Tips Ringan Memilih Papan Skate

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 16 January 2018

Tips Memilih Papan Skate

SPORTKU.COM

Sebagai skater pemula tentunya masih ada perasaan dilema atau bingung dalam pemilihan papan skate. Berikut panduan singkatnya!

Papan skate merupakan sebuah penunjang skater untuk bisa menampilkan permainan terbaiknya. Karena dengan besaran yang pas serta pijakan kaki yang nyaman, salah satu faktor yang penting dalam permainan skateboard ini. Johan Tambunan, salah seorang skater pro yang tergabung dalam Senayan Skateboard, memberikan sedikit panduan dalam memilih papan skate.

"Cara memilih papan skate itu tricky banget. Memilih papan skate harus disesuaikan dari tinggi badan dan ukuran kaki. Karena kalau papannya berdimensi kecil itu susah mainnya, dan kalau papannya kegedean pun akan keberatan," buka Johan pada SPORTKU.

Baca juga:
PENANTIAN DJOKOVIC SUKSES DI PUTARAN PERTAMA

Berdasarkan ukuran, papan skate juga memiliki ragam ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan karakter dari kaki skater itu sendiri. Johan pun menjabarkan beberapa ukuran mulai dari 7 hingga 8 inch. Tentunya, hal yang terpenting adalah feeling yang menentukan. "Sebetulnya nantinya akan feeling, nantinya akan ketemu, ternyata saya diukuran berapa, dan enaknya pakai ukuran yang berapa," tambahnya.

Memang menurut Johan, untuk mereka yang masih awam kebanyakan memilih papan skate itu bukan berdasarkan ukuran, melainkan dari gambar dan harga yang ditawarkan. Berbeda dengan mereka yang memang ingin serius bisa bermain skate.

"Bagi mereka yang awam, pertama yang dilihat adalah gambarnya. Belum tahu ini papan besar atau papan kecil. Lalu trucks dan rodanya juga ambil yang harganya murah dan yang merk terkenal," imbuhnya.

Namun memang, untuk mencocokan ukuran berapa yang cocok untuk kaki seseorang adalah ketika ia sudah bermain. Karena, bagi Johan, saat seseorang itu telah bermain, baru bisa merasakan seperti apa papan yang ia gunakan, apakah kekecilan, atau kebesaran. Bagi Johan yang bermain transisi di skate, ia lebih mengatakan menggunakan papan yang besar. Tentunya hal ini sebagai penunjang ketika ia tengah bermain di skatepark.

Baca juga:
REGULASI PENGGUNAAN CARBON ROOF ETCC TINGGAL KETUK PALU

"Kita ambil contoh Tony Hawk. Dia itu sudah menggunakan papan dan bannya dengan ukuran yang besar. Untuk papannya mungkin dia pakai ukuran 9 inch, karena menyesuaikan dengan tinggi badannya," sambung Johan.

Poin penting yang disampaikan oleh Johan adalah biasanya pemula tidak langsung memilih ukuran papan berapa yang akan ia gunakan, melainkan sudah menyesuaikan terlebih dahulu dengan mencoba milik temannya agar bisa sesuai dengan kaki dan gaya mainnya.

  • facebook share

RELATED NEWS

Aston Martin Hokkaido On Ice

Aston Martin Hokkaido On Ice

EXTREME SPORT
Mengenal Lebih Dalam Olahraga Skateboard

Mengenal Lebih Dalam Olahraga Skateboard

EXTREME SPORT
Sejarah Olahraga Panahan di Indonesia

Sejarah Olahraga Panahan di Indonesia

EXTREME SPORT
Sejarah Awal Olahraga Memanah

Sejarah Awal Olahraga Memanah

EXTREME SPORT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company