatakan ini merupakan papan pertama skateboard, dimana bentuk dan dimensinya jauh berbeda dari generasi sekarang.

"Kalau papan ikan itu yang bentuknya besar-besar. Sementara papan freestyle, itu memiliki bentuk yang lebih kecil dari papan skateboard. Untuk papan freestyle, ini bagian nose dan tailnya sangat kecil, tidak seperti yang sekarang ini. Dan yang terakhir, adalah papan skate yang bisa dikatakan adalah akan menjadi model abadi ini," papar Johan.

Sebenarnya ada satu papan lagi yang harus diketahui, namun menurut Johan, long board, tidak masuk dalam hitungan untuk bermain skateboard. Karena titahnya, long board ini hanya ditujukan untuk bermain slide, bukan belajar teknik seperti skateboard. "Long board itu berbeda, tapi long board diperuntukan untuk bermain slide dan secara dimensi bentuknya lebih panjang dari papan skate yang sekarang ini," tambahnya.

  • facebook share

RELATED NEWS

Tips Memilih Papan Skate

Tips Memilih Papan Skate

EXTREME SPORT
Cinta Seorang Pereli Pada Skateboard

Cinta Seorang Pereli Pada Skateboard

EXTREME SPORT
Arung Jeram Indonesia Berjaya

Arung Jeram Indonesia Berjaya

EXTREME SPORT
Mengenal Bagian Inti Skateboard

Mengenal Bagian Inti Skateboard

EXTREME SPORT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company