Dorna Wajibkan Pebalap Pakai Airbag Mulai 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Dainese | 13 January 2018

SPORTKU.COM

Dorna Sports terus memprioritaskan keselamatan para pebalap MotoGP. Untuk itu, mulai tahun 2018 para pebalap wajib pakai airbag.

MotoGP 2018 akan mulai dengan regulasi baru. Di mana untuk meningkatkan tingkat keselamatan para pebalap saat terjadi kecelakaan, mereka diwajibkan memakai baju balap atau wearpack yang sudah dilengkapai dengan airbag. Aturan baru MotoGP 2018 ini harus diterapkan pada setiap sesi, mulai dari babak latihan, kualifikasi hingga final.

Wearpack dengan airbag wajib untuk setiap pebalap di semua kelas, MotoGP, Moto2, dan Moto3. Satu-satunya pengecualian diberikan kepada pebalap pengganti atau wildcard. Namun pengecualian hanya untuk dua balapan pertama saja. Setelah itu, mereka harus tunduk pada persyaratan dan spesifikasi yang sama dengan pebalap reguler.

Kantung udara pada baju balap riders harus menutupi dan melindungi, setidaknya bahu dan tulang selangka. Proteksi punggung penuh atau tengah adalah opsional. Namun, jika pabrikan memilih untuk memiliki perlindungan punggung, maka harus mencakup seluruh tulang belakang.

Baca Juga
Kenali Bagian-bagian Terpenting Wearpack

Setiap sistem kantung udara juga harus melewati serangkaian tes untuk memastikan fungsionalnya di sirkuit. Variasi kecil sesuai dengan spesifikasi masing-masing sistem diperbolehkan, seperti variasi untuk mengakomodasi morfologi yang berbeda pada setiap pebalap.

Penyebaran airbag yang tidak disengaja tidak boleh menyebabkan pembalap mengalami kecelakaan atau menghalangi pembalap mengendalikan motor mereka. Selain itu, sistem airbag tidak memerlukan bagian apapun untuk ditambahkan ke motor, dan harus dipicu tanpa pembalap ditambatkan ke motor.

Setiap pabrikan harus mengesahkan diri di dalam dokumentasi resmi untuk baju balap, bahwa sistem mereka sepenuhnya mematuhi peraturan dan memenuhi standar. Mereka juga harus menyatakan keandalan sistem mereka berdasarkan pengujian internal.

Baca Juga
Teknologi Mousse, Bikin Ban Motor Rally Dakar Gak Bisa Bocor
Lukaku Pindah Karena Pengaruh Voodoo

  • facebook share

RELATED NEWS

Final Kejurda Drag Bike Jabar

Final Kejurda Drag Bike Jabar

DRAG BIKE
Jadwal MotoGP 2018

Jadwal MotoGP 2018

MOTOGP
Skuad Baru Yamaha Racing Indonesia

Skuad Baru Yamaha Racing Indonesia

ARRC
LCR Honda ‘Budak’ Sex' Playboy

LCR Honda ‘Budak’ Sex' Playboy

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company