BMW M5 F90 Raih Guiness Book of World Record

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : BMW Blog | Editor: Andi Wahyudi | 11 January 2018

BMW Pecahkan Rekor Drift Terpanjang

SPORTKU.COM

BMW M5 generasi F90 masuk ke dalam Guiness Book of World Record karena melakukan drift terpanjang selama delapan jam non-stop.

Hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, namun dengan keahlian dan nyali seorang Instruktur BMW Performance Driving School, Johan Schwartz berhasil menempuh jarak 374,1 km di lintasan yang terletak di BMW Performance Center, South Carolina.

Sebelumnya Schwartz pernah melakukan hal serupa, memecahkan rekor untuk drifting dengan catatan 76,8 km, sebelum akhirnya direbut oleh Toyota GT86 yang berhasil memecahkan rekor sepanjang 144,12 km.

Salah satu kelemahan BMW saat itu adalah kehabisan bahan bakar. Dan aturan Guiness yang baru memungkinkan mobil untuk menggunakan tanki bensin yang lebih besar. Tapi BMW lebih memilih solusi yang lebih cerdik dan menarik untuk dipertontonkan.

"Kita perlu memikirkan cara untuk tetap mempertahankan kemudi M5 tanpa berhenti untuk sekedar mengisi bahan bakar," kata Schwartz.

BMW menugaskan Matt Mullins selaku Chief Driving Instructor BMW Performance, untuk mengemudikan BMW M5 generasi F10 sebagai kendaraan pendukung. Mullins harus mendaratkan mobilnya ketika Schwartz membutuhkan bahan bakar pada pertengahan atraksi.

Disaat Mullins mencocokkan pendaratan ke Schwartz, Matt Butts yang berada di kursi belakang melakukan penahanan keamanan untuk menghubungkan sistem pengisian bahan bakar. Dan ini harus dilakukan sebanyak lima kali dalam waktu terpisah selama perjalanan delapan jam.

"Meskipun kami sudah berlatih melakukan pengisian bahan bakar, namun tetap ada kesalahan sedikit yang kami perbuat. Tapi kami sangat senang bisa berperan dalam perebutan gelar ini," ungkap Butts.

Dengan begitu pengisian bahan bakar bekerja dengan sempurna dan M5 tampil seperti yang diharapkan. Bahkan Schwartz yang harusnya menyelesaikan 549 lap, mampu melakukan lebih dari 2000 lap. Menariknya, selain menyelesaikan drift dengan jarak terpanjang, produsen mobil Bavarian ini juga memecahkan rekor dunia untuk 'Twin Vehicle Drift', dua kendaraan BMW yang sama-sama melakukan atraksi drift dalam waktu satu jam.

BMW pun mengantongi dua rekor Guiness Book of World Record dalam satu hari. Ini merupakan sebuah keberhasilan baru dalam pemecahan rekor dunia otomotif.

Baca Juga:
NISSAN EVALIA COMMUNITY ADAKAN TOURING AKHIR TAHUN JAWA - BALI

  • facebook share

RELATED NEWS

Jefri Tosema Digaet Tim Yamaha

Jefri Tosema Digaet Tim Yamaha

HOT ISSUE
Yokohama Luncurkan Ban Mobil Baru

Yokohama Luncurkan Ban Mobil Baru

HOT ISSUE
Ducati Luncurkan Desmosedici GP18

Ducati Luncurkan Desmosedici GP18

HOT ISSUE
Toyota Rilis Supercar Terbarunya

Toyota Rilis Supercar Terbarunya

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company