Lima Bek Termahal di Dunia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

Lima Bek Termahal di Dunia

SPORTKU.COM

Inilah lima pemain belakang dengan biaya transfer tertinggi di dunia. Siapa saja?

Bek atau pemain belakang merupakan salah satu posisi yang cukup strategis dalam sepak bola. Mengingat tugasnya adalah membantu pertahanan, tak jarang mereka harus berjibaku dengan pemain lawan—terutama penyerang—dalam mempertahankan gawang mereka dari kebobolan.

Mengingat jasa dan perannya yang penting, banyak klub berlomba-lomba untuk mendatangkan talenta terbaik untuk mengawal posisi tersebut dengan nominal transfer yang cukup tinggi. Bahkan ada klub yang rela mengeluarkan biaya sebesar 85 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun hanya untuk satu pemain berposisi bek.

Berikut ini adalah lima bek dengan biaya transfer termahal di dunia menurut data yang diambil dari transfermarkt:

David Luiz

David Luiz (squawka)
lima-bek-termahal-di-44102a4b4c8b4bc.jpg

David Luiz pernah tercatat sebagai bek termahal di dunia pada tahun 2014 lalu ketika dirinya ditransfer oleh Paris Saint-Germain (PSG) dari Chelsea dengan tebusan uang transfer sebesar 49,5 juta euro atau sekitar Rp802 miliar.

Namun setelah dua tahun di PSG, Luiz kembali ditebus oleh klub lamanya, Chelsea dengan biaya transfer yang lebih murah, yakni 34 juta euro atau sekitar Rp499 miliar.

Selama di PSG, Luiz sukses memenangkan dua gelar Ligue1, dua gelar Piala Prancis, dua gelar Piala Liga Prancis, dan Trophee des Championship sebanyak tiga gelar.

Kyle Walker

Kyle Walker (draftfantasyfootball)
lima-bek-termahal-di-818379f1387e59a.jpg

Kyle Walker merupakan salah satu pemain kunci Tottenham Hotspurs yang sukses menjadi runner up Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir. Selain itu, klub asal London tersebut juga dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki pertahanan terbaik.

Hal ini membuat kesebelasan penuh ambisi, Manchester City pun tertarik merekrutnya. Tak tanggung-tanggung, biaya sebesar 51 juta euro atau sekitar Rp819 miliar pada bursa transfer musim panas kali ini.

Kehadiran Walker pun membuat City kini menjadi tim yang paling jarang kebobolan di Liga Primer Inggris dengan hanya kemasukan 13 gol dalam 22 pertandingan sejauh ini.

Baca juga
Eks Pelatih Chelsea Kecelakaan di Reli Dakar

John Stones

John Stones (inside manchester city)
lima-bek-termahal-di-85986101f20556f.jpeg

Kemampuan bertahan John Stones tak perlu diragukan. Di usianya yang masih belia, ia sudah menjadi andalan Everton sejak tahun 2013 silam sebelum akhirnya pindah ke Manchester City pada tahun 2016 lalu dengan biaya transfer sebesar 55 juta euro atau sekitar Rp870 miliar.

Adapun keunggulan pemain yang kini menginjak usia 23 tahun adalah dia merupakan tipe versatile alias pemain yang pandai memainkan lebih dari satu posisi. Tak hanya sebagai bek tengah, mantan pemain Barnsley itu juga mampu bermain sebagai bek kanan dan gelanang bertahan.

Dengan kelebihannya tersebut, tak heran bila pemain masa depan Timnas Inggris itu pun dihargai begitu tinggi oleh City.

Benjamin Mendy

Benjamin Mendy (Stadium Astro)
lima-bek-termahal-di-81258cae13212e8.jpg

Benjamin Mendy melengkapi lini belakang Manchester City sebagai pertahanan termahal di dunia lantaran pemain ini sukses dibeli oleh klub asal Manchester itu sebesar 57,5 juta euro atau sekitar Rp945 miliar.

Di awal musim Mendy tampil apik. Sayang, cedera yang dialami membuat mantan pemain Monaco itu harus istirahat lama. 

Virgil van Dijk

Virgil van Dijk (standard)
lima-bek-termahal-di-295759dee52226f.jpg

Penantian panjang Virgil van Dijk ke Liverpool usai. Pemain asal Belanda itu pun akhirnya berlabuh ke Anfiled Stadium pada Januari 2018 ini dengan biaya transfer yang sukses memecahkan rekor dunia sebagai bek termahal saat ini dengan total nominal sebesar 85 juta euro sekitar Rp1,5 triliun.

Tak hanya sebagai bek termahal di dunia. Mantan pemain Southampton itu juga sukses keluar sebagai pemain termahal Liverpool sepanjang masa.

Adapun harga sebesar itu dapat dikatakan sepadan dengan kemampuan Van Dijk. Selain jago bertahan, ia juga kerap mealukan overlapping untuk membantu penyerangan dan tak jarang mencetak gol bagi klub yang ia bela.

Baca juga
Teknologi Garis Gawang Dicabut

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Promotor Balap Motor Nasional Tereksis

Promotor Balap Motor Nasional Tereksis

TOP 5
Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

TOP 5
5 Minuman Berenergi di MotoGP

5 Minuman Berenergi di MotoGP

TOP 5
Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company